Pantai Batu Bengkung Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Batu Bengkung Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Batu Bengkung menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis di Malang. Pantai-pantai indah dengan panorama Samudera Hindia menjadi tujuan liburan yang populer.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Malang adalah tujuan wisata utama di Jawa Timur. Mulai dari edukasi, wisata gunung, petik di alam, taman buatan, air terjun, pantai. Salah satu destinasi favorit, Pantai Batu Bengkung memiliki pesona yang tak tertahankan.

Pantai ini terletak di wilayah selatan Kabupaten Malang. Lokasinya dekat dengan beberapa area pantai. Memiliki pesona tebing karang yang indah dengan pepohonan rindang di atasnya, dan ombak yang cukup tinggi.

Warna pantainya biru cerah dengan nuansa hijau tosca yang berbatasan dengan pantai. Sering digunakan sebagai tempat kegiatan mengumpulkan masyarakat atau mahasiswa dari perguruan tinggi Malang. Tentunya masih banyak lagi atraksi, keunikan dan lain-lain yang bisa Anda temukan di Batu Bengkung.

Tempat Wisata di Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu BengkungKredit gambar: Google Maps Aji 55

1. Kolam Karang

Keunikan dan daya tariknya jarang ditemukan di tempat lain, yaitu kolam alami di tepi laut, warna airnya pirus, jernih dan asin. Bentuknya cekungan dengan kedalaman sekitar 1,5 meter di bibir pantai. Dipisahkan dari laut oleh batu karang sebagai pembatas.

Air kolamnya berasal dari laut yang terbawa ombak tinggi di pantai eksotis ini. Ada juga ikan-ikan kecil yang diangkut ke sana. Biasanya digunakan sebagai tempat mandi oleh pengunjung. Karena ombak pantai di sana sangat tinggi, sehingga tidak memungkinkan Anda untuk berenang langsung di laut.

2. Pemandangan alam

Saat Anda memasuki kawasan pantai Batu Bengkung, Anda akan dibuat takjub dengan pesona pemandangan alamnya. Bebatuan seperti tebing di tengah laut memecah ombak dengan indah. Apalagi pepohonan yang tumbuh di sana juga menambah manisnya pesona eksotisnya.

Pasir putihnya sangat luas dan lembut, bisa digunakan untuk duduk dan berjemur. Warna lautnya biru dan terlihat tenang. Ombaknya begitu indah dengan tendangan yang cukup tinggi. Selain itu, ada gradien hijau tosca yang bisa Anda nikmati.

Alamat dan Arah Menuju Pantai Batu Bengkung

Alamat Pantai Batu BengkungKredit gambar: Google Maps Meta aditya pratiwi

Alamat lengkap Batu Bengkung adalah Jalan Lintas Selatan, RT. 42RW. 06, Desa Gajahrejo, Kabupaten Gedangan, Malang, Jawa Timur. Jika Anda datang dari luar kota, Anda bisa mengambil rute terbaik dari kawasan Kota Malang. Ada dua pilihan rute yang bisa ditempuh.

Rute pertama yang bisa Anda pilih adalah Jalan Turen selatan kawasan Sumbermanjing Wetan. Dari sini Anda akan menemukan pertigaan dengan rambu yang menunjukkan arah ke Goa Cina dan Bajulmati. Sampai memasuki jalan yang dipenuhi banyak pantai.

Dari tempat ini jika melihat tulisan Pantai Bajulmati berarti setelah 3 kilometer anda akan sampai di lokasi. Menuju ke barat, rute Anda akan sedikit berkelok-kelok melewati banyak gunung, namun jalannya sudah beraspal. Maka Anda akan segera tiba di pantai Batu Bengkung yang dituju.

Rute kedua bisa melalui arah kota Malang menuju Gondanglegi. Kemudian di pertigaan pasar Gondanglegi yang terdapat pos polisi, belok kiri. Ikuti terus arah jalan utama hingga sampai di Tugu Pasar Wonokerto, ambil arah lurus ke selatan. Sampai jumpa di daerah Bantur, dan ikuti rambu-rambu jalan.

Saat sampai di perempatan menuju pantai Balekambang, silakan belok kiri dan ikuti jalan utama. Pantai ini terletak sebelum pantai Bajulmati jika datang dari arah barat. Jalur ini lebih aman dan nyaman, karena akses jalan lebih mulus dan mudah dilintasi. Selain itu anda juga bisa mencoba dari arah Kepanjen ke Gondanglegi dan seterusnya sama.

Perjalanan menuju lokasi dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi roda dua atau empat. Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa menyewanya di dekat akomodasi di kawasan Kota Malang. Ada juga angkutan umum berupa bus (Damri) yang mengantar Anda ke pantai, Anda bisa menemukannya di terminal Arjosari.

Harga Tiket Masuk Area Pantai Batu Bengkung

Harga Tiket Masuk Pantai Batu BengkungKredit gambar: Google Maps Aiumbrod

Malang memiliki pesona wisata alam pegunungan, edukasi, kawasan konservasi dan pantai eksotis yang selaras dengan perawatan dan keindahan. Pantai Batu Bengkung adalah salah satu pantai favorit di Malang.

Lokasinya berada di bagian selatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pantai indah ini buka 24 jam sehari tanpa jam tutup. Harga tiket untuk setiap tour mulai dari Rp 10.000 untuk masuk, belum termasuk biaya parkir. Untuk kendaraan yang parkir tidak menginap, Rp 5.000,- sedangkan yang menginap Rp 10.000,-.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Batu Bengkung

Aktivitas Menarik di Pantai Batu BengkungKredit gambar: Google Maps Widodo Xpdc

1. Perkemahan

Garis pantai yang panjang melengkung dan pasir putih yang luas membuat wisata Batu Bengkung menjadi tujuan yang tepat untuk berkemah. Banyak pengunjung yang merupakan anak muda, bermalam dengan tenda dan api unggun. Tak jarang juga dijadikan sebagai tempat beraktivitas Di luar organisasi kampus di Malang.

Suasana pantai di malam hari memang sangat indah, ditambah lagi dengan pemandangan langit yang cerah dengan sedikit taburan bintang dan cahaya bulan. Saat air surut Anda juga akan melihat pesona laut yang indah.

2. Menikmati matahari terbenam

Kalian masing-masing harus menjadi pemburu matahari terbenam di luar rumah. Sangat cocok jika Anda mengunjungi Pantai Batu Bengkung saat senja. Pemandangan yang didambakan terlukis di pinggiran hamparan air yang luas dari pantai.

Anda yang memutuskan untuk menikmati keindahan sunset bersama orang tersayang ditemani deburan ombak pantai telah memilih tempat yang tepat. Keindahan tebing karang, pepohonan, laut biru yang luas ditambah dengan cahaya matahari terbenam yang biasanya berwarna kekuningan, akan memberikan pengalaman yang luar biasa.

3. Berenang di kolam alami

Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang sangat tinggi dan cukup berbahaya. Tingginya mencapai sekitar 2-3 meter dengan setiap pukulan. Pengelola juga menyarankan untuk tidak melakukan aktivitas di tengah laut karena berpotensi buruk bagi keselamatan.

Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa berenang di kolam alami di tepi Pantai Batu Bengkung. Itu keunikannya, yang tidak ditemukan di banyak tempat lain. Warnanya hijau toska dengan rasa asin seperti air laut, untuk menikmatinya pastikan datang saat air pasang.

4. Panjat tebing karang yang indah

Pantai ini dikelilingi oleh tebing karang tinggi yang ditumbuhi pepohonan rindang. Pemandangan ini memecah hamparan air laut yang luas dan menambah keindahannya.

Pengunjung bisa naik ke atas dan melihat laut dari atas. Untuk mengaksesnya, Anda harus melewati jalan sempit terlebih dahulu, yang sisi kanan dan kirinya ada tali untuk berpegangan. Anda harus berhati-hati melintasinya, karena tergelincir cukup berbahaya.

5. Olahraga pantai

Hamparan pasir pantai yang luas bebas hambatan menjadikan Pantai Batu Bengkung ideal untuk berkemah. Selain itu juga dapat digunakan sebagai tempat berolahraga, seperti voli pantai, dll.

Bersama keluarga atau teman, Anda bisa bermain bola voli atau sepak bola ditemani suara deburan ombak yang menenangkan. Anda bisa menyiapkan alat seperti bola dan lain-lain dari rumah. Karena tidak ada tempat untuk menyewa.

6. Ambil gambar

Saat ini melakukan aktivitas atau wisata tanpa berfoto tentunya tidak akan lengkap. Kecanggihan teknologi foto dan kebutuhan update di akun media sosial menjadikan kegiatan wajib yang tidak boleh terlewatkan.

Banyak sekali spot foto yang cocok dijadikan background. Adanya tebing, laut yang hijau, kolam dan pasir yang bersih menambah pilihan untuk menjadi objek terbaik untuk foto Anda. Selain koleksi pribadi, kamu juga bisa mempermanis timeline media sosial kamu.

Akomodasi Murah Dekat Pantai Batu Bengkung

Akomodasi Murah Dekat Pantai Batu BengkungKredit gambar: Google Maps Aldi Wahyu

1. Keluarga Guest House Bromo

Jika Anda merencanakan perjalanan selain kawasan Pantai Bengkung, alangkah baiknya jika Anda mencari tempat menginap. Salah satunya Bromo Guest House Family yang jaraknya kurang lebih 21,4 km dari lokasi. Harga per malam yang harus Anda bayar untuk menginap adalah Rp 95.628.

2. Hotel Mirabell dan Aula Konsentrasi

Salah satu dari beberapa hostel di dekat pantai ini. Berjarak sekitar 22,0 km dari wilayah Kabupaten Gedangan. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap dan sering menjadi pilihan wisatawan luar kota untuk singgah saat ingin menjelajahi kota Malang. Biaya per malam adalah Rp 289.256,-.

3. Hotel Lahor Indah

Hostel ini terletak sekitar 38 km dari Pantai Batu Bengkung. Menawarkan fasilitas ramah wisatawan. Harga per malam yang harus dibayar kurang lebih Rp 110.617,-.

4. Ijen Suites Resort and Convention

Bagi anda yang ingin merencanakan perjalanan ke beberapa tempat wisata selain Batu Bengkung. Terletak di pusat kota, Ijen Suites Resort and Convention bisa menjadi pilihan. Perlengkapan yang ditawarkan cukup lengkap dan nyaman. Jarak ke pantai sekitar 31,1 mil. Harga yang ditawarkan per malam adalah Rp 365.445,-

5. Hotel Tugu Malang

Jika Anda mencari akomodasi dengan fasilitas lengkap yang baik, Tugu Malang Hotel bisa menjadi pilihan. Lokasinya sekitar 50km dari kawasan Batu Bengkung. Harga per malamnya berkisar Rp 710.628, cukup mahal untuk kantong mahasiswa. Namun, itu termasuk akomodasi premium.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Batu Bengkung

Fasilitas Pantai Batu BengkungKredit gambar: Google Maps Isnan Wijarno

Fasilitas pantai cukup lengkap, meski pengelolaannya terkesan kurang baik. Hingga saat ini Pantai Batu Bengkung masih dikelola oleh warga dengan sistem yang tidak terstruktur. Apalagi tidak ada campur tangan pemerintah dalam pembangunannya.

Fasilitas yang dapat ditemukan adalah kamar mandi atau toilet, tempat parkir dan beberapa tempat pembuangan sampah. Sementara itu, warung makan hanya tersedia hingga malam hari. Selebihnya, jika Anda berniat bermalam di sana, Anda bisa mengisi bahan bakar dari rumah.

Demikian uraian singkat tentang Pantai Batu Bengkung Malang yang meliputi atraksi, fasilitas, harga tiket, informasi rute terbaik dan aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Bisa juga dijadikan referensi bagi Anda yang datang dari luar kota dan berencana mencari penginapan terdekat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button