Pemkab Bantul Kembangkan Tempat Wisata di Wilayah Selatan Melalui Warung Desa - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Pemkab Bantul Kembangkan Tempat Wisata di Wilayah Selatan Melalui Warung Desa – ANTARA News Yogyakarta

Pemkab Bantul Kembangkan Tempat Wisata di Wilayah Selatan Melalui Warung Desa – ANTARA News Yogyakarta

Bantul (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bantul (Pemkab), Daerah Istimewa Yogyakarta mengembangkan objek wisata di wilayah selatan melalui Badan Usaha Milik Desa atau Kecamatan pasca dibukanya uji fungsi Jembatan Kretek-II di Ruas Jalan Lintas Selatan (JJLS).

“Pemerintah mendesak peningkatan kesejahteraan masyarakat setelah kami uji coba jembatan Kretek II. Nantinya Lurah Tirtohargo dan Lurah Parangtritis akan menyiapkan objek atau tempat bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonominya,” kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Rabu.

Menurutnya, di wilayah selatan Bantul terdapat dua bagian wisata, yakni wisata yang dikelola pemerintah seperti Parangtritis dan pantai menuju pantai selatan dengan posko pembalasan atau titik kumpul pembalasan (TPR) sebagai penarikan pembalasan.

“Selain itu, akan ada objek wisata yang dikelola oleh BUMDes atau BUMKal bersama Pemkot bersama Pokdarwis. Desa bisa mendirikan lapak atau permainan sehingga ini bisa menjadi kebangkitan ekonomi baru di Kabupaten Bantul,” ujarnya juga.

Selain itu, kata Bupati, dengan dibukanya Jembatan Kretek II di atas Sungai Opak untuk dilalui kendaraan, arus lalu lintas akan semakin meningkat karena masyarakat sudah menunggu informasi pembukaan jembatan ini.

“Sehingga nantinya arus wisatawan di pantai selatan hampir pasti mengalir melalui jembatan Kretek II ini. Tentunya hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi, karena ada peluang untuk membuka objek wisata, taman kuliner dan permainan yang akan tumbuh di sekitar jembatan ini. .” katanya lagi.

Selain itu, kata Bupati, pemerintah tidak akan membentuk Badan Pemungut Tol atau TPR di luar pantai karena pariwisata yang dikuasai pemerintah hanya pantai, sedangkan di luar pantai menjadi milik Pemkot yang dikelola bersama Pokdarwis.

“Akhirnya, bagaimanapun, kami akan memindahkan gerbang untuk mengumpulkan biaya untuk properti wisata pantai. Kami akan menata ulang agar tidak ada kebocoran retribusi wisata pantai selatan Kabupaten Bantul,” ujarnya lagi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah Kabupaten Bantul sedang mengembangkan usaha desa untuk tempat wisata di wilayah selatan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button