Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, Destinasi Wisata dan Pembelajaran di Jember - WisataHits
Jawa Timur

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, Destinasi Wisata dan Pembelajaran di Jember

Klik TIMES.COM|MALANG- Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) adalah lembaga penelitian dan pengembangan kopi dan kakao nasional. Selain itu, tempat ini juga bisa dijadikan alternatif tujuan wisata keluarga

Didirikan pada tahun 1911, Puslitkoka adalah satu-satunya lembaga penelitian kopi dan kakao di Indonesia. Dengan luas 160 hektar yang dikelilingi oleh perkebunan kopi dan kakao (coklat) yang indah.

Puslitkoka memiliki misi strategis di bidang Ilmu dan Teknologi Manufaktur (IPTEK) untuk mendukung pengembangan kopi dan kakao di Amerika Serikat. Misi tersebut tidak hanya sebatas upaya iptek dan produk unggulan, tetapi juga merambah ke sentra-sentra.

Baca Juga: Gunung Gambir, Destinasi Penyembuhan Favorit di Jember

Pengembangan kopi dan kakao di seluruh Indonesia. Puslitkoka memiliki sejumlah kisah sukses dalam program pengembangan kopi dan kakao nasional. Hal ini tidak terlepas dari tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk produksi iptek yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, terutama dari petani atau pekebun dan pelaku industri.

Kunci keberhasilan ini tidak lepas dari sinergi antara pemangku kepentingan nasional dan internasional dalam pelaksanaan program pengembangan kopi dan kakao di Indonesia.

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao adalah tempat yang sangat menarik di Jember.

Selain kesempatan untuk bersantai, pengunjung juga akan mendapatkan wisata informatif tentang kopi dan kakao yang ditanam di kawasan edutourism. Pusat penelitian kopi dan kakao ini terletak di Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jmber, Jawa Timur.

Tiket masuk ke pusat penelitian ini cukup murah, hanya Rp 3000 per orang, dan parkir pengunjung hanya Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. (zil/sre)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button