Kebun Raya Cibodas - WisataHits
wisatahits

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu kawasan konservasi berbagai jenis tumbuhan dan pepohonan, yang juga sering dijadikan tempat liburan oleh para wisatawan.

Panorama alam yang hadir di tempat ini berkat tumbuh-tumbuhan dan pepohonan, membuat siapapun yang datang ke kebun raya ini merasakan kenyamanan dan ketenangan yang tiada tara.

Buat kamu yang suka berpetualang menikmati keindahan ciptaan Tuhan, yuk ikuti petualangan Kebun Raya Cibodas berikut ini.

kebun raya cibodas-bogor

Sekilas tentang Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas, Kebun Cibodas, atau ada yang menyebutnya Kebun Raya Cibodas, merupakan kawasan konservasi sekaligus objek wisata yang keberadaannya sudah lama dikenal wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pada akhir pekan dan hari libur, lokasi kebun raya ini biasanya akan dipenuhi oleh ratusan pelancong yang ingin menikmati keindahan kebun raya bersama teman, pasangan, dan keluarga.

Menurut data sejarah, Kebun Raya Cibodas dibangun oleh seorang ahli botani dari negeri kincir angin bernama Johanes Elias Teijsman.

Teijsman yang sangat peduli dengan alam khususnya tumbuhan dan hewan membuka kebun raya ini dengan tujuan awal sebagai tempat penanaman pohon kina.

kebun raya cibodas-top-bogor

Namun, setelah proses penanaman dan perawatan, kina tidak tumbuh seperti yang diharapkan. Setelah diteliti, ternyata masalahnya terletak pada kecenderungan kina tidak bisa tumbuh di lahan yang curah hujannya bisa mencapai 2.380 mm per tahun, seperti di kawasan kebun raya.

Akhirnya rencana awal penanaman pohon kina di taman ini disulap menjadi tempat menanam berbagai jenis tanaman tropis seperti pakis dan tumpeng.

Sejauh ini di Kebun Raya Cibodas terdapat sekitar 1.206 tanaman dan pepohonan dari berbagai jenis yang bisa dinikmati pengunjung.

Objek Wisata Kebun Raya Cibodas

sejarah-dua-taman-cibodas

cukup sulit untuk dideskripsikan keindahan Kebun Raya Cibodas dengan kata-kata. Saking sulitnya, seorang ahli fisiologi tumbuhan Belanda bernama Dr. FW. Alla bahkan menjuluki Botanical Garden ini julukan surga surganya untuk menggambarkan secara singkat apa yang ada di Botanical Garden ini.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di kawasan Kebun Raya Cibodas, pengunjung atau wisatawan akan disambut dengan segarnya udara yang mengelilingi kawasan ini.

Terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, sekitar 1.300 hingga 1.425 meter di atas permukaan laut, suhu udara di kawasan ini berkisar antara 17 hingga 27 derajat Celcius. Dan seperti yang kita ketahui, suhu udara di angka ini pasti sangat sejuk dan akan sangat menyejukkan tubuh.

Dilanjutkan menyusuri setiap area Kebun Raya Cibodas, pengunjung akan melihat pemandangan padang rumput dan nuansa hijau dari tanaman dan pepohonan yang memenuhi area Kebun Raya.

kebun raya cibodas-cianjur-bogor

Di tempat yang tidak terlalu jauh, suasana semakin eksotis dengan pemandangan perbukitan yang tampak hijau.

Bagi Anda yang tidak ingin berlama-lama bisa langsung mengunjungi beberapa kawasan yang menjadi spot favorit yang biasanya selalu dipadati pengunjung.

Setiap daerah memiliki tumbuhan dan pepohonan yang berbeda jenisnya, dan tentunya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

Dan di akhir petualangan, Anda juga bisa beristirahat sambil menikmati sejuknya suasana air terjun yang terletak tidak jauh dari kawasan Kebun Raya Cibodas.

Spot favorit di Kebun Raya Cibodas

Berikut beberapa tempat favorit yang bisa Anda kunjungi selama liburan di Kebun Raya Cibodas:

Taman Sakura

kebun raya sakura cibodas

Tempat pertama yang sangat populer di kalangan pengunjung dan tentunya tidak boleh dilewatkan adalah taman bunga sakura ini.

Seperti namanya, taman ini berisi ratusan pohon sakura dari 7 varian yang bisa tumbuh di Kebun Raya Cibodas.

Uniknya, jika di Jepang bunga sakura mekar hanya setahun sekali, maka di Kebun Raya Cibodas bunga sakura akan mekar dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Jadi, jika Anda ingin melihat bunga sakura bermekaran dengan indah, Anda bisa memilih periode liburan selama bulan-bulan tersebut.

Ketat

cibodas-kedua-taman-rumah kaca

Tempat favorit selanjutnya yang harus kamu kunjungi adalah tempat rumah kaca ini. Tempat ini berisi tidak kurang dari 350 kaktus dan 360 anggrek yang tumbuh subur.

Selain itu, di rumah kaca ini juga dikumpulkan 4.000 tanaman lainnya. Ada juga bunga bangkai raksasa yang tumbuh tidak jauh dari tempat rumah kaca ini berada.

taman lumut

Dinamakan taman lumut karena di taman ini terdapat berbagai jenis lumut. Bahkan, di sini Anda akan menemukan sekitar 235 jenis lumut yang bisa dijadikan objek atau background foto.

Area Auracarua Avenue

Kebun Raya-cibodas-Auracarua-Avenue

Titik fokus kawasan ini sebenarnya adalah sebuah kolam renang berukuran besar yang bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat atau menyegarkan tubuh.

Lalu yang membuat tempat ini unik dan menarik adalah keberadaan pohon auracarua avenue yang konon berusia sekitar 150 tahun dan tumbuh di kanan kiri jalan yang mengarah ke sebuah kolam besar.

Baca juga: Museum Zoologi Bogor

Taman Rhododendron

cibodas-taman-taman-rhododendron

Jika Anda ingin melihat berbagai jenis tanaman yang berasal dari luar Indonesia, maka Rhododendron Garden adalah tempatnya.

Di sini Anda bisa menemukan tanaman dari Jepang, China dan tentunya Indonesia.

Jalan air

Wahana ini memang sengaja disiapkan oleh direktur Kebun Raya Cibodas sebagai tempat atau tempat bermain anak-anak.

Wahana ini berupa jalur air yang airnya berasal dari Gunung Gede Pangrango, sehingga sangat jernih dan segar.

Wahana ini sering digunakan sebagai tempat berendam atau bermain air oleh pengunjung anak-anak dan dewasa.

Baca juga: Kebun Raya Purwodadi

Air Terjun Cibeureum

Kebun Raya-Cibodas-Air Terjun-Cibeureum

Keberadaan air terjun Cibeureum secara tidak langsung menjadi daya tarik tersendiri yang mengundang banyak wisatawan untuk datang ke Kebun Raya Cibodas.

Meski berada di luar kawasan Kebun Raya, jaraknya tidak begitu jauh sehingga pengunjung yang datang ke Kebun Raya Cibodas juga selalu menyempatkan diri untuk datang ke lokasi air terjun ini.

Selain daya tarik di lokasi air terjun, sensasi pendakian melalui jalan setapak atau track yang menghubungkan kebun raya Cibodas dengan lokasi air terjun Cibeureum yang cukup sulit menjadi tantangan tersendiri. .

Bagi Anda yang suka mendaki, maka tentunya sajian lezat yang satu ini tidak boleh dilewatkan.

Alamat Kebun Raya Cibodas

cibodas-kedua-taman-harga tiket

Kebun Raya Cibodas merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Alamat lengkapnya di Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Jika Anda datang dari Jakarta, untuk sampai ke lokasi kebun raya ini, Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam.

Sedangkan yang datang dari pusat kota Cianjur, perjalanan ke Kebun Raya bisa dilakukan dalam waktu sekitar 1 jam.

Jam Buka Kebun Raya Cibodas

Berbeda dengan Taman Safari Bogor, Kebun Raya Cibodas hanya dibuka untuk kunjungan wisatawan pada siang hari. Jam operasionalnya adalah pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Baca juga: Kebun Binatang Gembira Loka

Harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas

Harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas terbaru tahun ini adalah Rp 16.500 per orang. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 16.000 untuk roda empat.

tiket masuk cibodas-kedua-taman

Fasilitas dan Wahana Kebun Raya Cibodas

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, pengelola telah menyiapkan berbagai fasilitas dan wahana di lokasi Kebun Raya Cibodas.

Beberapa fasilitas umum yang tersedia di tempat wisata ini antara lain:

  • bangunan seperti gazebo
  • tempat berlindung
  • Kamar mandi
  • ruang sholat
  • Tempat parkir
  • Luas permukaan bumi perkemahan 3 hektar

Selain itu, di sini juga tersedia gerai makanan dan minuman serta kios yang menjual berbagai jenis makanan khas Indonesia.

Terakhir, ada juga alat transportasi yang disebut wara-wiri untuk berkeliling Kebun Raya dengan harga tiket hanya Rp 10.000.

cibodas-botani-taman-tutup-jam berapa

Baca juga: Kebun Raya Bogor

Maka berakhirlah petualangan kami di Kebun Raya Cibodas Cianjur. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi informasi atau kegiatan yang bisa anda lakukan selama liburan di Kebun Raya Cibodas.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button