Pulau Tikus Kupang, Pesona pulau cantik yang memanjakan mata - WisataHits
wisatahits

Pulau Tikus Kupang, Pesona pulau cantik yang memanjakan mata

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp85.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Sulamu, Kec. Sulamu, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Cek lokasi

Pulau Tikus merupakan pulau kecil di gugusan besar provinsi Nusa Tenggara Timur yang akhir-akhir ini sering diperbincangkan di berbagai platform online. Berukuran kecil dan hanya dihuni beberapa penduduk, suasana di pulau ini tetap asri.

Karena varietas endemik yang hidup secara lokal di pulau ini sudah terbiasa hidup berdampingan dan saling bersimbiosis mutualisme. Dengan demikian, yang satu dapat memastikan bahwa yang lain memelihara ekosistem kehidupan dengan baik.

Untuk itu, kawasan Pulau Tikus bisa menjadi destinasi rekreasi selanjutnya saat lelah. Pemandangan pantai berpasir putih dan air laut yang jernih bisa menjadi keindahan tersendiri. Belum lagi bebatuan yang menambah keindahan pemandangan, deburan ombak yang memecah di pantai dan menghasilkan suara yang gemulai dan bergema.

Atraksi di Pulau Tikus

Atraksi Pulau TikusKredit gambar: Facebook Meilsi Mansula

1. Padang sabana yang luas

Berada di garis bujur khatulistiwa, membuat Pulau Tikus di Sulamu dipenuhi alang-alang yang tumbuh liar dan menambah kesan asri pulau ini. Karena wisatawan akan disuguhi pemandangan rerumputan yang memenuhi ruangan dan membuat angin pantai yang hangat datang dan pergi dengan bebas.

Tanaman merambat juga membuat pulau ini terlihat oleh mata dari jauh tanpa terhalang oleh vegetasi lain. Apalagi koleksi alang-alang pasti bisa menjadi spot foto yang bagus bagi wisatawan untuk berfoto selfie atau foto bersama teman dan kerabat.

Saat malam tiba, sabana yang gersang mampu menampilkan visual indah berupa warna emas yang diselimuti pemandangan alam lainnya seperti awan dan juga matahari sore yang akan kembali mentari. Diiringi suara hewan nokturnal, tentunya keberadaan sabana di pulau ini dapat memberikan kesan yang lebih estetis kepada pengunjung.

2. Senja yang Menenangkan

Bagi pengunjung yang menyukai sunset, Pulau Tikus bisa menjadi tujuan wisata untuk sekedar menikmati keindahan alamnya. Karena senja selalu menjadi alasan setiap orang menikmati kesendirian, dan pulau ini bisa memberikan jawaban itu.

Sambil membawa kopi atau makanan ringan, pengunjung bisa menghabiskan sore hari di pulau ini tanpa khawatir dengan keadaan sekitar. Karena letaknya yang strategis dan ukuran pulau yang tidak terlalu besar, pulau ini cocok untuk bersantai sambil menikmati secangkir kopi dan beberapa makanan ringan.

Sekali lagi deburan ombak akan membawa serta angin malam yang memenuhi pulau dengan hawa dingin. Oleh karena itu, akan lebih baik jika pengunjung juga siap membawa pakaian hangat seperti jaket atau mantel, agar tidak terpengaruh oleh angin malam yang akan segera tiba.

3. Pantai yang indah

Objek wisata milik pulau TikusKredit gambar: Edyraguapo.blogspot.com

Keistimewaan lain yang terdapat di Pulau Tikus adalah pantainya yang luas dan pengunjung dapat menikmatinya di berbagai tempat. Pengunjung bisa menikmati semua gugusan pantai di pulau ini tanpa harus memusingkan bagian mana yang lebih indah dari yang lain. Karena seluruh bagian pulau ini jelas indah dan nyaman untuk ditinggali.

Dengan ketenangan yang bisa membuat Anda ingin segera menikmatinya, pulau ini dikelilingi oleh pasir putih yang bersih. Hal ini membuat pulau ini menjadi tempat yang ideal bagi pengunjung untuk menikmati keindahan pasir putih dan pemandangan pantai yang indah.

4. Berenang dengan bebas

Pulau ini juga menawarkan wisata selam bagi pengunjung yang senang berenang atau menyelam. Tumbuhan karang yang tersedia di pulau ini sangat beragam sehingga membuat ikan yang hidup di sini betah. Hal itu juga membuat jenis hewan laut yang hidup di sekitar pulau semakin bervariasi dan memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Pengunjung bisa membawa peralatan sendiri atau menyewa peralatan snorkeling dari warga yang tinggal di sekitar pulau, kemudian pengunjung bisa langsung menikmati keindahan bawah laut Pulau Tikus.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau TikusKredit gambar: Edyraguapo.blogspot.com

Untuk menuju ke sana, pengunjung terlebih dahulu harus menempuh perjalanan ke desa terdekat yaitu Desa Sulamu, melalui jalur darat seperti bus umum atau jalur air menggunakan kapal penumpang yang disediakan oleh warga sekitar.

Desa terdekat yang bisa dijangkau oleh pengunjung yang datang dari dan menuju desa Sulamu berjarak sekitar 85 kilometer. Cara yang biasa digunakan wisatawan untuk mengunjungi desa ini adalah dengan kendaraan laut dan memakan waktu sekitar dua setengah jam.

Baru setelah sampai di Desa Sulamu pengunjung akan diminta menaiki perahu angkutan umum yang akan membawa mereka ke pulau tersebut. Pengunjung bisa menuju Pulau Tikus Sulamu Kupang setelah menyebrangi lautan selama 10 menit, kemudian pengunjung bisa menuju pulau yang sangat indah ini.

Akses kendaraan utama yang tersedia di pulau ini hanya perahu, untuk itu diharapkan pengunjung selalu mengingat jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal agar pengunjung tidak tertinggal pulau dan tidak bisa pulang hingga keesokan harinya.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya perjalanan ke Pulau TikusKredit gambar: Google Maps Alfred Abraham

Untuk bisa menikmati keindahan Pulau Tikus, pengunjung tidak dibebani biaya sama sekali. Biaya yang harus dikeluarkan pengunjung adalah biaya akomodasi di laut pada saat pengunjung ingin berkunjung atau setelah pengunjung kembali dari pulau ini.

Rata-rata harga yang ditawarkan pemilik perahu kepada pengunjung sekitar Rp 85.000,00 per trip. Pengunjung bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari itu jika bisa memberikan penawaran menarik kepada pemilik kapal.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Tikus

Kegiatan di Pulau Tikus KupangKredit gambar: Google Maps Yenny Ippi

1. Berenang di laut

Dengan hamparan pantai yang begitu indah, berenang bisa menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung saat berkunjung ke Pulau Sulamu Tikus. Air laut yang jernih dan ombak yang tidak terlalu tinggi akan membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di laut sekitar pulau.

2. Manfaatkan sinar matahari

Karena pulau ini berada di garis khatulistiwa, membuat sinar matahari lebih hangat dibanding daerah lain. Hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri karena pengunjung bisa berjemur lebih lama di pulau ini dibanding di pulau lain yang tidak dilintasi garis khatulistiwa.

3. Bangun rumah pasir

Aktivitas Seru di Pulau Kupang TikusKredit gambar: Google Maps Yenny Ippi

Bagi pengunjung yang merindukan masa kecilnya ketika bisa leluasa membangun istana pasir, kenangan itu bisa dihidupkan kembali saat pengunjung datang ke pulau sukses ini. Bagaimana tidak, dengan hamparan pasir putihnya, sudah pasti membangun istana pasir akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.

4. Memancing

Jika pengunjung memiliki hobi memancing, pulau ini bisa menjadi tempat yang tepat bagi pengunjung. Dengan beraneka ragam hewan laut, kegiatan memancing tentu saja bisa lebih menantang.

5. Bermain layang-layang

Kegiatan ini bisa dilakukan pada sore hari saat matahari belum terlalu terik dan angin sudah menjadi sepoi-sepoi. Pengunjung dapat menerbangkan layang-layang sesuka hati, sambil berlari menjaga layang-layang mengikuti arah angin.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi murah dekat Pulau TikusKredit gambar: Google Maps nopry uttha

1. Resor Bunga Krisan

Dengan banyaknya pilihan kamar dan fasilitas seperti kolam renang, kamar mandi pribadi dan air panas, resort ini bisa menjadi pilihan bagi pengunjung untuk menikmati hari. Harganya yang relatif murah akan membuat pengunjung betah berlama-lama menginap.

2. Hotel Wilma

Memiliki panorama pantai yang khas dengan atap yang terbuat dari daun alang-alang, membuat hotel ini begitu menarik untuk dikunjungi. Pengunjung dapat melakukan reservasi secara online maupun offline yang membuat pengunjung lebih bebas memilih.

3. Aula Clarichie

Hostel di dekat Pulau Tikus Kupang ini berhasil menjadi primadona di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara berkat fasilitas yang disediakan hostel, serta staf yang profesional dan ramah.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di kawasan Pulau TikusKredit gambar: Edyraguapo.blogspot.com

Sebagai tempat wisata yang belum dikenal banyak pengunjung, pemerintah daerah telah membangun banyak fasilitas untuk mendukung sektor pariwisata sehingga semakin banyak wisatawan yang mau singgah di Pulau Tikus.

Salah satunya dengan menyediakan mercusuar di pantai untuk memantau pergerakan kapal yang melintas, serta aktivitas wisata di sekitar pulau.

Selain itu, pemerintah juga membangun toilet umum yang dapat digunakan pengunjung untuk buang air besar atau buang air kecil.

Fasilitas lain yang tak kalah keren adalah tersedianya beberapa bangunan umum yang bisa pengunjung gunakan sebagai tempat tinggal sementara saat pengunjung berada di pulau ini.

Itulah beberapa keunggulan yang ditawarkan Pulau Tikus untuk menyambut wisatawan di bidang kecantikan, infrastruktur, dan fasilitas umum. Keindahan pulau ini tentunya paling enak dinikmati saat pengunjung datang bersama teman, keluarga atau orang tersayang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button