Sebanyak 37 pengurus dari Pengurus Desa Wisata mengikuti pelatihan Desa Wisata Pintar - WisataHits
Yogyakarta

Sebanyak 37 pengurus dari Pengurus Desa Wisata mengikuti pelatihan Desa Wisata Pintar

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Tak kurang dari 37 pengelola Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan Sleman, beberapa waktu lalu mengikuti pelatihan peningkatan potensi wisata di Indonesia oleh Pengelola Sumber Daya Manusia (SDM) desa wisata.

Pelatihan yang diadakan oleh CSR Bakti BCA ini mengangkat topik Desa Wisata Cerdas dan bertujuan untuk membangun kerjasama yang solid dan pengembangan diri yang maksimal bagi pengelolaan Desa Wisata Pentingsari.

Ira Bachtar, Vice President CSR BCA mengatakan: CSR BCA berkomitmen kuat untuk memajukan dan mengembangkan kapasitas SDM desa melalui berbagai pelatihan dan pendampingan.

Selain potensi desa wisata untuk lebih dikembangkan, keterampilan pengurusnya juga harus ditingkatkan agar kualitas pengurus menjadi lebih baik dan terukur.

“Dalam pelatihan ini, pengurus desa wisata mendapat pelatihan pemahaman dan kesadaran pelayanan prima untuk mendorong tumbuhnya usaha desa wisata di Pentingsari,” ujar Ira Bachtar.

Ira mengatakan, hal itu dilakukan untuk mendorong kreativitas dan loyalitas perangkat desa.

“Selanjutnya akan diberikan pelatihan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan agar pengelola desa dapat selalu tumbuh, mandiri dan berkembang, serta menjaga kelangsungan usaha yang berkelanjutan di Desa Wisata Pentingsari,” lanjutnya.

FYI: Desa Wisata Pentingsari telah memenangkan kategori khusus yaitu Desa Wisata Inspirasi Mandiri Penghargaan Desa Wisata Indonesia 2021.

Desa ini diresmikan sebagai desa binaan BCA pada tahun 2016. Beberapa daya tarik desa ini adalah hidup bersama dengan penduduk, kegiatan di luar ruangan, wisata pendidikan kesenian tradisional Jawa seperti B. Belajar menari, bermain gamelan, wayang suket dan membatik.

“Kedepannya, kami akan tetap berkomitmen memberikan pembinaan dan dukungan kepada pengelola Desa Wisata melalui Bakti BCA untuk memberi nilai tambah bagi desa dan meningkatkan pendapatan daerah,” tambah Ira. (rls/*)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button