Pulau Padar Labuan Bajo - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Padar Labuan Bajo – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Padar salah satu pulau eksotis di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau Labuan Bajo yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan termasuk pantai pasir putih, pink dan hitam.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Padar, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Cek lokasi

Pulau Padar, salah satu pulau yang terkenal dalam daftar kawasan Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat. Meski termasuk wilayah KTN, tempat ini jarang terlihat oleh komodo. Pulau yang bisa Anda capai setelah menempuh perjalanan selama 3 jam dari Labuan Bajo ini menawarkan keindahan yang tak terlupakan.

Terdiri dari rangkaian pulau terbesar dalam daftar kawasan Taman Nasional Komodo, pulau ini memiliki total empat teluk, masing-masing dengan kelebihan dan keindahannya sendiri. Saat berkunjung ke sini, Anda akan disuguhi pemandangan teluk dari atas bukit. Cuaca siang hari di sini sangat panas, jadi luangkan waktu untuk membawa tabir surya untuk menghindari sengatan matahari.

Sebelum tiba di pulau, Anda akan ditantang untuk menaiki kurang lebih 300 anak tangga yang akan mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Kedengarannya melelahkan, namun semua akan terbayar saat Anda tiba dan merasakan keindahan Pulau Padar yang mempesona.

Atraksi Pulau Padar

Aktivitas Pulau PadarKredit gambar: Google Maps Ashley Littlewood

Pulau yang indah ini memiliki iklim yang kering dan terdapat bukit sabana di musim panas, dan sebaliknya tempat ini akan sangat hijau.

1. Pulau terbesar ketiga

Pulau yang memiliki tiga teluk yang dalam dan indah ini terletak di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Karena Selat Lintah dibatasi, Anda perlu naik speedboat untuk sampai ke Padar dari Rinca.

Dengan luas 2.017 hektar, pulau ini menempati posisi ketiga terbesar menurut luas Taman Nasional Komodo. Jika Anda berkunjung ke Labuan Bajo, cobalah datang ke pulau ini. Anda akan menemukan keindahan yang tersembunyi di tengah laut.

2. Memiliki warna pasir pantai yang berbeda

Seperti yang Anda ketahui, di pulau ini terdapat tiga pantai yang sangat indah. Pemandangan pantai dengan pasir aneka warna terlihat jelas dari atas bukit. Anda hanya perlu naik lebih tinggi, maka akan terlihat pemandangan pantai dengan pasir pink di timur laut, pasir hitam di utara dan pasir putih di selatan.

Foto yang dihasilkan akan terlihat bagus jika Anda menggunakan pemandangan sebagai latar belakang. Sedikit info, pemandangan Pulau Padar juga terlukis di uang kertas 50.000 tahun 2016. Anda bisa melihat betapa indahnya pulau ini jika dilihat dari sudut manapun.

3. Pemandangan matahari terbit atau terbenam yang luar biasa

Tempat Wisata di Pulau PadarKredit gambar: Google Maps Indra Tamedius Diputra

Bagi Anda yang berkunjung ke sini, belum lengkap pengalaman Anda jika belum menyaksikan matahari terbit atau terbenam di lokasi ini. Keindahan pulau yang tenang dan tak berpenghuni.

Anda dapat mengakses pemandangan matahari terbit atau terbenam dengan datang ke sini pada pagi atau sore hari. Jika Anda merasa terlalu sulit, Anda dapat membawa peralatan berkemah Anda dan kemudian bermalam di pulau itu. Langit malam yang cerah akan memungkinkan Anda untuk melihat bintang-bintang di langit.

Dibutuhkan sekitar setengah jam atau 30 menit untuk mendaki bukit yang menjadi jalan menuju pulau tersebut. Di awal perjalanan, disarankan untuk berangkat pagi atau sore hari, karena cuaca pulau di musim panas akan sangat panas seolah membakar kulit dan tentu saja dehidrasi.

4. Memiliki tempat trekking yang menantang

Saat menuju Pulau Padar, Anda akan menghabiskan waktu setengah jam mendaki bukit yang terjal dan terjal. Dengan cara seperti itu tentu akan membuat Anda lelah. Namun akan berbeda jika Anda adalah orang yang menyukai tantangan.

Medan yang menanjak dengan kemiringan 45 derajat dan kondisi cuaca yang ekstrim benar-benar membuat mereka bersemangat. Dengan jalur yang sama, wisatawan akan menaiki sekitar 300 anak tangga untuk sampai ke titik lokasi. Saat sampai di tempat tujuan, segala penat dan penat akan terbayarkan dengan keindahan pulau ini.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Padar

Alamat Pulau PadarKredit gambar: Google Maps Bayu Agung

Pulau Padar merupakan salah satu Kepulauan Nusa Tenggara Timur. Pulau indah yang memberikan kesan nyaman dan tenang. Pulau ini termasuk dalam wilayah Labuan Bajo, tepatnya di Flores, Nusa Tenggara Timur. Dibutuhkan sekitar 3 jam dari Labuan Bajo untuk sampai ke pulau ini dengan speed boat.

Ada banyak rute perjalanan yang bisa Anda pilih. Misalnya Anda datang dari luar kota dan ingin pergi ke tempat wisata ini. Kemudian Anda harus naik pesawat dan mendarat di Bandara Internasional Komodo, kemudian dengan taksi atau kendaraan lain Anda meluncur ke Labuan Bajo. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Anda bisa menikmati perjalanan dengan santai.

Sesampai di sana, Anda perlu menyewa speedboat atau naik feri dari Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat. Memakan waktu sekitar 3 jam, akhirnya Anda akan sampai di Pulau Padar. Tapi perjalananmu belum berakhir.

Setelah turun dari kapal, Anda akan melanjutkan perjalanan dengan mendaki bukit yang sangat curam. Selain itu, cuaca akan sangat panas di musim panas. Bawalah air minum untuk menghindari dehidrasi. Perjuanganmu akan sangat diuji jika melewati bukit ini. Sebuah nasihat, kenakan pakaian yang melindungi kulit Anda dari sengatan matahari.

Sekitar setengah jam perjalanan Anda akhirnya mencapai puncak bukit. Pemandangan tiga teluk pulau itu langsung terhalang dan megah. Sesampai di sini, Anda akan merasa bahwa perjuangan Anda telah terbayar.

Biaya Perjalanan ke Pulau Padar Labuan Bajo

Biaya Perjalanan ke Pulau Padar Labuan BajoKredit gambar: Google Maps Hendra Iswahyudi

Banyak orang ingin datang ke sini, menikmati keindahan pulau yang eksotis. Saat berkunjung ke sini, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Seperti biaya yang dikeluarkan saat ke Labuan Bajo atau saat menyewa perahu untuk menyeberang.

Ketika Anda memasuki pulau Anda akan dikenakan biaya, tetapi tidak sebanyak yang lain. 5000 rupee, biaya masuk per orang khusus untuk wisatawan lokal. Belum lagi jika ingin berenang dengan peralatan diving atau snorkeling, ada tempat persewaan khusus yang mematok tarif tertentu bagi pengunjung.

Selain tiket masuk, akan ada biaya tiket lain yang perlu Anda bayar seperti biaya parkir perahu 100.000, biaya masuk aktivitas alam 10.000 rupee, tiket masuk aktivitas snorkeling 15.000 dan terakhir tiket untuk kegiatan wisata alam. sebesar 5000 rupiah.

Untuk menuju Labuan Bajo sendiri, Anda bisa menggunakan pesawat dengan harga tiket sekitar 1 juta atau hanya beberapa ratus ribu, tergantung kota keberangkatan. Setelah itu, Anda akan naik taksi dari bandara ke Labuan Bajo, yang memakan waktu 20 menit. Perkiraan biaya untuk ini adalah sekitar 100.000 rupee.

Setelah itu, Anda harus menyebrangi laut menuju tempat tersebut dengan lama perjalanan 3 jam. Pilihan Anda termasuk menyewa perahu atau naik feri satu arah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Padar

Kegiatan menarik di Pulau PadarKredit gambar: Google Maps

1. Malam di pulau menikmati sunset dan sunrise

Ketika Anda tiba di pulau dengan tiga teluk yang dalam dan indah ini, Anda harus menginap minimal 2-4 hari agar liburan Anda di sini tidak terlewatkan. Menghabiskan malam di sana, Anda akan melihat betapa indahnya pemandangan matahari terbit yang hangat atau lembutnya sinar matahari saat matahari terbenam.

Sejauh ini, wilayah pulau tidak berpenghuni atau tidak berpenghuni. Dengan cara ini, wisata ini cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri sejenak dari kesibukan dunia kerja.

2. Temukan spot foto terbaik

Ketenaran pulau cantik ini melalui media sosial membuat banyak sisi Pulau Padar yang keren dan layak untuk diabadikan dalam sebuah foto. Misalnya, puncak bukit dari mana Anda dapat melihat pemandangan tiga teluk sering menjadi latar belakang untuk foto-foto eksotis dan indah.

3. Berenang di pantai

Hal wajib yang harus Anda lakukan ketika tiba di sini adalah berenang, baik itu berenang biasa atau menyelam dengan peralatan renang yang bisa disewa terlebih dahulu. Keindahan alam tempat ini masih sangat asri mengingat tempat ini masih belum berpenghuni. Dengan pemandangan bawah lautnya yang indah, Anda juga akan merasa rileks.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Padar

Akomodasi murah di sekitar Pulau PadarKredit gambar: Google Maps Hansen

1. Kompleks Komodo

Terletak di Laut Flores, yang juga merupakan pulau pribadi. Alamat tepatnya ada di Pulau Sebayur. Hostel ini terletak strategis dalam kaitannya dengan Dermaga Flores dan Taman Nasional Komodo. Tempat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, dengan tambahan bonus antar jemput gratis ke Labuan Bajo. Ada juga restoran outdoor dengan cita rasa internasional.

2. Kamp Menyelam Xpirates

Terletak di Manggarai Barat, tepatnya di Pantai Sebayur, Labuan Bajo. Anda akan menemukan hostel ini tidak jauh dari hostel sebelumnya. Tempat ini memiliki banyak fasilitas yang cukup memadai untuk pengunjung yaitu wifi gratis, sarapan pagi, kamar ber-AC, juga memiliki akses ke pantai yang sangat bagus di dekat hostel.

3. The Jayakarta Suites Komodo Flores

Tempat ini memiliki banyak fasilitas yang memadai untuk sebuah hotel bintang 4: kamar ber-AC dengan sarapan setiap pagi, kolam renang luar ruangan, gym, dan restoran. Ingatlah bahwa tempat ini berada di tepi laut, jadi Anda bisa langsung merenungkan indahnya pemandangan laut yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Pulau Padar.

Fasilitas yang ada di Pulau Padar Labuan Bajo

Fasilitas Pulau Labuan Bajo PadarKredit gambar: Google Maps Raymond TAM

Destinasi wisata pulau ini tergolong baru dan segar dikunjungi, walaupun pengaturan wisatanya bagus dan Anda bisa liburan dengan nyaman di sini. Karena ketenaran pulau itu, pemerintah berencana mempercepat pembangunan sarana dan prasarana pendukung di sini. Fasilitas yang ada disini adalah speed boat, banana boat, dive site, snorkling dan lain-lain.

Sementara itu, fasilitas seperti tempat makan dan beberapa hal masih dalam pengembangan. Dengan semakin meningkatnya jumlah pengunjung yang datang, perkembangan fasilitas semakin lengkap sehingga kenyamanan wisatawan semakin terjamin.

Pulau Padar merupakan salah satu pulau eksotis yang memiliki tiga teluk yang dalam dan indah. Anda bisa mengunjungi tempat ini dan membuktikan keindahan yang terlukis di tempat yang termasuk wilayah Labuan Bajo ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button