Rasakan sensasi menyeruput kopi anggur Malang yang non-alkohol - WisataHits
Jawa Timur

Rasakan sensasi menyeruput kopi anggur Malang yang non-alkohol

miskin

Selain sebagai surga wisata, Malang juga dikenal sebagai surga kuliner. Jika ingin mencicipi masakan yang berbeda, cobalah wine kopi di Dampit, Kabupaten Malang. Meski disematkan kata “Wine”, kopi ini sama sekali tidak mengandung alkohol alias nol alkohol.

Kopi ini diciptakan oleh Mistono, seorang petani kopi di Desa Amadanom, Dampit, Kabupaten Malang. Inovasi wine kopi dikembangkan oleh Mistono saat bekerja di sebuah hotel di Kota Malang.

Dia melihat anggur menjadi favorit beberapa orang. Namun, banyak yang tidak bisa mencicipi anggur karena kandungan alkoholnya. Dia juga berdiskusi dengan rekannya yang bekerja sebagai bartender di hotel untuk membuat minuman kopi dengan rasa seperti anggur.

“Kopi anggur, saya belajar sendiri cara membuatnya. Kembali pada tahun 2016, saya sedang berdiskusi dengan seorang teman bartender saya di hotel. 2022).

Menurut Mistono, ia menemui berbagai tantangan saat mencoba resep membuat wine kopi. Mulai dari meneliti jenis kopi yang digunakan, hingga kegagalan proses fermentasi yang memakan waktu berbulan-bulan.

Biji kopi robusta menjadi pilihan utama. Namun, kopi ini gagal selama proses fermentasi. Bahkan, proses fermentasi memakan waktu hingga 2 bulan.

“Awalnya saya pakai kopi biasa (Robusta) tapi gagal. Karena fermentasinya harus lama,” jelasnya.

Akhirnya Mistono muncul dengan ide untuk menggunakan biji kopi luwak. Pilihan ini benar. Karena kopi jenis ini difermentasi di saluran pencernaan orang Luwak. Di sisi lain, produk kopi luwak mudah ditemukan di Kabupaten Malang.

Baca sensasi menikmati kopi wine di halaman selanjutnya

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button