Para seniman kreatif di DKI Jakarta didorong untuk membuat Dodol Betawi menjadi dapur kekinian - WisataHits
wisatahits

Para seniman kreatif di DKI Jakarta didorong untuk membuat Dodol Betawi menjadi dapur kekinian

Piknikdong.com – Kemenparekraf mendorong para pelaku ekonomi kreatif di DKI Jakarta untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam kreasi aneka kuliner khas sehingga mampu menghadirkan kuliner yang berkualitas dan berdaya saing.

Salah satu kuliner khas Jakarta yang bisa dikreasikan adalah Dodol Betawi.

Para seniman kreatif di DKI Jakarta didorong untuk membuat Dodol Betawi menjadi dapur kekinianKemenparekraf mendorong seniman kreatif asal DKI Jakarta untuk membuat Dodol Betawi menjadi dapur kekinian

Dengan tujuan mendorong inovasi dan kreasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan OASE (Organisasi Aksi Solidaritas) Kabinet Indonesia Maju menyelenggarakan Magister Masak Bersama (MASAMO) X OASE Kabinet Indonesia Maju pada ” Dodol Betawi Delight” di Kawasan Setu Babakan, DKI Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Penasihat Dharma Wanita Kemenparekraf (DWP) Kemenparekraf Nur Asia Uno di sela-sela kegiatan (MASAMO) X OASE Kabinet Indonesia Maju mengatakan, dodol merupakan makanan khas Betawi.

Dengan sentuhan inovasi dan kreasi akan menambah nilai Dodol Betawi sebagai masakan kekinian yang diminati oleh masyarakat luas khususnya generasi muda.

“Saya penggemar dodol, saya mencoba dodol yang kemasannya sangat bagus dan dibungkus seperti coklat yang bisa langsung dimakan.

Jadi anak-anak milenial ini bisa suka dodol, dodol disajikan dengan kemasan modern dan tentunya juga dengan rasa yang berbeda,”

ujar Nur Asia Uno.

Untuk varian rasa, kata istri Menparekraf Sandiaga Uno ini, harus ada varian rasa yang lebih memikat.

Jika sebelumnya ada kreasi rasa durian dan cempedak, mungkin bisa ditambahkan rasa lain seperti coklat, keju dan lain-lain.

“Dengan adanya acara ini, kami dapat membuka kesempatan bagi mahasiswa yang ingin mempelajari budaya Betawi.

Di Kemenparekraf kami akan membantu dalam hal packaging atau pengemasan, karena pembuat dodol itu seperti penjahit, nanti baru bisa bikin dodol, kemasannya nanti beda atau misalnya ada desainer yang bikin jahitannya bagus”,

ujar Mpok Nur, sapaan akrab Nur Asia Uno.

Subsektor Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Muhammad Neil El Himam menjelaskan bahwa sektor kuliner merupakan subsektor penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif terbesar.

Subsektor kuliner menyumbang Rp 455,44 triliun atau sekitar 41% dari total PDB ekonomi kreatif tahun 2020 atau Rp 1,134 triliun.

“Di sini (Setu Babakan) juga merupakan destinasi wisata sejarah dan kuliner, budaya Betawi merupakan icon budaya kota Jakarta.

Betawi menawarkan berbagai kuliner unik yang memikat lidah dan dinikmati banyak orang. Dodol Betawi merupakan salah satu kuliner khas Jakarta yang memiliki cita rasa yang khas”,

dia berkata

Untuk acara ini, lanjut Neil, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menggandeng siswa dari PKK DKI Jakarta dan SMK Tata Boga Jakarta.

Sinergi ini bertujuan untuk memberikan dampak yang lebih besar terhadap produk olahan dodol yang dapat dikreasikan kembali.

“Kami berharap teman-teman PKK dan SMK dapat berpartisipasi dalam meramaikan kembali Dodol Betawi sebagai kuliner kekinian dengan kreasi “Dodol Betawi Delight” yang dibimbing oleh chef Norman Ismail”,

dia berkata.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button