11 Pantai di Pulau Sumba yang Indah dan Terkenal - WisataHits
wisatahits

11 Pantai di Pulau Sumba yang Indah dan Terkenal

11 Pantai di Pulau Sumba yang Indah dan Terkenal

Setiap pantai di Pulau Sumba memiliki pesona yang berbeda. Begitu juga dengan rekomendasi pantai di Sumba berikut ini!

Pulau Sumba memiliki begitu banyak wisata bahari yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di kawasan ini, wisata pantai menjadi yang paling banyak dipilih oleh para wisatawan. Untuk itu, sebelum menghabiskan liburan ke sini, ketahuilah terlebih dahulu beberapa pantai yang ada di Pulau Sumba dan pesonanya masing-masing.

Salah satu kesamaan dari sebelas pantai ini adalah kejernihan air lautnya yang menakjubkan, bahkan beberapa orang mengatakan bahwa keindahan air laut di sini tidak kalah dengan keindahan air laut di Maldives. Dengan demikian, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati keindahan air laut.

Hanya dengan mengunjungi beberapa wisata pantai ini wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan suasana sejuk layaknya di luar negeri. Tak hanya itu, mereka juga bisa menikmati berbagai macam aktivitas super seru. Oleh karena itu, perhatikan nama-nama pantai di Pulau Sumba berikut ini!

Umumnya, orang akan terlebih dahulu mencari daftar destinasi wisata di kota tujuan mereka sebelum berlibur ke sana. Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur pasti tahu nama-nama pantai indah yang ada di pulau cantik ini, dan beberapa di antaranya adalah:

1. Pantai Tarimbang

Pantai TarimbangFoto: Google Maps/Griselda Merrie

Jika membicarakan keindahan pantai Pulau Sumba, biasanya orang langsung menjawab dengan menyebut nama Pantai Tarimbang. Wisata pantai di kawasan Tabundung ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk dijadikan spot berselancar.

Selain berselancar (berselancar), wisata bahari juga sering dijadikan sebagai tempat menyelam. Hal ini terjadi karena Pantai Tarimbang memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Bahkan, keindahan bawah laut ini juga bisa dilihat langsung saat pengunjung berada di permukaan pantai.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tarimbang, Kec. Tabundung, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

2. Pantai Peru

Pantai PeruFoto: Google Maps/Ika Prawesty Wulandari

Berbeda dengan Pantai Tarimbang yang terletak di kawasan Tabundung, Pantai Pero terletak di kawasan Kodi, sebelah barat daya Sumba. Meski wilayahnya cukup jauh dari perkotaan, pantai Pero masih mudah diakses. Salah satu kekhasan wisata pantai ini terletak pada bagian hilir sungai yang tidak langsung bermuara ke laut.

Dengan demikian, bagian hilir sungai ini akan terpisah dari pantai pasir putihnya, sehingga hamparan pasirnya terlihat seperti jembatan dari kejauhan. Keunikan pasir putih yang terdapat di sini sering dimanfaatkan pengunjung sebagai tempat foto yang cukup unik.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pero Batang, Kec. Kodi, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

3. Pantai Mendorak

Pantai MendorakFoto: Google Maps/Rino Tri Wiyoko

Tidak jauh dari Pantai Pero ada wisata pantai lain yang tak kalah indahnya yaitu Pantai Mendorak. Wisata bahari ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat lembut. Oleh karena itu, para orang tua tidak perlu khawatir anaknya terluka saat bermain di pasir putih ini.

Selain itu, alasan lain mengapa Pantai Mendorak dianggap sebagai salah satu pantai terbaik di Pulau Sumba adalah karena air lautnya selalu sangat bersih dan keindahan bawah lautnya bisa dilihat dengan mata telanjang. Tentu pemandangan yang indah ini dapat memanjakan mata para pengunjung.

Harga tiket: Rp50.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kalena Rongo, Kec. Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

4. Pantai Mananga Aba

Pantai Manangga AbaFoto: Google Maps/Kiang The

Dengan namanya yang terdengar cukup unik, Pantai Mananga Aba kerap menarik lebih banyak perhatian wisatawan. Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat wisata pantai ini sering dikunjungi banyak keluarga. Walaupun ombak di sini tidak sebesar ombak di pantai-pantai sebelumnya, namun wisata bahari ini tetap bisa dijadikan tempat berselancar.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Karuni, Kec. Loura, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

5. Pantai Marosi

Pantai MarsiFoto: Google Maps/The Sanubari

Pantai Marosi merupakan pantai di Sumba dengan akses jalan yang paling mudah. Maka dari itu tidak heran jika wisata bahari tidak pernah sepi pengunjung, baik sedang berlibur maupun tidak. Pengunjung pantai cantik ini bisa melihat secara langsung keindahan bebatuan yang menjorok ke laut, sehingga pengalaman liburan bisa lebih berkesan.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Marosi, Patiala Bawa, Kec. Lamboya, Kab. Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

6. Pantai Bwanna

Pantai BwanaFoto: Google Maps/Fariz Haikal

Hanya dengan melihat foto-foto yang beredar di internet, orang mungkin mengira wisata pantai ini bukan wilayah Indonesia. Namun nyatanya keindahan alam ini bisa dinikmati di wilayah Kodi Balagar, sebelah barat daya Sumba. Pantai Bwanna merupakan kebanggaan tersendiri bagi penduduk pulau Sumba.

Jika berbicara tentang pantai di Pulau Sumba, kebanyakan orang pasti tidak lupa menyebut nama pantai cantik ini. Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini, seperti berenang di pantai, bermain pasir, menikmati pemandangan laut di bawah atap gazebo yang sejuk, dll.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Panenggo Ede, Kec. Kodi Bangedo, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

7. Pantai Londa Lima

Pantai Londa LimaFoto: Google Maps/Yanpieter Guest Ama

Pantai Londa Lima terletak di daerah Kutta, Kanatang, Sumba Timur, sehingga jaraknya cukup jauh dari kunjungan pantai sebelumnya. Meski begitu, itu tidak membuatnya layak untuk diabaikan. Pepohonan rindang di sekitar pantai yang indah ini akan menambah daya tariknya.

Tidak hanya berselancar Dan tuba, pengunjung juga bisa memancing sambil berlibur di wisata pantai ini. Dengan banyaknya pilihan aktivitas yang bisa dilakukan di sini, pengunjung tidak akan mudah bosan. Bahkan, pengunjung juga bisa membeli ikan segar yang ditangkap langsung oleh nelayan setempat di kawasan tersebut.

Harga tiket: Rp4.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kuta, Kec. Kota Waingapu, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

8. Pantai Puru Kambera

Pantai Puru KamberaFoto: Google Maps/XsentriX GTR

Hamparan pasir di pantai cantik ini tidak sama dengan wisata pantai lainnya. Di beberapa sisi terdapat bebatuan unik yang membuatnya semakin cantik. Keberadaan batu unik ini juga bisa tempat foto yang cukup instagrammable. Tentunya dapat memenuhi kebutuhan anak muda saat ini.

Selain itu, alasan lain kenapa Pantai Puru Kambera masuk dalam Exotic Sumba Beaches to Visit adalah karena wisata bahari ini memiliki ombak yang cukup tenang dan tidak berbahaya. Keindahan laut di sini akan semakin indah di malam hari.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Mondu, Kec. Kanatang, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

9. Pantai Kawona

Pantai KawonaFoto: Google Maps/Devavani Atakelan

Anda bisa langsung melihat suasana romantis saat tiba di pintu masuk Pantai Kawona. Oleh karena itu, banyak pasangan menjadikan tempat wisata pantai yang indah ini bulan madu. Kelebihan lain dari Pantai Kawona adalah jaraknya yang cukup dekat dengan Bandara Tambolaka. Dengan demikian, lokasinya bisa dibilang cukup strategis.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Wee Londa, Kec. Kota Tambolaka, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

10. Pantai Ratenggaro

Pantai RatenggaroFoto: Google Maps/Irvan Ogi

Pesona alam wisata pantai ini tidak kalah dengan pesona alam wisata pantai mancanegara. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak wisatawan mancanegara yang ingin berlibur ke sini. Nantinya pengunjung bisa memilih sendiri setting liburan yang diinginkan, karena Pantai Ratenggaro menawarkan 2 macam background yang menarik.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Umbu Ngedo, Kec. Kodi Bangedo, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Karena pantai rekomendasi di Pulau Sumba ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara, maka lebih disarankan untuk mengunjunginya pada hari kerja. Dalam arti lain, bagi orang yang berkunjung ke wisata pantai Pulau Sumba ini pada saat liburan, harus bersiap dengan keramaian yang tak terelakkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button