Pulau Untung Jawa, pulau eksotik dengan keindahan terumbu karang Kepulauan Seribu - WisataHits
wisatahits

Pulau Untung Jawa, pulau eksotik dengan keindahan terumbu karang Kepulauan Seribu

Pulau Untung Jawa, pulau eksotik dengan keindahan terumbu karang Kepulauan Seribu
Biaya kunjungan: Dari Rp 25.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Untung Jawa merupakan salah satu tujuan wisata populer di Kepulauan Seribu Jakarta yang memiliki banyak daya tarik terutama keindahan alamnya yang selalu asri dan eksotis.

Kepulauan Seribu merupakan kawasan ibu kota Jakarta yang menyimpan berbagai keindahan alam. Ratusan wisatawan rutin mengunjungi tempat ini hampir setiap hari karena pemandangannya selalu begitu indah. Pulau Untung Jawa adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Kepulauan Seribu.

Tidak hanya menampilkan keindahan alamnya yang selalu asri, tempat wisata terkenal di Kepulauan Seribu ini juga menawarkan berbagai wahana untuk tempat rekreasi para pengunjungnya. Belum lagi kelezatan seafoodnya yang mengejutkan menggugah selera, membuat pulau wisata ini sayang untuk dilewatkan.

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Pulau Untung Jawa, seperti menikmati gugusan pantai pasir putih yang indah, menyelam, atau menikmati kuliner segar hasil tangkapan langsung dari para nelayan.

Objek wisata milik Pulau Untung Jawa

Daya Tarik Pulau Untung JawaKredit gambar: Google Maps Rama Wiana

Termasuk dalam salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu, tak heran jika Pulau Untung Jawa memiliki banyak daya tarik, terutama keindahan alamnya yang selalu asri dan eksotis. Berikut atraksi utama yang ditawarkan pulau wisata unik ini.

1. Keindahan alam pantai

Pulau cantik ini menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin menjauh dari hiruk pikuk ibu kota. Pasalnya, pulau kecil yang indah ini selalu terlihat sangat asri dan tidak tercemar sampah seperti pantai-pantai kota besar.

Lautnya berwarna biru kehijauan dengan air yang sangat jernih sehingga permukaan dasar airnya dapat terlihat dengan jelas. Ombak lautnya juga sangat tenang, sehingga aman untuk anak-anak bermain air.

2. Keindahan terumbu karang

Daya tarik unik yang dimiliki Pulau Untung Jawa berikutnya adalah keindahan terumbu karang atau wisata bawah lautnya. Terdapat fasilitas snorkeling bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan wisata bawah laut.

3. Platform luar negeri

Salah satu daya tarik utama dan ikon Pulau Untung Jawa adalah adanya anjungan berbentuk hati di atas laut, anjungan kayu buatan ini dibangun tepat di atas lautan. Saat difoto menggunakan drone dari atas, bentuknya seperti hati.

Banyak wisatawan yang datang ke pulau ini pasti tidak akan melewatkan kesempatan berfoto di paviliun. Belum lagi pemandangan sunset di sore hari menjanjikan sangat indah untuk dinikmati dari atas anjungan sehingga sayang untuk dilewatkan.

4. Wisata Kuliner Bahari

Daya tarik yang tak kalah menarik bagi para penikmat kuliner adalah wisata kuliner baharinya yang beragam. Ada berbagai hidangan seafood segar yang bisa dinikmati pengunjung di pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Untung JawaKredit gambar: Google Maps Alif Sidiq

Pulau Untung Jawa terletak di gugusan Kepulauan Seribu, sehingga satu-satunya jalur yang tersedia untuk mencapai lokasi tersebut adalah jalur laut. Ada beberapa dermaga di sekitar Jakarta dan Tangerang yang melayani rute menuju pulau wisata ini.

Pilihan termurah dan tercepat adalah menggunakan perahu dari dermaga Tanjung Pasir di Tangerang. Waktu tempuh menuju pulau ini hanya sekitar 30-45 menit. Pilihan perahu yang tersedia adalah perahu dengan harga Rp 250.000 per perahu atau perahu nelayan dengan harga Rp 25.000 per orang.

Pilihan lain yang tersedia dan mudah diakses dengan kendaraan umum adalah melalui Dermaga Kali Adem, Muara Angke di Jakarta Utara. Kapal berangkat ke Kepulauan Seribu dari Dermaga Muara Angke Ancol pada pukul 09:00 setiap hari dengan waktu tempuh 2 jam.

Wisatawan juga bisa mengambil rute dari Dermaga Marina, Ancol, Jakarta Utara, dan Pelabuhan Sunda Kelapa. Sayangnya, jadwal keberangkatan dari pelabuhan Sunda Kelapa hanya Senin, Rabu, dan Sabtu pagi pukul 08.00.

Sebenarnya tidak ada tiket masuk khusus bagi yang ingin berkunjung ke pulau wisata Kepulauan Seribu ini. Biaya tiket dikenakan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi beberapa kawasan wisata khusus atau menikmati wahana yang ada di pulau tersebut.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Untung Jawa

Kegiatan di Pulau Untung JawaKredit gambar: Facebook Anton Ld

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan pengunjung selama menikmati liburan di pulau wisata ini. Berbeda dengan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, Pulau Untung Jawa sangat populer di kalangan wisatawan dan penduduk lokal yang tinggal di pulau kecil ini.

1. Nikmati keindahan alam

Hal pertama yang bisa dilakukan wisatawan saat menginjakkan kaki di salah satu gugusan Kepulauan Seribu adalah menikmati keindahan alam yang terhampar luas. Pulau kecil ini dikelilingi oleh pantai pasir putih yang membentang sejauh mata memandang.

Sedangkan di depannya terhampar lautan biru kehijauan yang sangat indah dan bersih. Jernihnya air laut membuat ikan dan terumbu karang di bawah terlihat jelas.

Wisatawan bisa menikmati waktu bersantai di pinggir pantai dengan duduk di bawah payung besar yang disediakan oleh para penjual makanan dan minuman di pinggir pantai. Selain itu, deretan pepohonan yang rimbun di pinggir pantai juga bisa dijadikan tempat teduh untuk bersantai di pinggir pantai.

2. Berenang di laut

Kegiatan utama selanjutnya yang bisa dilakukan saat berlibur di pulau wisata ini adalah berenang di laut sekitar pantai. Layaknya lautan yang mengelilingi pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, laut di Pulau Untung Jawa begitu jernih sehingga siapapun bisa melihat dasar permukaan airnya.

Warna lautan berubah dari warna terang di pantai menjadi warna yang lebih gelap ke arah tengah lautan. Apalagi berenang di laut sekitar pulau juga sangat aman karena perairannya yang tenang.

Bahkan gelombang laut tidak mencapai pantai. Oleh karena itu, anak-anak juga bisa diajak berenang di pantai menggunakan pelampung.

3. Nikmati permainan air

Ada banyak tempat wisata air yang bisa dinikmati wisatawan saat berkunjung ke pulau wisata ini. Beberapa wahana air yang bisa dinikmati adalah donat air, banana boat, dll. untuk merangsang adrenalin.

Jika ingin menikmati wahana air di sini, sebaiknya siapkan baju ganti karena baju yang dikenakan akan basah. Semua orang bisa menikmati wahana air meski tidak bisa berenang.

Sebagai tindakan pengamanan, pemasok wahana akan menyediakan pelampung pelindung diri bagi wisatawan. Selain itu, setiap wahana bermain memiliki pengawas yang selalu siap memberikan pendampingan.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Pemukiman Pulau Untung JawaKredit gambar: Google Maps Arif Burhanudin

Wisatawan yang berencana mengunjungi Pulau Untung Jawa tidak perlu khawatir dengan fasilitas umum yang tersedia di sana. Pasalnya, pulau wisata satu-satunya ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap antara lain toilet, mushola, parkir yang cukup luas.

Selain itu, banyak warung makan yang berjejer di pinggir pantai. Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan beberapa hari berlibur di pulau ini, tidak perlu salah karena tersedia banyak akomodasi yang terjangkau, termasuk homestay lokal.

Menikmati liburan panjang bersama keluarga semakin mudah berkat lokasinya Pulau UntungJawa yang mudah diakses menggunakan berbagai rute perjalanan. Wisatawan dapat menikmati berbagai pemandangan alam yang selalu indah dengan budget yang pas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button