Keunikan Padang Sumatera Barat - WisataHits
wisatahits

Keunikan Padang Sumatera Barat

Keunikan Padang Sumatera Barat

Simak ulasan Kota Padang, Makanan Padang, Wisata Padang dan Keunikan Padang Sumatera Barat di artikel berikut ini.

Kota Padang, Sumatera Barat

Siapa yang belum pernah mendengar Kota Padang?

Kota Padang merupakan salah satu kota terbesar di Sumatera. Padang adalah ibu kota provinsi Sumatera Barat, terkenal dengan makanan, budaya, pariwisata dan hiburannya. agama-miliknya.

Mungkin sebagian besar orang Indonesia mengenal kota Padang karena masakannya yang sangat lezat lezat seperti Rendang yang merupakan makanan Indonesia yang terkenal.

Namun di balik masakannya yang sangat lezat, ada kota legenda “Malin Kundang” dan “Siti Nurbaya” Memiliki karakter unik yang berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia.

Apa kekhasan Padang?

Padang memiliki banyak keunikan yang mungkin belum Anda ketahui. Keunikan Padang Sudah menjadi makanan khas Padang, Sumatera Barat yang juga menjadi ikon kota Padang.

Pada kesempatan ini tur yang bagus akan membahas beberapa keunikan Padang Sumatera Barat yang mungkin tidak Anda temukan di kota lain. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Inilah 7 Keunikan Padang, Sumatera Barat

1. Memiliki gaya arsitektur yang khas

Rumah-Gadang-sebagai-Unik-Padang-Sumatera Barat

Rumah Gadang adalah rumah adat Minangkabau yang merupakan rumah adat. Rumah Gadang memiliki arsitektur khas yang terletak pada bentuk puncak atap yang meruncing menyerupai tanduk kerbau.

Karena keunikannya, gaya arsitektur rumah gadang telah menjadi inspirasi bagi bangunan di dunia yang berbeda. salah satunya adalah Rumah Lima Indra yang berada di Belanda.

Akomodasi Rumah Lima Indra ini tercatat di Guinness Book of Records karena atap jerami yang lebar.

Hingga saat ini, gaya rumah Gadang masih mudah ditemukan di daerah Padang dan sekitarnya. Masyarakat Padang masih mempertahankan gaya arsitektur rumah gadang yang memiliki desain dan kesenian khas seperti tanduk kerbau.

2. Punya tempat wisata yang keren

Lembah-Anai-Padang-Sumatera Barat

Terletak di pesisir barat pulau Sumatera dan di dataran tinggi, Padang memiliki tempat wisata yang cukup lengkap. Dari pantai, air terjun, lembah, danau dan juga wisata religi.

Beberapa di antaranya adalah bagian dari wisata yang pernah terjadi di seluruh dunia, seperti pemandangan Danau Singkarak. Danau ini terkenal memiliki perlombaan balap sepeda internasional yang melintasi Danau Singkarak.

Dan untuk wisata alam keren lainnya, Anda akan menemukan Lembah Anai, Pulau Sikuai, dan Pulau Pagang. Bagaimanapun, Padang adalah salah satu daerah wisata di Indonesia yang memiliki banyak tempat untuk dijadikan tempat wisata.

3. Memiliki transportasi umum paling tidak biasa di dunia

Angkutan umum yang keren dan unik

Salah satu kekhasan Padang Sumatera Barat adalah jumlah angkot yang sangat keren. Angkot di Padang sangat unik dan jernih.

Saat liburan ke kota Padang, jangan kaget melihat angkutan umum yang keren. Hampir semua angkutan umum di kota Padang telah dimodifikasi untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin.

Jika angkutan umum tidak dihias, orang tidak akan mau menggunakannya. Meski ada siswa yang naik angkot tanpa dekorasi, mereka dicap jelek oleh teman-temannya.

Angkutan umum di kota Padang dihias seperti mobil modifikasi di TV atau majalah. Modifikasinya pun bermacam-macam, mulai dari penggunaan stiker unik, penuh musik dengan suara di mana-mana, sampai bingkai diubah.

Berbagai informasi didapat, biaya modifikasi mobil angkut sangat mahal. Tapi itulah yang membuat Padang unik.

Dengan transportasi dan modifikasi yang berwarna-warni, menjadi ciri khas transportasi kota Padang yang juga unik bagi pariwisata Indonesia saat berkunjung ke Padang.

4. Anak Padang sayang ibu

Orang-Ilahi-Cinta-Mama

Anak-anak di lapangan sejak kecil mempelajari legenda Malin Kundang yang durhaka kepada orang tuanya. Kisah Malin Kundang sudah terkenal di seluruh Nusantara.

Sebelum tidur, mereka dikisahkan agar jika berhasil, mereka tidak akan melupakan ibu mereka yang telah melahirkan dan membesarkan mereka. Akibatnya, anak-anak Padang sangat mencintai ibunya agar tidak dikutuk menjadi batu.

Di Padang, anak-anak sangat mencintai ibu mereka, itu adalah kewajiban. Karena di kota Padang tingkat keislaman sangat tinggi.

Adat istiadat yang berhubungan dengan Islam juga sangat tinggi, sehingga banyak hal baik yang diajarkan kepada anak-anak Padang. Ini adalah salah satu kekhasan Padang, di Sumatera Barat.

5. Memiliki jam dengan hanya dua motor di dunia

Jam-Gadang-Unik-Padang-Sumatera Barat

Berhenti di Padang tidak lengkap kecuali Anda berhenti di Jam Gadang yang merupakan ikon dari Sumatera Barat.

Tahukah Anda bahwa hanya ada dua mesin yang digunakan untuk menggerakkan jam ini di dunia, yaitu Jam Gadang, Padang dan Big Ben di Inggris.

Dan yang cukup unik adalah tulisan angka empat pada jam Gadang. Jika biasanya angka 4 dalam bahasa Romawi ditulis IV, maka saat ini ditulis IIII.

Jadi jam gadang ini merupakan ciri khas kota Padang yang secara tidak langsung menjadi ciri khas Indonesia karena dengan adanya jam gadang ini hanya ada 2 di dunia.

6. Anak muda sering menjadi perantau

Muda-muda-Padang-yang-mengembara

Ibarat air yang mengalir dan tidak tinggal di genangan, inilah yang dialami anak muda Padang. Mereka dituntut untuk mengembara sejauh mungkin agar berhasil seperti air yang terus mengalir, bukan air yang tergenang hingga menjadi keruh.

Sebelum pergi ke luar negeri, anak muda harus memiliki dua bekal, yaitu perlengkapan dapur dan kaki goyang (jahit). Memasak adalah keterampilan yang diturunkan dari generasi ke generasi dalam keluarga Minang.

Maka jangan heran jika di daerah Anda ada pendatang Padang yang pandai memasak dan akhirnya membuka warung makan khususnya warung makan Padang.

Itu sebabnya restoran Padang hampir ada di setiap sudut nusantara, bahkan di luar negeri.

7. Tidak Ada Restoran Padang

Padang-Restoran

Meskipun terkenal dengan masakannya dan hampir di setiap kota di Indonesia bahkan di luar negeri. Tapi di Padang tidak ada rumah makan Padang.

Sepanjang jalan Anda tidak akan menemukan warung atau rumah makan yang disebut rumah makan Padang atau rumah makan Padang. Yang akan Anda temukan adalah restoran sederhana dan lainnya yang menyajikan masakan khas Padang tentunya.

Padahal, jika Anda berwisata ke kota selain Padang, mudah sekali menemukan restoran di Padang yang memiliki ciri khas tersendiri.

Khas restoran Padang, bagian depan restoran terbuat dari kaca dan hidangannya ditata di atas piring yang ditata dan terlihat dari luar. Ini akan membangkitkan selera orang-orang yang lewat.

Baca juga: Pemandangan & Tengara di Padang

Demikian informasi tentang 7 keunikan padang sumatera barat yang sebenarnya terjadi di Padang, Sumatera Barat. Versi Wisatabagus yang paling unik adalah tidak adanya rumah makan Padang. Semua orang hanya menyebut restoran di Padang. Meski hampir di setiap pelosok Indonesia ada, restoran di Padang ini memang ada.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button