Pulau Untung Jawa, pulau eksotik untuk liburan Kepulauan Seribu yang seru - WisataHits
wisatahits

Pulau Untung Jawa, pulau eksotik untuk liburan Kepulauan Seribu yang seru

Pulau Untung Jawa, pulau eksotik untuk liburan Kepulauan Seribu yang seru
Biaya kunjungan: Dari Rp 20.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Pemerintah Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Untung Jawa menjadi bukti bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau kecil yang mengelilinginya. Wisata laut selalu menjadi incaran para wisatawan yang ingin memanjakan mata dengan melihat hamparan air biru.

Pulau ini berada di Kepulauan Seribu yang terletak di ibu kota Jakarta, letaknya yang dekat dan alamnya yang indah mampu menarik wisatawan mancanegara maupun lokal untuk datang. Banyak wisatawan yang terkejut melihat keindahan alam pulau ini.

Anda juga akan dibuat takjub dengan keindahan yang ditawarkan kepada anda, anda bisa menghabiskan waktu berlibur di pulau ini. Dijamin sepulang dari berlibur, Anda akan merasa lebih bahagia dan segar karena akan melihat hamparan alam yang luar biasa indah dan bersih.

Objek wisata milik Pulau Untung Jawa

Daya Tarik Pulau Untung JawaKredit gambar: Google Maps hisyam fikri aditama

Setelah berlibur di Pulau Untung Jawa, hal pertama yang disinggung wisatawan adalah, oh… ternyata ada tempat wisata seindah ini di Jakarta. Memang pesona pulau ini tidak main-main, jadi sebelum berkunjung ke sini, sebaiknya lihat dulu daya tarik pulau jawa yang berbahagia di Kepulauan Seribu ini.

1. Pantainya selalu bersih

Daya tarik pertama yang berhasil memikat hati wisatawan adalah pantainya yang bersih dan ombaknya yang menenangkan. Selain pemandangan alamnya yang menarik, ternyata udara di tempat ini selalu bagus dan bebas polusi, sangat cocok untuk kamu yang tinggal di Jakarta.

Dengan kondisi pantai yang bersih ini, Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut yang luar biasa. Anda bisa menikmati biota laut secara langsung dengan mata telanjang, tentunya pemandangan seperti ini jarang kita jumpai di ibu kota. Namun di Kepulauan Seribu Anda masih bisa melihatnya.

2. Memiliki hutan bakau yang indah

Daya tarik utama pulau Untung Jawa selanjutnya adalah memiliki hutan bakau yang luas dan asri. Keindahan alam hutan mangrove ini berhasil membuat mata kita tercengang dan enggan untuk berpaling, karena hamparan laut yang biru dan hijaunya mangrove merupakan perpaduan yang sempurna.

Seperti kita ketahui, mangrove sering tumbuh di sekitar pantai, seperti di pinggiran. Pohon ini biasa ditanam dan ditanam untuk mengurangi polusi di sekitar pantai dan menjadi rumah bagi biota laut tertentu. Pohon bakau ini juga biasa dipanen oleh sebagian masyarakat setempat.

3. Ada 1800 penduduk di pulau Untung Jawa

Siapa sangka ternyata pulau yang jauh dari hiruk pikuk kota ini ternyata berpenghuni, jumlah penduduk yang tertera disana adalah 1800 orang. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri, karena ternyata meski berada di kepulauan yang jauh dari kota, tetap saja ada orang yang tinggal di sana.

Bahkan mereka juga melakukan aktivitas biasa seperti kita, tak hanya itu keindahan pantainya pun tak kalah menarik. Hingga berhasil menarik perhatian wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan warga Pulau Untung Jawa memanfaatkannya untuk sumber penghasilan seperti penginapan atau menyimpan peralatan bermain air.

4. Banyak wisata kuliner yang tersedia

Apalagi yang menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke pulau cantik ini adalah banyaknya wisata kuliner. Jadi jangan khawatir kelaparan, karena banyak warung makan yang bisa Anda temukan dengan berbagai hidangan yang disiapkan oleh penduduk setempat.

Tentunya menjadi pengalaman baru yang tidak akan terlupakan, karena selain keindahan alamnya, pulau ini juga memiliki banyak makanan yang bisa disuguhkan. Anda dapat mencicipi hidangan yang telah Anda pesan sambil mengagumi pemandangan pantai yang menakjubkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Untung JawaKredit gambar: Google Maps Ahmad Fakhri

Setelah melihat hal-hal yang menjadi daya tarik Pulau Untung Jawa, tentunya Anda juga akan penasaran bukan? Di mana tepatnya alamat pulau ini dan bagaimana menuju ke sana. Jika Anda sudah penasaran, simak ulasan berikut ini.

Alamat wisata ini berada di Kawasan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Untuk dapat datang ke sini, Anda dapat dengan mudah membeli perjalanan yang terorganisir. Karena sudah banyak layanan open travel yang membuka destinasi di pulau ini, namun jika berniat melakukannya sendiri bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Untuk menuju pulau ini, Anda bisa menempuh 4 rute berbeda dengan jenis kapal yang berbeda. Jika ingin murah dan cepat, wisatawan harus menyeberangi pulau ini dari Dermaga Tanjung Pasir, Tangerang, dengan waktu tempuh 45 menit.

Namun jika menggunakan angkutan umum dapat berangkat dari Muara Angke atau Ancol. Muara Angke dapat ditempuh pada pukul 09:00 WIB karena kapal akan berangkat. Rute selanjutnya berangkat dari pelabuhan Sunda Kelapa, kedua kapal KM. nusantara sabuk 66 pada pukul 08:00. Anda bisa memilih rute termudah untuk sampai ke Pulau Untung Jawa.

Harga tiket masuk Pulau Untung Jawa

Kemudian, setelah mengetahui alamat dan rute menuju lokasi, Anda juga perlu mengetahui tarif masuk ke pulau tersebut. Tarif masuk ke pulau eksotik ini juga relatif murah dan terjangkau yaitu Rp 20.000 per hari. Namun, harga ini masih dapat berubah dan belum menjadi harga kapal.

Harga ini juga belum termasuk perjalanan dan akomodasi, jadi disarankan menggunakan trip jika ke tempat ini. Karena Anda memiliki akomodasi pulang pergi, akomodasi, dan tiket untuk beberapa wahana di sana.

Namun nyatanya, tidak ada harga tiket yang ditetapkan untuk Pulau Untung Jawa. Namun beberapa kawasan dan wahana di pulau ini memiliki tarif tersendiri, sedangkan kapal penyeberangan juga disesuaikan dari tempat Anda menumpang.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Untung Jawa

Aktivitas Seru di Pulau Untung JawaKredit gambar: Google Maps Setyo Aji

Berlibur di Kepulauan Seribu memang tidak pernah membosankan karena banyak pulau yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Untung Jawa, destinasi ini sangat bisa dijadikan sebagai tempat liburan keluarga. Berikut adalah beberapa kegiatan menarik untuk dilakukan.

1. Menikmati keindahan pantai

Kegiatan pertama yang bisa anda lakukan di pulau ini adalah menikmati indahnya pantai berpasir bersih dan laut yang indah, saat pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini, anda akan langsung disambut oleh pemandangan alam yang indah dan ombak yang tenang.

2. Kegiatan Snorkeling

Di perairan Pulau Untung Jawa ini Anda juga bisa snorkeling dan menyelam dengan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Karena pulau ini memiliki kekayaan laut yang tak terbantahkan, airnya selalu jernih dan Anda bisa melihat pemandangan bawah laut dengan jelas.

3. Naik banana boat

Kemudian cara lain untuk berlibur di pulau eksotis ini adalah dengan menaiki banana boat dan berlayar mengelilingi pulau. Speedboat ini juga bisa dijadikan akomodasi untuk bersenang-senang dan melihat pulau dari berbagai sisi.

4. Mainkan wahana jetski

Selain itu, bagi Anda yang menyukai olahraga air, bermain jetski merupakan pilihan yang tepat, apalagi kondisi perairan di pulau ini juga cukup mendukung pengunjung untuk bermain jetski.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Pemukiman Pulau Untung JawaKredit gambar: Google Maps Dimas AP

Untuk memanfaatkan semua itu tentunya dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mendukung fasilitas yang ada di pulau Untung Jawa. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan.

  • Toilet bersih dan mushola
  • Memiliki ruang pembilasan yang bersih
  • Punya banyak spot foto yang menarik
  • Ada banyak wisata kuliner, fashion dan craft yang tersedia

Demikian sekilas tentang Pulau Untung Jawa yang menarik untuk dikunjungi di Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau indah bertabur pasir putih ini memang menjadi destinasi liburan yang menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button