Rekomendasi 4 destinasi wisata alam dan sejarah di Kebumen - WisataHits
Jawa Tengah

Rekomendasi 4 destinasi wisata alam dan sejarah di Kebumen

TEMPO.CO, jakarta – Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Jika berbicara tentang kebumen, banyak orang mengira kerajinan genteng yang berasal dari daerah Sokka. Namun, tahukah Anda bahwa Kebumen juga memiliki banyak destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan?

Destinasi wisata Kebumen

1. Pantai Menganti

Berkunjung ke Kebumen tentunya tidak lengkap tanpa menikmati keindahan pantai-pantai yang berada tepat di sebelah Samudera Hinida, salah satunya Pantai Menganti. Pantai Menganti adalah sebuah pantai di daerah Ayah, Kebumen. Pantai ini memiliki keindahan alam dan laut yang jernih. Selain itu, pantai ini memiliki pasir putih yang memanjakan mata. Waktu terbaik untuk menikmati Pantai Menganti adalah saat matahari terbenam.

2. Gua Jatijajar

Gua Jatijajar merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di kawasan Ayah, Kebumen. Gua ini terletak di kawasan pegunungan kapur yang memanjang di wilayah selatan Kebumen. Untuk mencapai Gua Jatijajar tidak terlalu sulit karena aksesnya bisa dibilang mudah dan hanya membutuhkan waktu 45 hingga 60 menit jika Anda memulai dari Kota Kebumen. Ada empat mata air di Gua Jatijajar yaitu Puser Bumi, Jombor, Mawar dan Kantil.

3. Benteng Van der Wijck

Selain wisata gua dan wisata pantai, Kebumen juga menawarkan wisata sejarah yaitu Benteng Van der Wijck. Benteng yang semula bernama Benteng Cochius ini merupakan bekas kantor Vereegnide Oostindische Compagnie (VOC) dan bekas barak. Saat ini benteng tersebut berfungsi sebagai objek wisata sejarah di daerah Kebumen dan merupakan salah satu cagar budaya.

4. Gua Petruk

Gua Petruk merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling diminati oleh para pecinta alam. Gua ini terletak di daerah Ayah, Kebumen. Gua ini terletak sangat dekat dengan Gua Jatijajar.

Berbeda dengan Goa Jatijajar yang sudah disinari di dalam, destinasi wisata alam Goa Petruk ini tidak disinari sama sekali di dalam goa. Hal ini dilakukan untuk menjaga keaslian dan keaslian Gua Petruk. Namun, jika Anda akan mengunjungi Gua Petruk, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan matang.

EIBEN HEIZIER

Baca: Geopark Karangsambung Bukti Kebumen Dulunya Dasar Laut

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button