Pantai Marina Dumai, destinasi wisata tepi laut yang indah menawan hati - WisataHits
wisatahits

Pantai Marina Dumai, destinasi wisata tepi laut yang indah menawan hati

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, Riau; Kasus: Cek lokasi

Pantai Marina adalah salah satu tempat wisata terbaik di Dumai, Kepulauan Riau. Selain air lautnya yang jernih mampu menarik perhatian banyak pengunjung, pantai ini juga memiliki beberapa keunikan lainnya. Ada berbagai jenis fasilitas yang lengkap dan tersedia di tempat wisata ini seperti pantai-pantai lainnya pada umumnya.

Pantai ini bisa dijadikan solusi sebagai tempat wisata yang bisa menghilangkan penat setelah lelah beraktivitas. Pantai ini juga menawarkan suasana pemandangan alam yang indah dengan berbagai bebatuan di sekitarnya. Biasanya, orang-orang selalu ramai datang ke pantai pada akhir pekan, tanggal merah atau musim liburan akan datang.

Anda juga bisa melihat pemandangan indah beberapa perahu nelayan mencari ikan di laut, ada juga warga sekitar yang sering datang ke tempat ini hanya untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam. Selain itu dibawah ini juga akan dijelaskan secara detail informasi lengkap mengenai wisata pantai terkenal di Kepulauan Riau ini.

Atraksi Pantai Marina

Atraksi Pantai MarinaKredit gambar: Google Maps Nazaruddin Sahar

1. Kecantikan Alami

Daya tarik utama lokasi wisata berupa pantai, tentunya selalu terletak pada keindahan panorama alamnya. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar pantai untuk merasakan sejuknya semilir angin yang berhembus bersama dengan suara ombak yang besar. Anda juga bisa menikmati pergerakan beberapa pohon kelapa yang menghiasi keindahan pantai ini.

Selain itu, kekayaan alam bawah laut yang dimiliki Pantai Marina tak kalah indahnya dengan wisata lainnya. Ada banyak jenis ikan dan terumbu karang yang terpelihara dengan baik di alam bawah laut. Anda bisa snorkeling bersama rombongan untuk merasakan keadaan laut yang masih terjaga dan menjadikannya pengalaman yang tak terlupakan.

2. Pendidikan wisata zoologi

Pemkot Dumai sendiri akan menambah kebun binatang yang terletak di dekat pantai sebagai bagian dari wisata edukasi. Dengan demikian, setiap pengunjung dapat berlibur menikmati berbagai atraksi wisata dalam satu kota. Kebun binatang ini juga akan menyediakan berbagai hewan khas Indonesia mulai dari burung hingga hewan berbahaya.

Lahan kebun yang memiliki luas sekitar 40 hektar ini akan dibagi menjadi beberapa area yang bermanfaat. Diantaranya adalah kawasan mamalia, kawasan unggas, kawasan satwa liar, kawasan konservasi hingga kawasan pendidikan. Dengan tambahan kebun binatang ini, Anda bisa belajar lebih banyak tentang berbagai hewan langka yang hidup di laut dan di darat.

3. Air laut yang jernih

Daya tarik sebuah pantai juga terletak pada keadaan air lautnya, pengunjung tidak akan datang ke pantai yang air lautnya keruh atau banyak sampah yang mencemari keindahan pantai. Hal ini tentu tidak berlaku untuk Pantai Marina yang memiliki air laut yang jernih dan bersih. Anda bisa menikmati kesegarannya sambil berenang di tepi pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Marina

Alamat Pantai MarinaKredit gambar: Google Maps Budi C Dirgantara

Untuk alamatnya, tempat wisata ini terletak di kota Dumai. Tepatnya berada di kawasan Teluk Makmur di Kecamatan Medang Kampai, Riau. Jika Anda berkendara jauh dari pusat kota, Anda akan menempuh jarak sekitar 20 kilometer untuk sampai ke Pantai Marina. Jalan yang dilalui juga cukup baik sehingga tidak ada risiko saat berkendara.

Pantai yang memiliki luas sekitar 500 meter ini mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum dan online untuk mengunjungi tempat wisata ini. Akan sangat menyenangkan jika Anda mengunjungi pantai bersama rombongan keluarga atau teman dan menginap di hotel selama berhari-hari.

Harga Tiket Masuk Marina Beach Tour

Harga tiket masuk Pantai MarinaKredit gambar: Google Maps Zainas rioki

Tiket masuk Pantai Marina dihitung berdasarkan jenis kendaraan yang masuk saja. Harga tiketnya Rp 10.000 untuk pengguna kendaraan roda dua dan Rp 20.000 untuk yang menggunakan mobil. Jika Anda berkunjung dengan bus, harga tiketnya bisa jauh lebih tinggi. Untuk harga paket liburan cukup bervariasi.

Jika Anda penduduk kota Dumai, mungkin biaya perjalanan ke pantai ini hanya berkisar ratusan ribu. Namun, jika Anda berasal dari pulau yang harus menggunakan pesawat dan membutuhkan biaya makan dan hotel, Anda harus memiliki dana yang besar. Anda akan merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk paket liburan mewah ini.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa dengan leluasa mendirikan tenda di sekitar pantai, sehingga akan meminimalkan biaya. Dengan menginap di tenda, Anda tidak lagi membutuhkan biaya hotel yang mahal. Dalam paket liburan seperti ini, Anda hanya perlu memikirkan biaya transportasi, makan, dan menyewa fasilitas hiburan lainnya.

Untuk jam bukanya sendiri, pantai ini dibuka dengan bebas tanpa batasan waktu. Anda dapat menikmati keindahan pantai dengan mengunjunginya kapan saja. Anda tidak perlu khawatir lagi meskipun datang ke pantai terlalu pagi atau terlalu larut malam.

Hal-hal menyenangkan yang dapat dilakukan di Pantai Marina

Aktivitas seru di Pantai MarinaKredit gambar: Google Maps Ahmad Taufik

1. Olahraga di pantai

Jika Anda berlibur bersama teman-teman, akan sangat menyenangkan untuk melakukan berbagai olahraga di sekitar Pantai Marina. Anda bisa mencoba olahraga seru seperti bola voli atau sepak bola. Dengan melakukan liburan olahraga ini, Anda akan merasa lebih berguna dan berkesan.

2. Berenang

Saat berkunjung ke pantai, tentu tujuan utamanya adalah untuk mandi di sana. Merasakan sejuknya air pantai dengan deburan ombak merupakan perasaan yang tak terlupakan. Anda juga bisa berenang sambil bermain ombak yang mendebarkan. Namun, perhatikan juga batas-batas area saat berenang agar tidak menimbulkan risiko yang berbahaya.

3. Memancing dan jalan-jalan di pantai

Kegiatan ini adalah suatu keharusan ketika mengunjungi pantai manapun. Memancing adalah kegiatan menarik yang paling bermanfaat selama liburan pantai. Anda bisa mencicipi lezatnya ikan yang hidup di perairan ini. Plus, Anda tidak akan menghabiskan terlalu banyak uang untuk menikmati ikan lezat sebagai camilan atau lauk.

Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan Pantai Marina di Dumai sambil berwisata dengan menggunakan perahu. Anda bisa menggunakan bantuan nelayan untuk menyewa perahu dan menjelajahi daerah sekitar pantai yang belum banyak diketahui wisatawan.

4. Ambil gambar

Di zaman modern ini, aktivitas foto menjadi aktivitas utama yang tidak boleh dilewatkan saat liburan ke pantai. Anda perlu memiliki waktu yang tepat untuk mendapatkan latar belakang terbaik untuk beberapa foto yang diambil. Datang ke pantai saat matahari terbit atau terbenam akan membuat foto-foto menjadi lebih elegan dan menarik banyak orang untuk mengoleksinya.

Penginapan murah terdekat dengan pantai

Comforta Hotel DumaiKredit gambar: Twitter Layanan Perjalanan Tautan Langsung LTD

1. Zuri Dumai

Akomodasi terdekat ke Pantai Marina adalah hotel berlayanan lengkap bernama The Zuri Dumai. Anda hanya membutuhkan waktu setengah jam untuk mencapai lokasi wisata dengan jarak 16 kilometer. Hotel ini terlihat sangat mewah dan memiliki desain yang menarik di bagian restoran. Namun, harga sewanya hanya berkisar Rp 350.000 per malam.

2. Comforta Hotel Dumai

Hotel ini juga dapat dicapai dalam waktu setengah jam dengan mobil dari pantai. Anda hanya perlu Rs 300.000 untuk menyewa Comforta Hotel Dumai. Grand hotel ini juga memiliki desain bangunan yang elegan dan berkelas serta fasilitas yang lengkap.

3. Sonaview Hotel

Hotel ini memiliki keindahan tersendiri dimana Anda bisa menikmati suasana kota dan laut dari lantai paling atas. Hotel yang memiliki fasilitas lengkap ini juga memiliki harga sewa sekitar Rp 300.000 per malam.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Marina Dumai

Fasilitas Pantai Marina DumaiKredit gambar: Google Maps Ariiq Daffa

Fasilitas pertama yang dimiliki Pantai Marina adalah tersedianya tempat parkir yang sangat luas. Kawasan ini bisa menampung hingga ratusan sepeda motor dan mobil. Anda dapat dengan bebas memarkir kendaraan Anda dengan aman dan damai sambil menikmati liburan Anda. Oleh karena itu, warga sekitar memberikan biaya parkir untuk setiap pengunjung.

Selain itu, ada juga puluhan gazebo bernama Pondok Kayu yang dibangun oleh anak-anak muda setempat. Pondok kayu ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan para wisatawan dari lelah perjalanan yang telah dilalui. Pondok kayu juga bisa digunakan untuk makan keluarga sambil menikmati semilir angin pantai yang sejuk.

Terakhir, wisata pantai ini juga telah dilengkapi dengan beberapa warung yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman, baik berupa jajanan ataupun masakan tradisional. Dari setiap stand juga terdapat beberapa meja dan kursi untuk bersantai.

Berikut adalah beberapa informasi tentang Pantai Marina yang sangat indah dan terkenal di Dumai. Anda harus mencoba datang ke tempat ini saat berkunjung ke Kepulauan Riau. Anda juga dapat memamerkan keindahannya dengan berbagi foto di media sosial, yang membuat wisata ini semakin terkenal di dunia internasional.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button