Mahasiswa KKN UMTAS sukses mengimplementasikan desa wisata dari, oleh dan untuk masyarakat - WisataHits
Jawa Barat

Mahasiswa KKN UMTAS sukses mengimplementasikan desa wisata dari, oleh dan untuk masyarakat

Desa wisata yang sehat adalah desa wisata dan bukan sekedar klaim “desa wisata”.

TASIKMALAYA, INILAHTASIK.COM | Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya sukses menggelar Grand Launching “Wonderful of Madasari”, Pantai Madasari, Karang Seugeuh, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Minggu, 4 September 2022.

Sesuai dengan tema KKN Tematik di Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya yaitu “Memberdayakan Kemandirian dan Ketahanan Masyarakat Melalui Program KKN Tematik UMTAS Untuk Masyarakat yang Mandiri dan Sejahtera”, menjadi program tematik utama pariwisata yang sehat. desa berhasil dilaksanakan dalam Acara Grand Launching “Wonderful of Madasari”.

Program Pengabdian Masyarakat UMTAS Kelompok 8 Desa Masawah Madasari Pembimbing Lapangan, Titin Suhartini SKM, MM.RS menyampaikan bahwa desa wisata yang sehat adalah desa wisata dan bukan sekedar “desa wisata”.

Menurutnya, desa wisata yang sesungguhnya adalah desa biasa yang kegiatan masyarakatnya bisa menjadi kegiatan wisata, dengan sentuhan pariwisata dan keramahan yang dapat meningkatkan kualitas dan mendongkrak kehidupan ekonomi.

Semua itu, kata Titin, tidak terlepas dari keterlibatan masyarakat. Hasil identifikasi potensi dan kebutuhan di desa wisata Desa Masawah, Dusun Memengger, Nyalindung, Madasari, mahasiswa KKN UMTAS Kelompok 8 kemudian dikembangkan dalam bentuk profil desa wisata yang sehat untuk memaksimalkan potensi kelompok usaha kreatif masyarakat.

“Partisipasi masyarakat desa dalam pengelolaan, pembangunan dan pemeliharaan Desa Wisata Sehat Madasari sangat penting karena dapat menjadi salah satu faktor penentu maju atau tidaknya desa wisata,” kata Titin mengingat pentingnya Silaturahmi di desa wisata sehat Madasari.

Ia menambahkan, inisiatif untuk mengembangkan desa wisata bersama warga yang didukung dengan kehadiran mahasiswa KKN UMTAS yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan Pantai Madasari, menegaskan keberadaan desa wisata yang sehat adalah untuk masyarakat itu sendiri.

Oleh karena itu, lanjut Titin, masyarakat juga harus terlibat aktif dalam pengelolaan desa sejak awal, program kegiatan yang digagas sesuai potensi desa untuk menarik wisatawan berkunjung.

Ia yakin melihat keindahan alam pantai bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Madasari.

“Potensi unggulan ini perlu dikembangkan sebagai daya tarik wisata. Wisatawan dari dalam dan luar negeri bisa berburu momen sunrise dan sunset di Pantai Madasari,” tutup Titin.

Source: www.inilahtasik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button