Pulau Pahawang, Wisata Bahari Terindah di Pesawaran Lampung - WisataHits
wisatahits

Pulau Pahawang, Wisata Bahari Terindah di Pesawaran Lampung

Pulau Pahawang salah satu destinasi wisata bahari terbaik di Pesawaran, Lampung. Pulau eksotis yang menawarkan keindahan bawah laut ini siap memukau siapa saja yang berkunjung.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Desa Pahawang, Kec. Marga Punduh, Kab. Pesawaran, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Apakah Anda pecinta pantai eksotis dengan terumbu karang yang kaya? Maka Anda harus mencoba datang ke Pulau Pahawang. Pulau yang terletak di kabupaten Pesawaran Lampung ini terkenal dengan keindahan hutan bakau, pantai pasir putih, air jernih, gerombolan ikan badut dan keindahan terumbu karang.

Ada 2 pulau yang berdekatan di Pulau Pahawang, yaitu Pahawang Kecil dan Pahawang Besar. Pulau kecil itu milik orang asing dan tidak terbuka untuk umum. Sedangkan pulau besar terbuka untuk wisatawan. Pulau ini adalah tempat Anda dapat mengunjungi dan menghabiskan liburan Anda.

Anda bisa menggunakan paket wisata untuk mengunjungi Pulau Pahawan. Tapi memilih untuk bepergian sendiri atau ransel tentu bisa menjadi pilihan yang menarik. Berikut informasi lengkap objek wisata, harga tiket, lokasi, rute, akomodasi dan fasilitas terdekat yang bisa dinikmati di Pulau Pahawang.

Atraksi Pulau Pahawang

Aktivitas Pulau PahawangKredit gambar: Twitter bolosewu

1. Hutan mangrove yang menawan

Begitu Anda memasuki kawasan wisata pulau ini, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijaunya hutan mangrove. Deretan hutan bakau di sepanjang pantai menunjukkan betapa alaminya Pulau Pahlawan.

Hutan mangrove pulau ini dilindungi oleh peraturan desa yang siap menghukum siapa saja yang merusak keindahan hutan mangrove. Berkat peraturan yang ketat tersebut, hutan mangrove Pulau Pahawang tumbuh subur dan menjadi habitat bagi berang-berang Mangrove Jack. Tentu saja, itu juga menjadi habitat berbagai ikan.

Meski begitu, daun dan buah mangrove dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk membuat olahan makanan dan jajanan dari mangrove. Pemanfaatan ini juga dilakukan dengan baik tanpa mengeksploitasi hutan mangrove.

Beberapa makanan olahan berbahan dasar mangrove antara lain dodol bakau, sirop bakau, dan keripik bakau. Produk olahan ini hanya bertahan 3 hari karena diproses secara alami tanpa bahan pengawet. Untuk memanfaatkannya, wisatawan harus memesan jauh hari sebelumnya karena hanya dibuat sesuai pesanan.

2. Keindahan pasir putih

Berkunjung ke pantai tentu tidak lengkap tanpa bermain pasir atau berjalan-jalan tanpa alas kaki di atas pasir. Apalagi di atas pasir putih lembut yang berkilauan. Pada waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa berjalan di atas jembatan pasir putih yang muncul saat air surut.

3. Terumbu karang yang eksotis

Inilah yang menjadi magnet wisata Pulau Pahawang ini. Keindahan dan kekayaan berbagai jenis terumbu karang tercermin dari jernihnya air laut, serta ikan-ikan karang berwarna-warni yang berenang di sekitar terumbu karang. Tentu saja, Anda bisa menikmati eksotisme ini dari dekat sambil menyelam.

Beberapa jenis karang seperti anemon, karang otak, karang seroja, karang berkapur dan karang merah. Terumbu karang ini merupakan habitat ikan laut seperti ikan naso, kerang biru, ikan nyongnyong, dan ikan tempala. Dan yang paling menarik adalah ikan badut atau lebih dikenal dengan ikan nemo.

Beberapa instalasi buatan sengaja ditenggelamkan di laut oleh pihak pariwisata. Bentuknya bermacam-macam mulai dari gapura, candi atau sekedar tulisan “Pulau Pahawang” dan sejenisnya. Selain sebagai penambah keindahan alam dasar laut, juga merupakan habitat ikan laut. Tentunya bisa menjadi spot foto yang menarik.

Alamat dan Arah Lokasi Pulau Pahawang

Alamat Pulau PahawangKredit gambar: Twitter TabikPun_IM3MetroJago

Pulau Pahawan terletak di Desa Pahawang, Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Perjalanan dari pusat kota Bandar Lampung menuju pulau cantik ini memakan waktu sekitar 2 jam menggunakan jalur darat dan laut.

Berikut adalah rute yang harus diikuti untuk menuju Pulau Pahawang dari Bandar Lampung, pelabuhan, terminal, dan bandara terdekat.

  • Dari Pelabuhan Bakauheni – Menuju Terminal Rajabasa dengan bus selama 3 jam – Menuju Pasar Bawah Ramayana menggunakan angkutan umum menuju Rajabasa Tanjung Karang selama 30 menit – Menuju Gudang Garam menggunakan angkutan umum Tanjung Karang Teluk Betung – menuju dermaga Ketapang menggunakan angkutan umum hingga 1 jam – pergi ke pulau Pahawang dengan menyewa perahu selama 20-30 menit.
  • Dari Bandar Lampung dengan kendaraan pribadi – menuju selatan ke dermaga Ketapang selama 49 menit – ke pulau ini dengan kapal sewaan selama 20-30 menit.
  • Dari Bandara Radin Inten – ambil Sumatra Causeway selama 53 menit – ambil Jalan Raya Way Rata selama 35 menit – menuju Dermaga Ketapang – menuju Pulau Pahawang dengan kapal carter selama 20-30 menit.

Estimasi Biaya Perjalanan ke Pulau Pahawang, Lampung

Biaya Pulau Pahawang LampungKredit gambar: Google Maps raldy dhe vega

Tiket masuk wisata Pulau Pahawang tidak dipungut biaya alias gratis. Anda hanya membayar biaya sewa perahu dan biaya sewa untuk beberapa wahana yang termasuk dalam wisata pulau ini. Berikut rincian biaya yang harus Anda bayarkan.

  • Sewa kapal dari Dermaga Ketapang ke Pulau Pahawang 30.000
  • Snorkeling atau menyelam 50.000
  • Perahu Pisang 30.000
  • Sewa sepeda 15.000/jam

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Pahawang

Aktivitas di Pulau PahawangKredit gambar: Google Maps dedi suseno

1. Snorkeling atau menyelam

Sebagai tempat wisata terindah di pulau dengan terumbu karangnya yang kaya, Anda tentu tidak boleh tidak mengaguminya dari dekat. Anda tidak perlu khawatir dengan peralatan snorkeling, karena Pahawang Island Tour menyediakan penyewaan peralatan.

Setelah puas menikmati terumbu karang di permukaan, cobalah menyelam lebih dalam atau menyelam di sekitar Pulau Legundi dan Pulau Tanjung Putus, di sana Anda akan menemukan gua bawah laut dan bangkai kapal yang menjadi rumah bagi kumpulan ikan laut berwarna-warni.

2. Berinteraksi dengan Ikan Nemo

Saat snorkeling, jangan lupa mampir ke spot snorkeling yang bernama Taman Nemo. Tempat ini mendapatkan namanya dari fakta bahwa itu adalah habitat ikan badut, yang dikenal sebagai ikan Nemo. Anda bisa mendekati ikan jingga dan putih ini tanpa menyelam terlalu dalam.

3. Bersepeda keliling pulau

Anda tidak ingin bermain basah-basahan dan lebih suka menikmati keindahan pantai? Anda dapat memilih untuk bersepeda di sekitar pulau. Anda bisa menemukan persewaan sepeda di kawasan wisata Pulau Pahawang dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Jogging dalam perjalanan di hutan mangrove

Tidak lengkap rasanya mengunjungi pulau eksotis ini tanpa mencicipi keindahan hutan mangrove yang masih lestari. Pengelola wisata pulau ini telah menyiapkan jalur pejalan kaki khusus yang membelah hutan mangrove. Tentu asik menikmati suara omabk di balik gemerisik dedaunan pohon bakau.

5. Menyeberang ke pulau kecil

Terdiri dari beberapa pulau, pulau di sekitar Pahawang juga dikelilingi oleh pulau-pulau kecil lainnya. Pulau-pulau tersebut antara lain Pulau Kelagian Kecil, Pulau Kelagian Besar, dan Pulau Tanjung Patah. Masing-masing pulau ini tentu memiliki pemandangan eksotis yang berbeda.

Di Pulau Kelagian kecil, kondisi alamnya masih sangat alami dengan pasir putih yang sangat halus. Tempat ini tidak terlalu ramai pengunjung sehingga sangat sepi untuk beraktivitas di sini.

Berbeda dengan Pulau Kelagian yang besar, fasilitas di pulau ini lebih lengkap sehingga banyak pengunjung yang datang ke pulau ini. Pulau ini menjadi tempat favorit bagi keluarga karena airnya yang tidak terlalu dalam.

Lanjutkan ke Pulau Tanjung Putus, untuk menuju kesana anda bisa melalui jembatan pasir putih alami. Uniknya, jembatan ini akan hilang tertutup air laut saat air pasang. Tentunya akan menjadi pengalaman seru untuk menyeberangi pulau dengan berjalan kaki di tengah laut.

6. Main banana boat dan sofa boat

Menikmati terumbu karang di Pulau Pahawang tidak perlu menyelam. Karena perairannya yang dangkal dan jernih hanya bisa dinikmati dari permukaan laut, untuk itu pengelola menyediakan fasilitas berupa banan boat dan sofa boat.

Asyiknya olahraga air sambil menikmati deburan ombak menggunakan banana boat dan sofa boat keluarga. Dengan menyewa banana boat Anda akan diajak berkeliling pulau-pulau sekitar selama 30 menit. Sebuah banana boat dapat menampung 6 orang.

7. Mencicipi ikan laut di pantai

Puas bermain air dan pasir, saatnya istirahat mengisi perut. Anda bisa menikmati makan malam di tepi pantai sambil memanggang atau membakar hasil tangkapan laut.Berbagai biota laut seperti ikan, cumi dan udang yang masih segar siap mengisi perut Anda.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Pahawang

Akomodasi di Pulau PahawangKredit gambar: Google Maps Chintia Berliana

1. Resor Villa Andreas

Villa Andreas Resort terletak di kawasan wisata Pulau Pahawang. Dibangun tepat di atas laut dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam dari kamar tidur. Harganya bervariasi mulai dari Rp 2.750.000 hingga Rp 3.600.000 per malam. Satu kamar dapat menampung 4 hingga 6 orang. Sudah termasuk sarapan.

2. Villa La Nadiya

Villa La Nadiya juga terletak di pulau eksotis ini. Harga bervariasi dari Rp 1.085.000 hingga Rp 4.900.000. Satu rumah dapat menampung 4 hingga 27 orang. Vila ini menawarkan kano gratis dan Wi-Fi gratis. Pengunjung juga bisa menyewa perahu.

3. Keluarga angkat Tuan Selamat

Homestay Pak Selamat terletak di tengah pemukiman penduduk di Pulau Pahawang. Harga yang dikutip cukup murah yaitu Rp 400.000 per malam. Semua fasilitas rumah telah disediakan seperti tempat tidur, dapur, dan kamar mandi.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Pahawang, Lampung

Fasilitas Pulau PahawangKredit gambar: Twitter ISK

Pulau ini telah dikelola sebagai tempat wisata. Bahkan masuk dalam salah satu destinasi paket wisata Lampung. Hal ini membuat fasilitas dan akomodasi di Pulau Pahawang cukup lengkap. Hal ini juga didukung oleh masyarakat sekitar pulau yang menyediakan fasilitas tersebut.

Fasilitas yang disediakan antara lain:

  • Toilet
  • Tempat beribadah
  • tempat-tempat untuk makan
  • Pemandu wisata
  • Kebutuhan sehari-hari
  • Akomodasi
  • Penyewaan peralatan snorkeling, diving, sepeda dan banana boat

Saat berkunjung ke Pulau Pahawang, pastikan pada waktu yang tepat saat tidak ada ombak besar dan tinggi. Periode ini biasanya antara Mei dan Agustus. Ombak yang tenang tentu membuat aktivitas olahraga air di pulau ini semakin optimal dan seru. Demikian informasi lengkap tentang Pulau Pahawang, selamat berlibur.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button