Pulau Tegal Mas, Tempat Wisata ala Maladewa di Pesawaran Lampung - WisataHits
wisatahits

Pulau Tegal Mas, Tempat Wisata ala Maladewa di Pesawaran Lampung

Pulau Tegal Mas merupakan salah satu objek wisata bahari yang menakjubkan di Pesawaran, Lampung. Sebuah pulau yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan, terutama keindahan bawah lautnya yang mampu memukau para wisatawan yang berkunjung.

Harga tiket: Rp40.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Gebang, Kec. Lapangan Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Tahukah Anda bahwa Lampung menyimpan kekayaan berupa keanekaragaman biota laut dan terumbu karang di sebuah pulau bernama Pulau Tegal Mas. Keberadaannya digadang-gadang sebagai wujud kecantikan yang tak kalah dengan Maldavis.

Hamparan pasir putih, luasnya perairan laut, perbukitan hijau yang menghiasi pulau menjadi magnet yang tak bisa dipungkiri. Tenang, nyaman, eksklusif, itulah gambaran kondisi di sana. Sangat cocok untuk siapa saja yang mencari tempat untuk berbaur dan juga menjauh dari hiruk pikuk kota untuk sementara waktu.

Berbagai hal menarik bisa dilakukan, kelengkapan infrastruktur juga menjadi nilai plus. Selami keindahan laut, menginap dan nikmati indahnya malam, ada rekomendasi yang bisa menjadi pilihan rencana liburan terbaik Anda.

Tempat Wisata Pulau Tegal Mas.

Tegal Mas.  Atraksi PulauKredit gambar: Google Maps Hensil Thomas

1. Pemandangan bawah laut

Pulau Tegal Mas sejak awal kemunculannya dianggap sebagai harta Lampung. Kehidupan biota bawah laut dan terumbu karang merupakan kekayaan yang dihadirkan untuk melengkapi pesona pulau kecil ini. Tak heran jika pengunjung datang untuk berburu keindahan.

Ada banyak jenis biota yang hidup di bawah laut Pulau Tegal Mas. Terumbu karang juga hidup tanpa campur tangan tangan-tangan jahil, sehingga ikan-ikan kecil dapat berkeliaran dengan bebas tanpa perlu khawatir akan diusir. Air lautnya juga selalu jernih tanpa polusi dari bahan kimia yang merusak tingkat kejernihannya.

2. Pemandangan air laut

Karena kawasan wisata ini berbentuk pulau atau kepulauan kecil, maka lingkungan sekitarnya tentu saja dikelilingi oleh perairan yang besar. Gradasi warna hijau dan biru terlihat begitu jelas hingga bisa mengekspos isinya. Bagi siapa saja yang datang untuk melihat keindahan ini, tentu tidak akan bisa menahan diri untuk tidak berenang untuk menyelam ke dalam air laut yang sejuk.

Karena merupakan kawasan konservasi, tentunya perawatan dan pemeliharaannya sangat ketat, agar kawasan perairan selalu terlihat bersih, bebas polusi dan limbah yang tidak dapat terurai. Kejernihan dan kesegaran airnya tetap terjaga, pengunjung bisa menikmatinya tanpa khawatir. Namun, keindahan ini adalah tanggung jawab bersama, jadi jagalah kebersihan dan bebas polusi.

3. Perbukitan Hijau Pulau Tegal Mas.

Selain hamparan pasir putih yang membentang dari ujung pulau ke ujung lainnya, juga terdapat perbukitan hijau yang indah. Keberadaannya menjadi penetralisir pemandangan laut yang panas dan menyengat. Pepohonan yang rimbun tumbuh di sebuah bukit membentuk dataran pulau Tegal Mas.

Mengapa ada bukit hijau di tengah laut yang hangat? Tentu bukan tidak mungkin karena topografi pulau ini berupa perbukitan dengan dataran di tengah lautan. Tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi pengelola, untuk menarik dan menawarkan pengalaman yang berbeda selama kunjungan dan kunjungannya.

4. Masjid Terapung

Pernahkah Anda melihat bangunan masjid terapung sebelumnya? Jika tidak, datanglah ke Pulau Tegal Mas. Objek wisata ini menarik banyak perhatian, karena keunikannya. Bahkan tak hanya bagi umat Islam, non-Muslim pun tak kalah penasaran untuk mengunjunginya.

Selain sebagai tempat ibadah, masjid terapung ini juga digunakan untuk tujuan mengunjungi wisatawan yang datang ke sini. Pemandangan yang diperlihatkan dari sudut serambi masjid begitu mempesona, sehingga semua pasti tergiur untuk melihatnya. Meski awalnya tempat ini dibangun untuk melengkapi fasilitas umum bagi pengunjung, kini menjadi salah satu tujuan kunjungan.

5. Hiu macan tutul

Keindahan pulau eksotik ini ternyata menjadi tempat ikan predator, yaitu hiu macan tutul. Penampakannya sering terlihat di sekitar pulau, berenang berkelompok dengan kawanan. Namun jangan khawatir atau panik, karena hewan ini hanya lewat dan tidak menyerang pengunjung yang datang mengunjunginya.

Spesies hiu macan tutul yang hidup di pulau ini juga sudah teridentifikasi dan tergolong jinak, kelompok ini hanya memakan ikan-ikan kecil yang tumbuh di bawah laut, keberadaannya justru menunjukkan betapa buruknya ekosistem bawah laut pulau ini yang masih alami dan terjaga dengan baik.

Alamat, Lokasi, Rute dan Perkiraan Biaya Pulau Tegal Mas.

Alamat pulau Tegal Mas.Kredit gambar: Google Maps Hensil Thomas

Bagi anda yang baru pertama kali mendengar tentang Pulau Tegal Mas, tentunya anda akan bertanya dimana alamat lengkapnya. Destinasi wisata ini terletak di kawasan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Bagaimana menuju ke sana? bagi yang berasal dari daerah luar kota atau provinsi disarankan untuk segera melakukan perjalanan ke daerah Pesawaran.

Rute yang bisa ditempuh untuk menuju lokasi dimulai dari kawasan perkotaan Bandar Lampung. Melalui jalan Jalan RE Martadinata, lanjutkan perjalanan hingga ke suatu titik di dekat perairan pantai Tirtayasa. Setelah itu jangan berhenti, perjalanan masih harus dilanjutkan, arahkan kendaraan ke jalan Pantai Ratu Artha.

Setelah sampai di kawasan Pantai Ratu Artha, lanjutkan mengemudikan kendaraan Anda hingga menemukan pintu masuk Pantai Sari Ringgang. Jarak dari titik ini sekitar 1,5 ke lokasi pulau Tegal Mas, tentunya penyeberangan dengan bantuan kapal pendamping. Perjalanan akan terbentang dengan panorama yang mempesona hingga akhirnya tiba di surga alam yang menjadi tujuan utama.

Bagi Anda yang berencana liburan ke pulau ini, biaya masuk per orangnya hanya sekitar Rp 40.000 saja. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya parkir, sewa peralatan, makan dan akomodasi. Untuk itu, diharapkan mereka benar-benar merencanakan anggaran yang lebih banyak, agar tidak kehabisan uang saat berada di sana.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di pulau Tegal Mas.

Tegal Mas.  Aktivitas pulauKredit gambar: Google Maps Anna Isnantika

1. Snorkeling dan Menyelam

Sudah di situs, Anda tidak tahu kegiatan apa yang harus dimulai? jelajahi pesona bawah lautnya dengan snorkeling dan menyelam. Anda tidak memiliki peralatan untuk kegiatan ini, jangan khawatir, persewaan lengkap tersedia. Khawatir? Tidak berpengalaman? tenang, ada juga guide yang siap menemani anda menjelajahi keindahan bawah laut Pulau Tegal Emas.

Menyelam lebih dalam, berinteraksi dengan biota laut yang indah dan unik, ini adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. Tentunya Anda tidak akan menyesal, karena keindahan dan keanekaragaman biota bawah laut dan terumbu karangnya telah dikenal luas karena eksotisme dan kealamiannya oleh banyak orang. Kegiatan menarik ini menjadi daftar rekomendasi utama saat tiba di sana.

2. Lakukan olahraga air

Melakukan olahraga air bisa menjadi pilihan aktivitas yang menarik untuk dilakukan. Bermain banana boat atau jet sky adalah salah satu dari sekian banyak pilihan yang bisa dinikmati di sana. Semua sarana prasarana pendukung juga tersedia lengkap dari pengelola.

Jika Anda ragu untuk membayar biaya tambahan untuk menyewa alat tersebut, maka Anda bisa berenang di area resminya. Airnya yang sangat segar dan juga jernih tentunya sangat cocok untuk kegiatan ini. Tidak perlu takut tersapu ombak atau dihantam ombak, karena airnya tenang dan tidak berbahaya, aman untuk dilihat siapa saja kecuali anak-anak.

3. Berburu Foto

Berburu foto merupakan kegiatan wajib yang sayang untuk dilewatkan. Keindahan pemandangan alam dan juga perairannya tentu sayang untuk tidak diabadikan. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat yang bagus dan cocok untuk dijadikan objek utama. Dimana saja tempat-tempat menarik tersebut? Anda dapat menggunakan semua bagian dari pulau eksotis ini, pesona tidak ada yang tidak baik.

Bisa dari perbukitan hijau atau melihat pemandangan dari perairan. Jika ingin melihat lebih banyak pemandangan, gunakan perahu yang ada di persewaan dan ambil foto-foto terbaik dan menakjubkan dari penampilan pulau sesuka hati. Tentu saja ini surganya para fotografer yang puas dengan objek alam yang indah dan eksotis.

Penginapan murah terdekat dengan Tegal Mas.

Mas Pengan Pulau TegalKredit gambar: Google Maps Bintang Pahawang

1. Tegal Mas – Pondok Pulau

Penginapan seperti cottage ini terletak di sektor pulau yang indah ini. Desain yang ditawarkan lebih modern dengan fasilitas khusus seperti di hotel. Dibangun dengan struktur split level, dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung untuk menjamin kenyamanan penyewa.

Dua tipe yang ditawarkan yaitu Sai Batin dan Coastal Cottages, keduanya memiliki harga yang berbeda. Untuk tipe Sai Batin, setiap kamar dapat menampung 2 orang dengan biaya menginap per malam sekitar Rp 2.000.000,-. Sedangkan untuk tipe pantai bisa menampung sekitar 3 orang per kamar dengan biaya Rp 1.700.000 per malam.

2. Villa Pulau Tegal Mas

Tersedia juga pilihan akomodasi dengan tipe villa. Pilihan ini sangat cocok untuk Anda yang datang bersama keluarga, karena fasilitasnya sangat user friendly. Ada dua pilihan tipe yang bisa disewa yaitu villa dengan 2 kamar tidur dan juga 3 kamar tidur.

Untuk tipe dengan 2 kamar tidur dapat ditempati oleh 8 orang, dengan kisaran biaya yang harus dibayar per malamnya sekitar Rp 4.000.000,-. Sedangkan untuk tipe yang memiliki 3 kamar tidur dapat diisi oleh 10 orang dengan biaya yang lebih murah yaitu sekitar Rp 5.000.000,- per malam.

3. Rumah Lombok, Pulau Tegal Mas

Akomodasi dengan desain rumah Lombok termasuk dalam kategori eksklusif. Desain dibuat menggunakan kayu sebagai bahan utama, lokasinya dibagi menjadi 3 area. Melalui pembagian lokasi tersebut diberikan sebutan atau nama yang berbeda.

Pertama ada mas Lombok kapasitas 6 orang, biaya yang dibutuhkan Rp 3.000.000 per malam. Kedua, namanya Lombok Laut juga untuk kapasitas 6 orang, tapi harganya lebih mahal sekitar Rp 4.000.000 per malam. Ketiga, ada rumah Lombok Agung, kapasitas dan harga sama dengan laut Lombok, hanya lokasinya yang berbeda.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pulau Tegal Mas Lampung

Fasilitas Pulau Tegal Mas, LampungKredit Gambar: Google Maps vera rachma

Fasilitas yang tersedia disana sangat lengkap dan terawat, mulai dari tempat persewaan, toilet, tempat ibadah atau mushola, dll. Infrastruktur seperti gazebo dan bentuk lainnya juga dibangun untuk memudahkan kunjungan wisatawan.

Pulau Tegal Mas, tidak akan ada habisnya membicarakan keindahan alam yang terdapat di sana. Semua sudutnya dicat dengan indah dan terawat dengan baik agar kealamiannya tetap terasa. Jika Anda tertarik untuk berkunjung, segeralah menganggarkan biaya yang maksimal agar Anda bisa leluasa menjelajahi pesonanya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button