Rekomendasi oleh-oleh makanan dan khas Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Rekomendasi oleh-oleh makanan dan khas Jogja

Yogyakarta atau juga dikenal dengan Jogja memang merupakan surga wisata bagi Indonesia. Lanskap Jogja sangat mempesona dari pantai hingga pegunungan. Daya tariknya selalu membuat Jogja terkenal sebagai kota yang penuh kenangan.

Selain itu, Jogja juga dikenal dengan budayanya yang masih kental dan lestari.

Berbagai festival menarik selalu menjadi alasan sebagian besar wisatawan domestik dan internasional untuk datang ke Jogja. Nah, bagi kamu yang berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Jogja.

Bawa pulang kenangan dan bagikan oleh-oleh atau makanan dengan keluarga dan teman. Berikut beberapa rekomendasi makanan dan oleh-oleh khas Jogja.

Souvenir makanan khas Yogyakarta

Jogja yang terkenal sebagai kota pelajar ini memiliki biaya hidup yang cukup terjangkau. Salah satunya adalah rendahnya harga sembako. Selain murah, kuliner khas Jogja ini memiliki cita rasa khas yang hanya bisa Anda temukan di Jogja. Apa saja makanan khas yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh?

bakpia

Bakpia adalah makanan yang diasimilasi oleh suku Jawa dan Tionghoa di Yogyakarta. Di tanah kelahirannya, Bakpia disebut Tou Luk Pia. Bakpia berbentuk bulat berisi kacang hijau, coklat, keju, dll. Bakpia paling enak bisa dibeli di sentra produksinya, Kampung Pathuk.

gosip

Jika ingin memberikan kado untuk anak di rumah, geplak menjadi salah satu pilihannya. Geplak adalah makanan manis berwarna-warni. Geplak terbuat dari parutan kelapa dan gula.

Yangko

Selain Jepang yang terkenal dengan mochinya yang enak dengan tekstur kenyal, Jogja juga punya yangko. Hidangan ini terdiri dari tepung beras dengan isian kacang. Daerah yang terkenal dengan yangko paling enak adalah Kotagede.

Wedang Uwuh

Oleh-oleh khas Jogja juga terkenal dengan minumannya. Salah satu minuman khas Jogja adalah Wedang Uwuh. Wedang uwuh artinya kotoran. Eits, tapi bukan berarti sampah seperti pada umumnya. Wedang Uwuh terbuat dari berbagai racikan bumbu. Kini Anda bisa membawa pulang oleh-oleh Wedang Uwuh instan dalam dus.

Bebek Tumpuk

Buat kamu yang suka jajan di sela-sela acara TV atau kumpul keluarga, jangan lupa bawa pulang oleh-oleh khas Jogja ini. Peyek tumpuk adalah jajanan khas jogja yang ditaburi ikan teri atau kacang tanah. Peyek tumpuk juga lebih kental dan renyah dibandingkan rempeyek tipis pada umumnya.

Jogja Scrummy

Jogja Scrummy adalah salah satu oleh-oleh kekinian yang biasanya disukai kaum milenial. Camilan ini merupakan produk kue artis Dude Herlino. Jogja Scrummy adalah kombinasi kue kering dan kue. Ada berbagai rasa yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

FriedWader

Jajanan tradisional yang merakyat pun tak kalah enak! Wader goreng adalah makanan berupa ikan kecil yang digoreng hingga garing. Anda bisa mendapatkan wader goreng di Angkringan-Angkringan. Kini Wader Goreng sudah dikemas sebagai oleh-oleh.

Thiwul

Thiwul adalah makanan yang berasal dari Gunung Kidul. Thiwul terbuat dari singkong dengan parutan kelapa. Biasanya Thiwul digunakan sebagai pengganti nasi sebagai makanan pokok. Saat ini Thiwul sudah bisa kamu beli dalam bentuk kotak sebagai oleh-oleh

tasuba

Tasuba adalah akronim dari tahu, susu, dan bakso. Makanan yang satu ini laris manis di Jogja. Tasuba memiliki tekstur yang lebih padat yang membedakan tasuba ini dengan tahu bakso lainnya. Makanan yang satu ini cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa disimpan hingga 6 bulan.

Gudeg

Nah, jika ini adalah makanan, tentu Anda pernah mendengarnya. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang paling terkenal. Makanan ini biasanya menjadi lauk pauk dengan rasa manis dan gurih. Gudeg kering saat ini tersedia untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh

Oleh-oleh khas Yogyakarta

Kerajinan tangan berupa oleh-oleh khas Jogja pun tak kalah menarik. Jogja yang terkenal dengan budayanya berupa kerajinan tangan, patut menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang. Hadiahkan kenangan Jogja untuk orang terdekat anda.

Lalu apa saja oleh-oleh khas Jogja untuk dibawa pulang?

Kaos Dagadu Djokdja

Souvenir berupa kaos yang satu ini memang sangat terkenal di Jogja. Souvenir ini sangat populer di kalangan anak muda untuk tampil trendi. Kaos Dagadu memiliki desain yang menarik dan unik. Tentunya kaos ini juga didesain dengan tulisan dan gambar khas Jogja.

Blangkon

Bagi Anda yang menyukai barang-barang khas Jogja berupa hiasan kepala, Anda bisa menjadikan blangkon sebagai oleh-oleh. Blangkon Jogja juga dikenal dengan nama Blangkon Mondolan yang terkenal dengan tonjolan di bagian belakangnya. Anda bisa memberi ruang kepada teman atau saudara laki-laki.

kerajinan tembikar

Tahukah Anda bahwa Kabupaten Bantul adalah pembuat gerabah terkenal dari Yogyakarta? Tembikar tanah liat dibuat menjadi berbagai barang seperti pot, kendi, patung, mug, dll. Produk terkenal dari Bantul ini bisa kamu beli di seluruh Jogja.

Kerajinan kulit

Kaya akan budaya dan pariwisata, Yogyakarta juga memiliki banyak desa wisata. Salah satu desa wisata yang terkenal adalah Desa Wisata Manding. Desa ini merupakan sentra pengrajin kulit. Anda bisa mencari tas, jaket, sandal dan barang kulit lainnya. Desainnya juga sangat indah dan tentunya khas Yogyakarta.

tas dowa

Tas ini merupakan tas rajutan yang biasanya disukai oleh para wanita. Tas Dowa tersedia dalam berbagai model, ukuran dan warna. Tas Dowa bisa Anda temukan di pusat oleh-oleh seperti Malioboro dan Prambanan. Berikan Tas Dowa kepada rekan dan kerabat Anda.

Surian

Surjan adalah pakaian takwa yang dikenakan di lingkungan keraton. Namun, kini Surjan bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh dan dipakai kemana-mana. Surjan terkenal dengan ciri khas ujung gaunnya yang panjang dan runcing. Terdapat 3 pasang kancing di bagian leher, 2 kancing di dada kanan dan kiri serta tiga kancing tertutup.

Patung Loro Blonyo

Nah, bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang atau untuk diberikan kepada teman yang akan menikah, Loro Blonyo adalah pilihan yang tepat. Patung pria dan wanita ini merupakan simbol kesuburan dan kemakmuran yang diinginkan pasangan.

aksesoris khas Yogyakarta

Selain oleh-oleh ukuran besar, Anda juga bisa membawa pulang aksesoris mini khas Jogja. Aksesoris tersebut antara lain gantungan kunci, tas, kalung, gelang, dll. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di pusat oleh-oleh seperti Malioboro.

Ini dia rekomendasi oleh-oleh, baik makanan maupun oleh-oleh khas Jogja. Tentu saja oleh-oleh khas Jogja ini menjadi kenangan manis kota pelajar ini. Jangan ke Jogja kalau takut jatuh cinta ya?

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button