Pesona Telaga Biru, surga tersembunyi yang memukau di Lombok tengah - WisataHits
wisatahits

Pesona Telaga Biru, surga tersembunyi yang memukau di Lombok tengah

Pesona Telaga Biru, surga tersembunyi yang memukau di Lombok tengah

Telaga Biru yang berada di tengah kota Lombok ini cocok sebagai destinasi utama yang harus dikunjungi selama liburan di Pulau Lombok.

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WITA, Alamat: Sidemen Karang, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Telaga Biru merupakan salah satu wisata paling populer di Lombok Tengah yang terkenal dengan airnya yang berwarna biru jernih. Lokasinya pun sangat strategis, terutama di kawasan hutan lindung Nuraksa. Nah, nuansa danau alami ini begitu asri karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, sehingga sangat cocok jika Anda pilih sebagai tujuan liburan dan relaksasi Anda.

Lombok bagaikan sepotong surga yang memiliki berbagai wisata alam termasuk pusatnya Lombok. Telaga Biru misalnya, telaga alami ini menawarkan udara segar dan pemandangan yang menakjubkan. Tak heran jika danau ini menjadi kunjungan favorit bagi banyak wisatawan. Apalagi, ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di wisata menawan ini.

Meski berada di lembah perbukitan, akses jalan menuju Telaga Biru cukup baik. Karena bisa dilintasi kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Namun, wisatawan tetap harus melewati kebun milik penduduk setempat untuk sampai ke sana. Beberapa rute jalan kaki juga digunakan untuk kegiatan soft trail dan mountain biking.

Daya tarik yang dimiliki Telaga Biru

Objek wisata danau biruKredit gambar: Google Maps Adi Hardiyansyah

Nama Telaga Biru memang belum sepopuler Gili Trawangan, Gunung Rinjani atau Pantai Kuta Lombok. Namun, pesonanya tidak bisa diremehkan. Selain memiliki keindahan alam yang dapat memanjakan mata, suasana sejuk disini juga dapat memberikan rasa nyaman. Wajar saja, tak sedikit wisatawan yang ingin kembali. Lantas apa saja kelebihan dan daya tarik Telaga Biru? Inilah jawaban lengkapnya:

✦ Danau alami dengan air biru jernih

Saat pertama kali menginjakkan kaki di kawasan wisata Lombok tengah ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan danau alami dengan air biru jernih. Danau ini memiliki sisi daratan yang landai mirip pantai, sehingga wisatawan yang membawa anak kecil bisa leluasa bermain air di sisi yang dangkal.

✦ Terletak di tengah hutan hijau

Perpaduan air biru danau yang indah dan pepohonan hijau yang mengelilinginya membuat Danau Biru menjadi surga yang tersembunyi. Karena jauh dari pemukiman penduduk, keindahannya sangat terjaga, sehingga dijamin betah. Bahkan bisa memberikan kepuasan jiwa meski hanya duduk-duduk di sekitar danau.

✦ Warna yang indah dan damai

Telaga Biru di Lombok tengah ini terletak di kawasan hutan lindung di atas perbukitan. Sehingga keteduhannya sangat segar, indah dan dapat memberikan rasa damai bagi setiap orang. Tentunya piknik bersama orang tersayang akan semakin menyenangkan karena bisa dinikmati waktu berkualitas sambil menghirup udara segar. Apalagi danau ini dikelilingi pepohonan hijau.

✦ Tersedia berbagai spot foto keren

Salah satu tujuan wisatawan berkunjung ke Telaga Biru adalah untuk mencari foto-foto kekinian agar bisa diposting di media sosial. Usai melakukan berbagai aktivitas menarik, seperti bermain air dan menjelajahi setiap jengkal kawasan wisata. Pengunjung bisa hunting foto keren atau selfie dengan background super keren.

Panorama danau alami dengan air biru bak langit di tengah hutan memang menjadi fenomena alam yang unik dan menarik. Hal itu pun memberikan nilai eksotik pada setiap jengkal lahan di destinasi wisata ini, sehingga wajib untuk diabadikan dalam bentuk potret digital. Termasuk berfoto dengan latar danau biru dan hutan hijau.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat danau biruKredit gambar: Google Maps Ratih Mulia Fazriati

Telaga Biru terletak di perbukitan yang masih alami, sehingga akses ke tempat eksotik ini juga cukup rumit karena harus melintasi areal perkebunan penduduk. Namun, hal tersebut tampaknya tidak menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung. Karena keindahan yang ditawarkan mampu mengobati penat selama perjalanan.

Destinasi wisata ini terletak di Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Perlu diketahui bahwa desa Karang Sidemen merupakan salah satu desa yang paling terpencil di Kabupaten Lombok Tengah. Namun letaknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Mataram, ibu kota Lombok.

Telaga Biru memang dapat diakses dengan sepeda motor atau mobil, namun lebih cocok jika wisatawan kesana dengan sepeda trail, mobil gunung atau sepeda gunung. Hal ini disebabkan kondisi jalan menuju lokasi danau yang cukup ekstrim dan berlubang.

Jalan menuju Telaga Biru jika wisatawan berangkat dari kota Mataram membutuhkan waktu sekitar 61 menit dengan jarak tempuh 31 KM. Sedangkan jika Anda berangkat dari Kota Seulg, Lombok Tengah, jarak tempuhnya 40 KM atau sekitar 1 jam 15 menit.

Tarif retribusi Telaga Biru Lombok Tengah relatif terjangkau, yakni hanya Rp 3.000/orang. Selain itu pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000/motor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, wisatawan harus membayar Rp5.000/mobil.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan menarik di danau biruKredit gambar: Google Maps Loetfi Ono

Setelah mengetahui apa saja objek wisata Telaga Biru beserta informasi lokasi dan harga tiket masuknya. Kemudian kita akan membahas kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Beberapa dari mereka adalah:

1. Rekreasi Seru di Telaga Biru

Telaga Biru bisa menjadi pilihan alternatif terbaik untuk berlibur bersama orang tersayang, baik bersama keluarga, pasangan atau sahabat. Nuansa asri berpadu dengan pemandangan eksotis memang bisa memberikan perasaan nyaman dan tenang. Ditambah lagi, ada beberapa rest area yang bisa dijadikan tempat kumpul seru bersama rombongan.

2. Berenang dan bermain air

Berkunjung ke Telaga Biru di Lombok Tengah belum lengkap rasanya jika belum merasakan sejuknya air telaga tersebut. Bagi yang suka berenang, Anda kemudian bisa berjalan-jalan menyusuri perairan danau. Namun, tidak perlu sedih jika tidak bisa berenang karena masih bisa bermain di perairan dangkal.

3. Nikmati kedamaian dan keindahan alam

Telaga Biru berada di tengah hutan yang ditumbuhi pepohonan hijau Tidak tanaman hijau subur berbaur dengan nyanyian burung liar. Membuat suasana di kawasan ini sangat sejuk dan mampu menghadirkan rasa nyaman. Tak heran jika masih dijadikan tempat untuk melepaskan diri dari kesibukan dan kepenatan aktivitas yang membosankan.

4. Berburu Foto

Eksotisme Lac Bleu memang mampu menggugah para pecinta fotografi untuk segera mengarahkan kamera ke segala arah. Mulai dari birunya air telaga dengan bentuknya yang unik, hijaunya hutan di sekitar telaga, hingga penampakan pelangi yang kerap muncul saat hujan turun. Selain itu, terdapat beberapa spot foto yang menarik, seperti ayunan di tepi danau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Danau BiruKredit gambar: Google Maps Adi Hardiyansyah

Meski lokasinya cukup jauh dan berjarak sekitar 1 km dari lokasi koloni terakhir, namun fasilitas di Telaga Biru cukup memadai. Karena terdapat area parkir, toilet, rest area, tempat persewaan ban karet dan spot foto yang menarik. Jadi untuk kebutuhan standar wisatawan tidak perlu khawatir.

Liburan di Pulau Lombok tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Danau Biru di Lombok tengah. Selain letaknya yang tidak terlalu jauh dari ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat, pesonanya juga tidak perlu diragukan lagi. Plus, karena tarif retribusi objek wisata utama Batukliang sangat user-friendly dan dijamin tidak akan menguras kantong Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button