Air terjun Lau Berte, pesona air terjun super jernih di Langkat - WisataHits
wisatahits

Air terjun Lau Berte, pesona air terjun super jernih di Langkat

Harga tiket: Rp40.000 Jam operasional: 07.00-17.00 WITA, Alamat: Beliteng, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Lau Berte merupakan salah satu wisata alam ekstrim yang terletak di Kabupaten Langkat. Dikatakan ekstrim bukan tanpa alasan, tentunya karena butuh perjalanan panjang untuk melewatinya. Selain itu, akses jalan atau medan jauh dari kata baik, namun tetap sulit dan layak untuk dikunjungi.

Tempat wisata berupa air terjun memang selalu menarik untuk dikunjungi. Keindahan alamnya tidak bisa diremehkan, meski lokasinya jauh di pedesaan. Dari sekian banyak air terjun yang ditemukan, kebanyakan terletak jauh di pedalaman. Untuk mengunjunginya tidak hanya dibutuhkan ilmu fisika purba, tetapi juga perbekalan yang cukup.

Meski sebagian besar tidak mudah untuk dikunjungi, namun banyak yang masih penasaran dengan keindahannya. Bukan hanya keindahan air terjunnya saja, melainkan keindahan alam di sekitar lokasi. Misalnya pepohonan hijau yang rimbun selalu memanjakan mata. Tanpa melupakan kontur bebatuan yang membuatnya semakin eksotis.

Daya tarik air terjun Lau Berte

Air Terjun Lau BerteKredit gambar: Google Maps Bima Rusdiansyah

Setiap objek wisata memiliki daya tarik yang memikat para wisatawan, termasuk Air Terjun Lau Berte. Bagi yang belum pernah mengunjunginya, sangat penting untuk memperhatikan daya tarik yang dimilikinya. Itu karena butuh waktu yang sulit untuk sampai ke sana, jangan kecewa karena tidak sesuai harapan.

1. Pesona Air Terjun Lau Berte

Pesona dan keindahan menjadi daya tarik utama yang patut mendapat perhatian. Air terjun di Langkat ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter dengan debit air yang cukup besar. Karena cukup lebar, terlihat seperti tirai putih yang terbentang dari jauh. Cekungan sebagai aliran air terakhir sebelum jatuh terlihat jelas dan mempesona.

Air Terjun Lau Berte tidak hanya memiliki satu aliran, melainkan dua aliran. Air terjun lainnya terletak tidak jauh dari air terjun utama, Anda bisa melihat keduanya dari satu tempat. Namun air terjun kedua tidak terlalu lebar dan aliran airnya rendah. Pada musim kemarau seringkali tidak ada air yang mengalir atau hampir tidak terlihat.

2. Suasana asri dan hijau

Memang air terjun menjadi daya tarik utamanya, namun bukan berarti tidak ada hal menarik lainnya yang bisa dilihat di sini. Di lokasi, Anda akan merasakan suasana tenang berkat vegetasi rimbun yang mengelilinginya. Saat panas pun terkadang tidak terasa, karena sinar matahari tidak bisa menembus ke tempat tersebut.

Suasana asri dan damai ini tidak hanya didapat saat tiba di Air Terjun Lau Berte, tapi juga selama perjalanan. Meski berat dan panjang, perjalanannya tidak terlalu terasa. Pasalnya, selama perjalanan selalu ditemani rindangnya pepohonan. Hamparan sawah dan perkebunan masyarakat juga turut menghijaukan suasana.

3. Batu Eksotis

Atraksi air di air terjun Lau BerteKredit Gambar: Google Maps Ma Gints

Keindahan air terjun ini semakin lengkap dengan bebatuan yang tersebar di berbagai tempat. Ukurannya bervariasi, tetapi sebagian besar cukup besar. Wisatawan yang berkunjung menggunakan batu ini sebagai titik penopang, baik untuk bersantai maupun beristirahat sejenak setelah lelah berenang dan bermain air.

Uniknya, bebatuan ini mengelilingi kolam yang berada di bawah air terjun. Perpaduan vegetasi hijau di sekitar lokasi dan putihnya air terjun Lau Berte semakin lengkap dengan warna cokelat bebatuan eksotis tersebut. Di sepanjang aliran sungai juga tak luput dari bebatuan alam yang berserakan hampir memenuhi lintasan.

4. Kolam air yang luas dan jernih

Hampir semua air terjun di Indonesia memiliki kolam tepat di bawahnya. Tambak ini terbentuk secara alami yang akan dialirkan ke hulu di sungai. Air terjun Lau Berte juga memiliki kolam, bahkan kolamnya cukup besar dengan air yang sangat jernih. Karena airnya yang lembut, tidak sedikit wisatawan yang mandi.

Namun perlu diperhatikan bahwa debit air cukup besar dan terkadang air meluap. Anda harus berhati-hati saat berenang atau bermain di air. Plus, kolam ini juga cukup dalam, jadi pastikan Anda melihat berenang. Sangat disarankan untuk hanya bermain air saat berkunjung ke tempat wisata alam di Langkat ini karena jauh lebih aman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Lau BerteKredit Gambar: Google Maps A Seng

Air Terjun Lau Berte terletak di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Jika Anda berangkat dari Langkat pusat, akan memakan waktu sekitar 2 jam 30 menit. Wajar kenapa cukup lama, karena jarak yang Anda tempuh sekitar 78 kilometer.

Namun jangan khawatir, perjalanan dijamin tidak akan membosankan karena banyak sekali pemandangan yang indah, apalagi saat mendekati tempat wisata tersebut. Rute yang paling mudah adalah melalui Jalan Lintas Sumatera kemudian dilanjutkan ke Jalan Sungai Wampu. Ikuti terus jalan raya tersebut hingga tiba di Jalan Namu Ukur.

Tujuan selanjutnya adalah menuju desa Rumah Galuh yang jaraknya sekitar 10 kilometer. Untuk menuju air terjun Lau Berte, sangat disarankan untuk menyewa pemandu. Tidak hanya sebagai panduan, tetapi juga untuk menemukan akses jalan terbaik. Mengingat sebagian besar medan terjal, layanan yang mereka berikan sangat penting.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Lau Berte

Harga Tiket Masuk Air Terjun Lau BerteKredit Gambar: Google Maps A Seng

Obyek wisata yang juga dikenal dengan Air Terjun Lau Bertu ini dikelola dengan sangat baik oleh warga setempat. Memasukinya tentu tidak gratis, anggap saja sebagai biaya perawatan. Seorang pengunjung yang datang harus membayar tiket sebesar 40.000 rupee. Memang cukup mahal, namun harga tersebut sudah termasuk biaya parkir.

Selain itu, harga di atas juga sudah termasuk biaya pemandu untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Silakan kunjungi objek wisata di Langkat ini pada jam buka yaitu pukul 07:00 hingga 17:00. Jika cuaca tidak mendukung, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan manajemen.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Lau Berte

Kegiatan menarik di Lau BerteKredit gambar: Google Maps Tantowi Zauhari

Yang membuat air terjun ini menarik untuk dikunjungi tentu tidak lengkap jika tidak ada aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Beberapa kegiatan mungkin sama dengan air terjun di tempat lain. Lebih lengkapnya, berikut aktivitas menarik di Air Terjun Lau Berte!

1. Tracking Air Terjun Lau Berte

Perjalanan yang harus Anda tempuh dari tempat parkir menuju tempat wisata ini cukup jauh, sekitar 1 jam perjalanan. Itupun hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, cukup melelahkan tentunya. Namun bagi yang menyukai tantangan, perjalanan seperti ini justru menjadi kegiatan yang menarik.

Selain itu, medan yang dianggap sulit untuk ditaklukkan. Perjalanan dimulai melewati perkebunan dan persawahan penduduk setempat. Kemudian memasuki kawasan hutan yang tidak terlalu lebat, namun sudut kemiringannya hampir 90 derajat. Anda juga harus menyeberangi sungai yang merupakan aliran air terjun.

2. Berenang dan bermain air

Jangan lupa manfaatkan kolam air terjun Lau Berte untuk aktivitas seru, seperti berenang atau bermain air. Kedalaman lumayan di tepi kolam, tidak disarankan di tengah atau di bawah air terjun. Jika Anda tidak pandai berenang, bermain air saja untuk merasakan kesejukan.

3. Berburu spot foto

Apa pun yang Anda lakukan di air terjun yang luar biasa ini, jangan lupa mengabadikannya. Banyak keindahan yang kamu dapatkan disini, yang paling utama adalah air terjunnya sendiri. Berdiri di atas batu sambil terlihat sedikit gaya dijamin menghasilkan bidikan yang memuaskan. Tempat lain yang cocok dijadikan latar foto adalah hamparan sawah hijau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan air terjun Lau BerteKredit gambar: Google Maps Tantowi Zauhari

Karena dikelola dengan baik, air terjun Lau Berte memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tapi ingat, fasilitas ini bukan di lokasi utama, melainkan tempat Anda memarkir kendaraan. Fasilitas yang dimaksud antara lain toilet atau kamar mandi, mushola, dan warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman.

Indonesia dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Tidak hanya oleh penduduk lokal, tetapi juga oleh orang asing. Alangkah baiknya jika kita melestarikannya dan menjaganya bersama-sama. Contoh sederhananya adalah ketika berkunjung ke air terjun Lau Berte, sebaiknya membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak habitat yang ada.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button