Pulau Semak Daun Jakarta - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Semak Daun Jakarta – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Semak Daun merupakan salah satu pulau terindah di gugusan Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau tak berpenghuni yang kaya akan pesona seperti berada di pulau pribadi.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 635.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Cek lokasi

Pulau Semak Daun adalah tujuan wisata yang begitu memikat. Meski pulau ini tidak begitu besar, keindahannya sangat prima di peringkat Kepulauan Seribu. Nama pulau ini terinspirasi dari lingkungan sekitar kawasan, yaitu adanya perdu berbentuk daun yang cukup umum.

Keadaan di sekitar tempat wisata ini sangat unik dan terlihat begitu indah. Hal inilah yang membuat destinasi ini banyak diminati oleh banyak wisatawan, terutama yang ingin menikmati wisata alam. Memang tidak jarang para pelancong asing menjadikan pulau ini sebagai tujuan mereka saat liburan di Indonesia, tepatnya di sekitar Jakarta.

Anda harus tahu bahwa orang-orang di sekitar lokasi wisata akan menyambut Anda dengan ramah. Mereka menerapkan sikap ini tanpa membedakan asal pengunjung, baik lokal maupun asing. Liburan di Pulau Semak Daun pasti akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Sebab, suasana tempat ini akan memberikan kesegaran dan ketenangan yang tidak semua tempat ada.

Daya tarik Pulau Semak Daun

Atraksi Pulau Semak DaunKredit gambar: Google Maps Upang Tan

1. Suasana tenang

Saat Anda berkunjung ke pulau ini, Anda akan merasakan ketenangan dari segala hiruk pikuk yang ada di tengah kota. Apalagi pasir yang ditemukan dengan warna putih bersihnya membuat tempat ini semakin menarik untuk dijadikan pilihan liburan. Air lautnya terlihat berwarna biru kehijauan, seolah mengajak wisatawan untuk bermain air atau mandi.

Perlu Anda ketahui bahwa tanah di Pulau Semak Daun tergolong subur, sehingga sangat cocok untuk ditanami berbagai jenis tanaman. Perairannya juga cukup segar, anda tidak perlu khawatir memiliki air tawar, karena di pulau ini sumber air tawar cukup banyak.

2. Tempat bersih

Tempat wisata ini masih tergolong bersih. Hal ini tidak mengherankan, karena kawasan ini belum banyak dihuni orang. Sehingga tidak terjadi pencemaran yang mencemari lingkungan. Selain itu pengelola juga selalu memperhatikan kebersihan tempat wisata ini, agar setiap orang yang berkunjung merasa nyaman.

Sebagian besar area tempat ini ditumbuhi berbagai jenis pohon, perdu dan banyak tumbuhan liar yang merambat. Adanya berbagai macam tumbuhan menyebabkan udara di sekitar selalu alami dan terasa segar. Ditambah lagi, ditambah dengan perawatan yang baik, tempat ini terlihat begitu bersih dan enak dipandang.

3. Matahari terbenam yang indah

Atraksi di Pulau BushKredit gambar: Google Maps Upang Tan

Selain panorama laut yang indah, Pulau Semak Daun juga dikenal sebagai tempat yang tepat untuk menikmati sunset. Bagi wisatawan yang berasal dari daerah sekitar dapat memperkirakan waktu tempuh ke tempat ini, sehingga dapat menikmati momen tersebut.

Sedangkan wisatawan yang datang dari luar daerah tidak perlu khawatir karena pada malam hari mereka dapat mendirikan tenda untuk berkemah di tempat ini. Pengunjung juga bisa membuat api unggun untuk menghangatkan tubuh saat angin malam mulai bertiup.

4. Penangkaran penyu

Destinasi wisata ini juga menjadi tempat penangkaran penyu, khususnya jenis penyu sisik. Jenis ini tergolong terbatas di wilayah Indonesia. Lokasi ini merupakan salah satu dari tiga tempat penangkaran penyu lainnya di kawasan Kepulauan Seribu.

Wisatawan yang berkunjung dapat berkeliling lokasi untuk melihat bagaimana penyu hidup di sini. Pengunjung juga bisa mempelajari bentuk dan ciri penyu sisik sekaligus. Jadi liburan ini juga bisa menjadi kesempatan untuk memperkaya pengetahuan Anda tentang hewan.

Alamat, lokasi, rute dan biaya perjalanan ke Pulau Semak Daun

Alamat Pulau Daun SemakKredit gambar: Google Maps Upang Tan

Pulau Semak Daun terletak di dekat Jakarta yang merupakan bagian dari rangkaian pulau Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jadi, bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, tidak perlu khawatir jika ingin menikmati sensasi wisata alam tanpa harus menempuh perjalanan yang jauh. Jika Anda tidak menggunakan sarana transportasi sendiri, Anda dapat menggunakan transportasi umum, seperti bus umum.

Untuk menuju destinasi wisata ini, Anda bisa memulai perjalanan dari Marina Ancol yang akan dilanjutkan ke Pulau Pramuka. Perjalanan akan memakan waktu 3-4 jam. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan dengan waktu tempuh 40-60 menit.

Perjalanan dari Pulau Pramuka menuju Pulau Semak Daun membutuhkan transportasi berupa perahu kecil. Biaya yang dibutuhkan untuk menyewa perahu ini cukup mahal sekitar Rp 600.000 hingga Rp 800.000. Biayanya menyesuaikan dengan besar kecilnya muatan perahu.

Wisatawan yang berkunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 35.000, namun jika membutuhkan peralatan listrik tertentu maka harus membayar biaya sewa kepada penjaga pantai. Biaya tergantung pada jenis dan jumlah peralatan yang akan Anda gunakan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Semak Daun

Aktivitas menarik di Pulau Semak DaunKredit gambar: Google Maps Upang Tan

1. Snorkeling

Bagi Anda yang tertarik dengan aktivitas bawah laut, Anda bisa melakukan aktivitas wisata ini sendirian. Anda dapat menikmati keindahan pemandangan di bawah permukaan laut dengan snorkeling. Kegiatan ini sangat cocok dilakukan di tempat ini, karena air di pulau ini terlihat jernih, sehingga ekosistem yang ada dapat terlihat dengan jelas.

2. Menikmati keindahan matahari terbenam

Wisatawan yang berkunjung dapat bersantai di tepi pantai sambil menikmati keindahan matahari terbenam di kolam renang. Kegiatan ini merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung tempat ini, karena keindahannya mampu memukau siapa saja.

3. Perkemahan

Pulau ini dikenal sebagai tempat yang cocok untuk dipilih sebagai tempat berkemah. Jadi bagi Anda yang menyukai kegiatan ini, Anda bisa mencobanya di tempat ini. Anda bisa bermalam di kawasan ini bersama keluarga atau teman. Aktivitas ini adalah satu-satunya pilihan jika Anda ingin bermalam, karena tidak tersedia akomodasi di Pulau Semak Daun.

Namun, bagi Anda yang ingin berkemah, Anda harus mempersiapkan sendiri segala perlengkapan yang akan digunakan untuk berkemah. Mendirikan tenda di pinggir pantai pasti akan sangat menyenangkan. Apalagi ditemani dengan suara deburan ombak yang terlihat begitu sejuk akan membuat pengalaman camping Anda semakin berkesan.

4. Memancing di dermaga

Aktivitas menarik di Pulau Semak DaunKredit gambar: Twitter Laras Prahyawita

Saat Anda berada di pulau ini pada malam hari, Anda bisa sedikit bosan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memancing di sekitar dermaga. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan bintang di langit dari dermaga. Bahkan tak jarang dermaga ini dijadikan sebagai background untuk berfoto.

5. Berjalan-jalan di sepanjang pantai

Pengunjung yang ingin menikmati suasana pulau ini dapat melakukannya dengan berjalan kaki mengelilingi pulau. Aktivitas ini bisa Anda lakukan pada sore hari sambil menunggu indahnya matahari terbenam.

Saat berjalan-jalan, Anda tidak perlu khawatir tersesat, karena ukuran pulaunya relatif kecil. Perasaan lembutnya pasir pantai akan lebih terasa saat berjalan tanpa alas kaki. Sehingga Anda bisa menikmati liburan Anda lebih maksimal di tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Semak Daun, Jakarta

Fasilitas Jakarta Leave IslandKredit gambar: Google Maps Upang Tan

1. Listrik

Listrik yang tersedia di tempat ini tidak seperti di tempat lain. Jadi bagi Anda yang ingin menggunakan fasilitas tertentu yang menggunakan listrik, Anda harus memesan dan menyewanya dari pengelola wisata.

2. Area parkir

Pengunjung yang menggunakan alat transportasi sendiri dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir yang tersedia. Area yang digunakan sebagai tempat parkir cukup luas, sehingga cukup untuk menitipkan kendaraan milik wisatawan.

3. Tempat istirahat

Pulau Semak Daun juga dilengkapi dengan rest area. Dengan demikian, wisatawan yang datang dapat mengistirahatkan tubuh di sini setelah berwisata ke pulau ini. mereka dapat beristirahat sambil memanfaatkan udara segar di sekitar dan memanfaatkan persediaan mereka atau membelinya di sekitar.

4. Kamar mandi

Pengunjung yang datang tidak perlu khawatir dengan kondisi air yang tersedia di fasilitas ini. Sebab, pihak pengelola telah memastikan air yang tersedia adalah air bersih. Adanya lingkungan yang terpelihara dengan baik, maka Anda sebagai wisatawan harus ikut menjaga kebersihan, misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

5. Kios

Meski pulau ini belum banyak dihuni oleh banyak orang, beberapa warung telah didirikan di sekitarnya yang menyediakan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan wisatawan yang berkunjung. Beberapa yang tersedia antara lain minuman kemasan, snack, atau makanan yang bisa diisi ulang saat perut mulai lapar.

Pesona Pulau Semak Daun inilah yang memukau wisatawan untuk berkunjung. Alamnya yang selalu asri dan penampilannya yang begitu indah mampu membuat setiap orang yang datang betah untuk menghabiskan waktu di tempat ini. Untuk itu jika anda berkunjung ke pulau ini, anda juga harus ikut membantu menjaga keindahan lingkungan agar daya tarik tempat ini selalu terjaga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button