Puncak Ganjil Genap tidak berlaku untuk kendaraan bantuan gempa - WisataHits
Jawa Barat

Puncak Ganjil Genap tidak berlaku untuk kendaraan bantuan gempa

Polisi tidak menyarankan semua pengendara untuk melintasi jalur Puncak karena kapasitas yang terbatas.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Mulai hari ini hingga Minggu (27/11/2022), Polres Bogor akan menerapkan aturan ganjil genap bagi kendaraan bermotor di jalur Puncak, Kabupaten Bogor. Namun, ganjil genap tidak berlaku bagi kendaraan yang mengangkut bantuan untuk korban gempa Cianjur.

Kapolres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, angka ganjil berlaku mulai hari ini pukul 14.00 WIB hingga Minggu pukul 12.00 WIB. Kendati demikian, pihaknya akan tetap melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan pendukung.

Dicky mengatakan, jika ada kendaraan pendukung korban gempa Cianjur yang ingin melewati jalur Puncak namun plat nomornya tidak sesuai dengan tanggalnya, tetap diperbolehkan melintas. “Masih jalan, kita lakukan seperti biasa dari Jumat sampai Minggu. Bisa (lulus) silakan, kita lihat juga di pemeriksaan,” tegasnya, Jumat (25/11/2022).

Namun, Dicky mengimbau kepada seluruh pengendara untuk tidak melintasi jalur Puncak. Mengingat keterbatasan kapasitas Jalur Puncak.

“Hanya saja kami mengarahkan semua orang untuk fokus ke jalur Puncak, kami mengarahkan orang yang akan memberikan bantuan untuk berjalan di jalur lain. Jadi tidak semua orang fokus,” katanya.

Dia memberi pilihan jalan alternatif lain. Salah satunya lewat Jonggol yang bisa langsung menyerbu kawasan perkotaan di Cianjur. “Nanti malah menumpuk, lebih baik ke Cianjur langsung lewat Jonggol. Bayangkan kalau semuanya menumpuk, kapasitas Peak juga tidak mungkin,” imbuhnya.

Sistem satu arah atau one way kemungkinan besar akan diterapkan lebih cepat dari biasanya. Mengingat potensi kegiatan wisata dan kendaraan untuk gempa Cianjur besok banyak.

“Untuk besok, mengingat ada jalur wisata dan masyarakat yang memberikan bantuan, mungkin kami akan melakukan trailing lebih awal. Sehingga aliran yang ingin naik lebih cepat terserap,” pungkas Dicky.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button