Dishub Sleman Berkomitmen pada Keselamatan Jalan dan Angkutan Jalan - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Dishub Sleman Berkomitmen pada Keselamatan Jalan dan Angkutan Jalan – ANTARA News Yogyakarta

Sleman (ANTARA) – Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan kampanye keselamatan lalu lintas dan jalan raya serta mensosialisasikan peraturan lalu lintas kepada pemangku kepentingan pariwisata untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas dan keselamatan transportasi.

Kegiatan kampanye dan sosialisasi yang digelar Kamis di Desa Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan itu dihadiri dan dibuka oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengatakan kampanye keselamatan LLAJ dan sosialisasi kode lalu lintas merupakan bagian dari upaya pemerintah Kabupaten Sleman untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang kode lalu lintas.

Baca Juga: Ratusan Peserta Rayakan “Jeep Kenduri” di Wanarahayu Sleman

“Kampanye Keselamatan LLAJ dan Sosialisasi Kode Lalu Lintas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian yang sama di antara pengguna jalan untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sleman,” katanya.

Menurut dia, kegiatan ini khusus ditujukan kepada para pengemudi jeep wisata di lereng Gunung Merapi, Sleman, karena didasari animo yang besar dari wisatawan di Sleman yang menggunakan jeep untuk menjelajahi sejumlah tempat wisata di Sleman.

“Sesuai data yang dihimpun Pemkab Sleman selama tiga tahun terakhir, ada kecenderungan peningkatan angka kecelakaan di Kabupaten Sleman,” ujarnya.

Ia mengatakan, berdasarkan data tersebut, Pemkab Sleman bersama semua pihak memiliki tanggung jawab untuk melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir kecelakaan, khususnya untuk operasional jeep wisata di Sleman.

“Aturan yang menjadi dasar berkendara yang aman harus menjadi acuan dalam berkendara. Tidak hanya dalam aspek teknis seperti melengkapi perangkat keselamatan dalam berkendara, tetapi juga harus dibarengi dengan etika dalam berkendara,” ujarnya.

Danang menegaskan, keselamatan berkendara tidak hanya untuk keselamatan pribadi, tetapi juga untuk keselamatan seluruh pengguna jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Arip Pramana mengatakan kampanye dan kehumasan tersebut diikuti oleh 60 peserta yang merupakan perusahaan wisata jeep di kawasan Merapi Sleman.

“Tidak semua pelaku wisata jeep mengikuti kegiatan ini, namun perwakilan yang akan ikut memiliki tanggung jawab untuk mensosialisasikan kepada pelaku wisata jeep lainnya agar bisa diimplementasikan dalam operasional wisata jeep,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi dan kampanye ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya perwakilan Satlantas Polres Sleman Ipda Yoyok Rahman dan Wakil Direktur Politeknik Keselamatan I Made Suraharta.

Pada kegiatan ini juga diserahkan secara simbolis helm pelindung kepada pejabat industri pariwisata jeep oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.

Baca juga: Sleman Minta Pengelola Pariwisata Waspadai Kondisi Cuaca Ekstrem

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button