Karisma Event Nusantara 2023 Jawa Timur menyumbang sebagian besar agenda pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Karisma Event Nusantara 2023 Jawa Timur menyumbang sebagian besar agenda pariwisata

Karisma Event Nusantara 2023 Jawa Timur menyumbang sebagian besar agenda pariwisata

TEMPO.CO, jakarta – Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif telah mempublikasikan 110 event dalam Karisma Event Nusantara atau KEN 2023. Delapan event tersebut masuk dalam agenda pariwisata Jawa Timur.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan Jatim menjadi provinsi penyumbang festival nasional terbanyak pada KEN 2023. ‘ katanya pada Minggu, 29 Januari 2023.

Khofifah juga optimis kinerja sektor pariwisata Jatim tumbuh positif tahun ini dengan sejumlah program. Selain itu, saat ini Kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Covid-19 dicabut di seluruh Indonesia.

“Selain itu, secara psikologis masyarakat sangat antusias untuk berwisata setelah menghadapi kondisi pandemi Covid-19 ini,” kata Khofifah.

Adapun 8 program pariwisata Jatim yang masuk dalam KEN 2023 adalah Jember Fashion Carnival, Reog Ponorogo Festival, Banyuwangi Gandrung Sewu Festival, East Java Fashion Harmony, Surabaya Rujak Uleg Festival, Banyuwangi Ethno Carnival, Batu Street Food dan festival musik Tradisional Pacitan Rontek.

Khofifah mengimbau para pemangku kepentingan pariwisata dan industri kreatif untuk memanfaatkan acara tersebut secara maksimal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. “Paket wisata harus dipasarkan dengan cara modern. Selain itu, sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pariwisata seperti sarana catering, toilet, hotel, tempat ibadah, restoran, tempat souvenir dan sarana transportasi juga harus diperhatikan untuk merebut pasar tersebut,” ujarnya.

Selain 8 program pariwisata tersebut, Jatim menyiapkan 254 kegiatan dari kabupaten/kota lain di tingkat regional, nasional hingga internasional pada tahun 2023. Ragam programnya mulai dari festival budaya, fashion, karnaval, musik, kuliner, upacara adat, serta wisata olahraga dan pameran.

KEN 2023

Di tahun ketiganya, Karisma Event Nusantara kembali menyusun 110 event unggulan yang dikurasi dari 291 event yang diusulkan oleh dinas pariwisata provinsi di seluruh Indonesia. Proses kurasi KEN 2023 dilakukan pada November hingga Desember 2022 dalam tiga tahapan utama, yakni seleksi administrasi, konsep dan wawancara.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno, menurut arahan Presiden Joko Widodo, mengatakan penyelenggaraan event bisa menjadi lokomotif atau penggerak perekonomian daerah dan revitalisasi pariwisata Indonesia. “KEN 2023 memiliki kemampuan untuk mendorong revitalisasi daerah, saya melihat setiap event dari Sabang sampai Merauke semuanya memiliki kemampuan untuk menggerakkan perekonomian daerah, mulai dari event budaya, event olah raga hingga event yang berhubungan dengan festival”, ujarnya.

Baca juga: Sandiaga Uno mengungkap penyebab tren wisata spontan yang akan meningkat pada 2022

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button