Pantai Apparalang, pantai eksotis keindahan hayati di Bulukumba - WisataHits
wisatahits

Pantai Apparalang, pantai eksotis keindahan hayati di Bulukumba

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat : Ara, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan, Kasus: Verifikasi lokasi

Saat pengunjung mencari suasana pantai yang tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan, Pantai Apparalang Bulukumba adalah pilihan yang paling cocok. Nantinya Anda akan benar-benar terpesona dengan keindahan pantai yang sangat indah dari atas tebing.

Indahnya pemandangan laut biru berpadu dengan warna hijau serta deburan ombak yang bersambung dan menghempas karang pasti akan membuat pemandangan alam di sekitar anda begitu menakjubkan dan pastinya layak untuk disaksikan.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki tempat-tempat yang sangat indah dan tentunya tidak dapat ditemukan dan dilihat di pantai mana pun. Tak terkecuali Indonesia bagian timur, dengan potensi wisata bahari yang beragam dan tentunya sangat menjanjikan untuk dikembangkan.

Daya Tarik Pantai Apparalang

Objek Wisata Pantai ApparalangKredit gambar: Google Maps Ridha Amaliano

1. Beragam spot foto

Pantai Apparalang memang tempat yang sangat indah. Salah satu daya tarik yang ditawarkan tempat ini adalah adanya spot foto yang sangat beragam. Spot foto pertama ada di area atas. Dari situ, Anda bisa mendekat untuk melihat panorama tebing.

Tebing ini juga dikelilingi pagar kayu dan hutan bakau. Spot foto kedua yang tak kalah indahnya ada di bagian bawah. Untuk menuju kawasan tersebut, Anda harus melewati beberapa anak tangga yang memiliki sudut tajam. Ketinggian anak tangga tersebut mencapai sekitar 7 m menuju dermaga kayu.

2. Keindahan biologis Pantai Apparalang

Daya tarik selanjutnya ini juga dimiliki oleh pantai yaitu keindahan alam yang begitu indah dan mengasyikkan. Panorama di sana begitu indah. Wajar saja, tebing tersebut memiliki laut yang begitu kaya dan banyak akal berupa terumbu karang.

Kemudian anda bisa menikmati keindahan terumbu karang dari ketinggian, karena air laut dari tebing terlihat begitu jernih dan bersih. Namun, tentunya perasaan itu akan semakin indah jika bersentuhan langsung dengan terumbu karang yang ada di dalam air.

3. Jalur jati yang seru

Perjalanannya sendiri tidak terlalu jauh, namun track atau medan yang akan ditempuh cukup sulit. Oleh karena itu, Anda diharapkan lebih berhati-hati saat kendaraan menuju ke lokasi ini. Jika pengunjung berencana untuk menginap, ada baiknya menginap disini di kawasan Pantai Tanjung.

Memang di pantai yang ingin dituju masih belum tersedia penginapan. Atau disini anda juga bisa membawa tenda dari rumah, sehingga anda bisa berkemah disana.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai ApparalangKredit Gambar: Google Maps Rocky Joseph Pesik

Pantai Apparalang memang tidak diragukan lagi merupakan salah satu ikon wisata yang begitu indah dan tentunya sangat direkomendasikan saat anda berkunjung ke provinsi Sulawesi Selatan khususnya Kabupaten Bulukumba. Lokasi persis pantai ini berada di kecamatan Bonto Bahari.

Nantinya pengunjung akan merasa begitu dimanjakan dengan pemandangan pantai yang sangat eksotis dan indah. Pantai ini terletak di kawasan pantai Tanjung Bira, sekitar setengah jam perjalanan.

Jadi, jika pengunjung berangkat dari kota Makassar, maka bisa menempuh perjalanan dengan biaya Rp 40.000 per orang ke Bulukamba. Kemudian dari Kabupaten Bulukumba, nantinya pengunjung bisa menuliskan perjalanan dengan menyewa kendaraan menuju pantai dengan biaya sekitar Rp 45.000 per orang.

Namun perjalanan akan sangat menyenangkan jika wisatawan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Pantai Apparalang. Hal ini dikarenakan pantai ini cenderung begitu sepi. Nantinya akan ada pengunjung yang hanya sampai di distrik Ara dan jika ingin melanjutkan perjalanan harus berjalan kaki.

Sebagai solusinya, pengunjung bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju Pantai Tanjung Bira terlebih dahulu. Dari Kabupaten Bulukumba, pengunjung akan naik kendaraan umum menuju Pantai Tanjung Bira. Untuk biaya sendiri, pengunjung selanjutnya akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000.

Baru saat tiba di Pantai Tanjung Bira, pengunjung bisa menyewa kendaraan seperti mobil atau motor. Dengan menyewa kendaraan tentunya akan memudahkan wisatawan untuk melanjutkan liburan pantainya.

Untuk memasuki kawasan Pantai Apparalang disini pengunjung tidak dikenakan biaya tiket alias gratis. Namun jika membawa kendaraan, wisatawan akan dikenakan biaya parkir. Tak perlu khawatir karena biaya parkir di tempat ini cukup murah.

Untuk jam bukanya sendiri, pantai ini belum memberlakukan jam berkunjung, sehingga wisatawan bisa datang ke tempat ini kapanpun mereka mau. Namun sebagai rekomendasi, Anda bisa datang ke pantai ini pada sore hari, karena dengan begitu Anda bisa melihat keindahan matahari terbenam.

Aktivitas Seru Di Pantai Apparalang

Aktivitas Seru di Pantai ApparalangKredit Gambar: Google Maps rani Mallarangeng

1. Snorkeling dan Berenang

Tentunya air laut yang begitu jernih akan sangat berbeda bagi pengunjung untuk dapat merasakan nikmatnya mandi di kawasan laut tersebut. Anda akan melewati tangga kayu untuk menuruni tebing. Dan ketika sudah sampai di bawah, pengunjung selanjutnya juga bisa langsung menyelam dan berenang.

Namun untuk kegiatan snorkeling pastikan membawa peralatan dari rumah, karena di Pantai Apparalang masih belum tersedia peralatan snorkeling. Atau alternatif lain yang bisa dicoba adalah dengan menyewa alat snorkeling di Pantai Tanjung Bira.

2. Menyaksikan panorama alam dari atas tebing

Hal unik yang bisa ditawarkan oleh Pantai Apparalang ini adalah lokasi pantainya yang tersembunyi oleh tebing. Pantai ini terletak di tepi tebing yang sangat terjal. Namun, hal inilah yang akhirnya menjadikan pantai ini indah dan begitu unik.

Menatap lautan luas dari atas tebing tentu menjadi pengalaman yang seru dan tentunya sangat berbeda. Anda akan sangat takjub melihat jernihnya air laut di pantai ini.

Nanti Anda bisa melihat jauh ke dalam area tanah. Jika Anda siap menunggu senja, Anda akan segera bisa merasakan matahari terbenam dan tentunya membuat pengunjung bersyukur bisa menyaksikan panorama yang begitu indah.

3. Melompat dari tebing

Rekomendasi aktivitas ini hanya untuk Anda yang memang menginginkan tantangan atau Anda yang ingin sedikit memacu adrenalin. Nantinya, pengunjung akan melompat dari dermaga terakhir sebelum menuju tangga yang akan menuju ke laut.

Namun sangat disarankan bagi anda yang memang tidak berani, jadi tonton saja, karena memang banyak sekali wisatawan khususnya warga sekitar disini yang terjun dari atas tebing. Pastikan bagi Anda yang ingin mencoba lompat tebing ke air laut, ada beberapa teman yang mengawasi aktivitas Anda.

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantaiKredit gambar: Google Maps Rocky Muhammad Asrar Amir

Jika kita membahas masalah fasilitas yang tersedia di tempat wisata di Pantai Apparalang ini, bisa dikatakan fasilitas di tempat ini memang cukup memadai. Tebing di tempat ini memang cukup terjal, namun terlepas dari itu semua telah disediakan zona aman berupa pagar kayu.

Selain itu, terdapat pula beberapa fasilitas penunjang seperti toilet umum yang dapat digunakan secara gratis. Kondisi toilet sangat bagus dan jauh dari kotor. Warung makan yang tersedia di Pantai Apparalang menawarkan berbagai kuliner yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, bagi Anda yang ingin beribadah, telah disediakan mushola. Untuk tempat parkir mobilnya sendiri, tersedia tempat parkir yang cukup aman. Tempat ini juga menyediakan gazebo bagi yang ingin duduk santai sambil melihat pemandangan.

Demikian penjelasan lengkap tentang Pantai Apparalang. Pergi berlibur memang sesuatu yang sangat menyenangkan. Apalagi jika liburannya bersama keluarga atau bersama pasangan tercinta. Anda bisa datang ke pantai ini dan merasakan semua pengalaman seru yang ditawarkan oleh tempat wisata ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button