Puluhan turis pantai terjebak longsor - WisataHits
Jawa Tengah

Puluhan turis pantai terjebak longsor

Kebumen, Gatra.com- Tanah longsor melanda beberapa wilayah di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Salah satunya terjadi di kawasan wisata Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah.

Longsoran material batuan setinggi 20 meter dan panjang 50 meter menutup satu-satunya akses pintu keluar fasilitas wisata yang saat ini dilanda gempa sejak Sabtu malam (11/6/2022). Akibatnya, puluhan wisatawan terkurung di kawasan pantai hingga Senin (11/8) atau selama dua hari dua malam.

Untungnya, pengelola Observatorium Pantai Menganti mengizinkan para pelancong yang terjebak untuk tinggal di vila secara gratis dan menyediakan logistik.

“Sudah tiga hari kami di sini karena ada longsor. Kami ingin menginap di pantai Menganti. Namun sekitar pukul 10 malam pada tanggal 6 (Sabtu) warga diberitahu telah terjadi longsor. Manajemen membantu kami mendapatkan bantuan sosial,” kata Ulfa Risky Yulianingrum, traveler asal Magelang, Jawa Tengah.

Ia menambahkan, dirinya dan rombongan yang berjumlah 10 orang datang ke Menganti dengan menggunakan mobil. Mereka sempat panik, takut melihat air laut, dan akhirnya pindah ke vila mereka. Ia berharap longsoran material bisa segera dibersihkan sehingga dirinya dan rombongan bisa segera pulang.

Solikhin, seorang sopir tur yang juga terjebak sejak Sabtu sore, mengatakan hal yang sama. “Kemarin saya bawa tamu dari Bandung dengan Hi-Ace, lalu ada longsoran. Para tamu bisa mengantar pulang, tapi saya yang bertanggung jawab membawa kendaraan,” kata Solikhin.

Beruntung, menjelang sore alat berat yang dikerahkan Pemkab Kebumen berhasil menyingkirkan material tanah dan batu yang menghalangi jalan. Untuk mengizinkan puluhan wisatawan yang terjebak malam ini untuk kembali ke rumah masing-masing.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button