Pulau Pramuka Jakarta - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Pramuka Jakarta – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Cek lokasi

Kepulauan Seribu merupakan salah satu tempat di wilayah Jakarta yang dikenal banyak orang. Seperti namanya, Nusantara memiliki banyak pulau yang bisa Anda kunjungi. Salah satu pulau yang ada di Nusantara adalah Pulau Pramuka. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pulau ini. Yuk simak ulasan lebih lengkapnya apa saja kegiatan tersebut di sini.

Atraksi Pulau Pramuka

Atraksi Pulau Pramuka JakartaKredit gambar: Google Maps Kevin Robert

Sama halnya dengan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka juga memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Saat berada di sana, Anda bisa mencoba mengunjungi Jembatan Taman Nasional yang menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan. Daya tarik lain yang dimiliki Pulau Pramuka adalah suaka margasatwa berupa penyu.

Tidak hanya anak-anak, anak-anak juga akan tertarik mengunjungi penangkaran penyu di pulau tersebut. Di sini Anda bisa merasakan proses penetasan bayi penyu. Tentu saja penangkaran penyu ini memiliki nilai edukasi bagi anak-anak yang berkunjung ke tempat tersebut. Dengan objek wisata ini, Pulau Pramuka juga bisa dibilang sangat cocok untuk liburan keluarga.

Di pulau ini, Anda bisa mencari berbagai foto menarik untuk diunggah ke jejaring sosial. Karena pemandangan dan atraksi di sana menawarkan banyak spot foto. Di antara sekian banyak objek wisata pulau ini, Pulau Pramuka banyak dikunjungi wisatawan. Tak hanya dari Jakarta, ada juga wisatawan dari daerah lain yang datang berkunjung.

Saat berkunjung ke pulau ini, Anda juga akan disuguhi pemandangan alam yang begitu mempesona. Ada banyak terumbu karang dari berbagai jenis di perairan sekitar pulau. Sebelum berganti nama menjadi Pulau Pramuka, pulau ini bernama Pulau Elang atau Lang. Memang dulu di pulau ini banyak terdapat elang bondol yang juga menjadi lambang DKI Jakarta.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Pramuka

Alamat Pulau Pramuka JakartaKredit gambar: Google Maps Nurbarokah Ternak

Untuk menuju Pulau Pramuka, Anda juga harus melalui jalur yang ada. Biasanya wisatawan yang ingin datang ke pulau ini akan berangkat dari pelabuhan baru Muara Angke. Dilihat dari tampilan pada peta yang ada, Pulau Seribu juga cukup jauh dari pulau Jawa dibandingkan dengan pulau-pulau kecil lainnya.

Letak pulau ini juga berada di Kepulauan Seribu di sebelah utara. Dengan menggunakan perahu, Anda bisa mengunjungi pulau ini. Biasanya juga ada jadwal keberangkatan tersendiri untuk kapal yang digunakan untuk melakukan perjalanan ke Pulau Pramuka. Pulau Pramuka sendiri juga bisa diketahui letaknya bersebelahan dengan Pulau Panggang.

Dengan pergi ke pulau ini, Anda bisa menikmati pesona Kepulauan Seribu. Terlihat pula bahwa Pulau Pramuka merupakan pulau yang dijadikan sebagai pusat pemerintahan di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Nama Pulau Pramuka sendiri digunakan setelah pulau tersebut sering dijadikan lokasi kegiatan kepramukaan pada tahun 1950-an hingga 1970-an.

Biaya Perjalanan ke Pulau Pramuka

Tiket Pulau Pramuka JakartaKredit gambar: Google Maps Zulfa Fitriana

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk bisa berlibur ke Pulau Pramuka. Misalnya menggunakan paket wisata dari agen perjalanan yang sudah ada. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat bepergian menggunakan paket wisata ini. Sedangkan cara menuju pulau ini sendiri adalah dengan menggunakan perahu

Harga tiket kapal-kapal ini tentunya berbeda-beda tergantung dari jenis kapal dan juga fasilitas yang ada di dalamnya. Begitu sampai di dermaga, Anda juga akan diminta membayar tiket masuk Pulau Pramuka. Harga tiket masuk tahun 2018 berada di kisaran Rp 5.000 saja. Tentunya angka ini sangat praktis mengingat berbagai pengalaman menarik yang bisa Anda dapatkan di pulau tersebut.

Harga tiket masuk dari Pulau Pramuka tentunya juga akan berubah seiring berjalannya waktu. Sebelum memulai liburan di salah satu pulau di Kepulauan Seribu, sebaiknya pertimbangkan juga biaya lain yang harus Anda keluarkan. Misalnya, biaya akomodasi, tiket kapal, serta biaya sewa peralatan lain yang Anda gunakan. Contohnya adalah peralatan untuk snorkeling dan scuba diving di pulau ini.

Aktivitas menarik di Pulau Pramuka

Kegiatan Pulau Pramuka JakartaKredit gambar: Google Maps Budijanto B

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi Pulau Pramuka. Contohnya adalah proses pelepasan penyu di laut lepas, Di sekitar lokasi pulau ini Anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling dan scuba diving. APL (Kawasan Konservasi Laut) dan juga Pulau Semak Daun merupakan salah satu tempat menarik yang bisa Anda temukan saat snorkeling di kawasan tersebut.

Destinasi wisata Pulau Pramuka ini sendiri merupakan salah satu pulau terpopuler di Kepulauan Seribu. Aktivitas menyelam di tengah keindahan bawah laut pulau ini juga sayang untuk Anda lewatkan. Tanpa perlu bepergian ke tempat yang jauh dari ibu kota, Anda bisa menghabiskan liburan menyenangkan di Pulau Pramuka.

Bagi Anda yang menyukai aktivitas memancing, aktivitas ini merupakan salah satu hal lain yang dapat Anda lakukan di pulau ini. Di sekitar area dermaga, Anda bisa menikmati berbagai spot untuk dijadikan spot memancing. Anda juga bisa menikmati pemandangan eksotis sambil melakukan aktivitas memancing. Pastinya akan membuat aktivitas memancing Anda semakin berkesan.

Akomodasi di Pulau Pramuka

Kegiatan Pulau Pramuka JakartaKredit Gambar: Google Maps Mermaid Royale

Di Pulau Pramuka terdapat fasilitas berupa akomodasi yang bisa Anda nikmati. Menginap di pulau cantik ini pasti akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Di era modern ini, Anda juga bisa memesan hostel jauh-jauh hari. Dengan cara ini, pasti akan membuat liburan Anda lebih menyenangkan.

Jenis atau tipe akomodasi yang ditawarkan juga beragam. Harga yang diberikan kepada wisatawan juga akan berbanding lurus dengan fasilitas akomodasi yang Anda manfaatkan. Anda bisa memilih tempat menginap sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda berlibur bersama keluarga, Anda bisa memilih akomodasi yang lebih besar.

Lokasi hunian yang ada juga berbeda. Terdapat penginapan yang terletak di lokasi strategis dan berdekatan dengan tempat wisata tertentu. Misalnya, di dekat pusat penangkaran penyu. Dengan memilih lokasi akomodasi yang strategis, pasti akan membantu Anda untuk mengunjungi tempat wisata Pulau Pramuka dengan lebih mudah.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Pramuka

Fasilitas Pulau Pramuka JakartaKredit Gambar: Google Maps One Light Sky

Perlengkapan merupakan salah satu elemen yang dapat dijadikan sebagai acuan kenyamanan suatu lokasi wisata. Dengan fasilitas yang memadai, aktivitas liburan wisatawan tentu tidak akan terganggu. Dari situasi ini, banyak tempat wisata berlomba-lomba menawarkan yang terbaik kepada pengunjung yang datang berlibur.

Di Pulau Pramuka sendiri terdapat berbagai fasilitas yang bisa Anda gunakan. Mulai dari sarana ibadah dan kebutuhan lainnya. Misalnya, fasilitas seperti mushola dan fasilitas akomodasi berupa villa tersebar di seluruh pulau. Karena pulau ini sendiri merupakan pusat administrasi wilayah Kepulauan Seribu, Anda juga bisa menemukan banyak fasilitas lainnya di sini.

Fasilitas yang dimaksud di sini berupa kantor pos, rumah sakit, dermaga, tetapi juga TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Anda juga bisa menyewa berbagai alat untuk kegiatan liburan di pulau ini. Misalnya alat-alat seperti snorkel, banana boat, donut boat, kano, kayak, dll. Bagi Anda yang menyukai sepeda, Anda juga bisa menemukan tempat persewaan sepeda.

Untuk melengkapi liburan keluarga Anda, Anda bisa mengunjungi salah satu pulau di Kepulauan Seribu. Berbagai aktivitas menarik bisa Anda lakukan di pulau yang pernah menyandang nama Pulau Elang ini. Keindahan alam dan perairan yang terdapat di sana juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Anda juga bisa mencoba snorkeling, scuba diving di perairan sekitar pulau.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button