PULAU LEMUKUTAN: 14 Aktivitas Wisata yang Menarik - WisataHits
wisatahits

PULAU LEMUKUTAN: 14 Aktivitas Wisata yang Menarik

Harga tiket masuk ke Pulau Lemukutan: Gratis – Rp 380.000 Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat : -, Kepulauan Sungai Raya, Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia, -.

Manis merupakan tujuan wisata pulau yang harus menjadi yang terbaik di Kalimantan Barat. Pulau Lemukutan Singkawang terkenal di kalangan wisatawan karena keindahan bawah lautnya yang menakjubkan.

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari kota Pontianak menjadikannya destinasi wisata yang populer. Pulau ini termasuk dalam kabupaten Bengkayang dengan luas sekitar 12.520 hektar.

Harga tiket masuk dan biaya

Tidak ada biaya tiket yang harus dibayar wisatawan untuk mengunjungi pulau ini. Hanya biaya tambahan seperti sewa perahu dan biaya aktivitas seperti tabung, kano, dll.

Daftar Harga
Tiket masuk Untuk membebaskan
Paket Wisata Pulau Lemukutan Rp229.000 – Rp380.000

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan PANTAI LAUT Bengkayang

Jam buka

Jam kerja Jam buka
Setiap hari 24 jam

Ragam aktivitas wisata di Pulau Lemukutan

Nama pulau ini diambil dari nama desa Lemukutan dengan cerita rakyat yang bentuknya menyerupai lembu. Keadaan hutan hujan yang masih terjaga oleh masyarakat setempat menjadikannya tempat yang indah alami. Kawasan ini memiliki banyak tanjung dan teluk yang memungkinkan wisatawan untuk melakukan berbagai aktivitas seru.

Baca: Tempat Wisata Menarik di Singkawang

Naik perahu ke pulau

Naik Kapal ke Pulau Lemukutan Bengkayang, Kalimantan Barat - hevi_putriMenikmati perjalanan perahu melewati gugusan pulau menuju Pulau Lemukutan – Foto: Instagram/hevi_putri

Keindahan pemandangan mulai terpampang ketika wisatawan melakukan perjalanan melalui jalur laut menuju pulau tersebut. Melalui aliran ombaknya, wisatawan akan melewati gugusan pulau dengan pemandangan yang menakjubkan. Diiringi dengan kicauan burung, terik matahari dan segarnya udara yang selalu bersih dan segar.

Warna air lautnya yang biru kehijauan menjadi panorama yang memanjakan wisatawan. Ombak menerjang bebatuan di sepanjang pantai pulau-pulau yang dilintasinya. Tidak jarang lumba-lumba muncul ke permukaan air untuk menemani perjalanan perahu.

Semakin dekat Anda dengan daratan, air laut akan semakin jernih. Aneka ikan dan terumbu karang terlihat dari balik permukaan air. Setelah bangun tidur di dermaga, wisatawan bisa melihat pantai pasir putih berlatar perbukitan hutan hujan.

Panorama pantai pulau Lemukutan

Menikmati panorama alam Pulau Lemukutan Bengkayang Kalimantan Barat - joniharvandMenikmati indahnya panorama alam Pulau Lemukutan yang dikelilingi perbukitan hijau – Foto: Instagram/joniharvand

Sesampainya di pulau, wisatawan akan disambut dengan air laut yang biru jernih. Pesona pantai yang dibingkai perbukitan hijau hutan hujan menjadi daya tarik alamnya.

Pulau ini memiliki udara alami yang segar dan murni. Suasananya yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota menjadi nilai tambah dari pulau ini. Pulau Lemukutan adalah rumah bagi surga yang luar biasa.

Pesona Bawah Laut Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Wisatawan yang tidak bisa berenang bisa menikmati keindahannya di atas permukaan air.

Kondisi alamnya sangat terjaga, yang membuat air laut di sekitarnya begitu jernih. Hal ini memudahkan wisatawan untuk datang dan menikmati pemandangan bawah laut.

Wisatawan dapat dengan jelas melihat keindahan alam bawah laut dari atas perahu. Saking jernihnya, wisatawan serasa melihat akuarium raksasa meski ketinggian airnya cukup dalam. Di dalam laut, Anda bisa melihat berbagai hewan laut seperti ikan warna-warni, penyu, dan kepiting.

Piknik santai

wisatawan bersantai di pantai dan berpiknikPiknik santai bersama teman-teman di Pulau Lemukutan – Foto: Instagram/eska_ayunda

Pulau Lemukutan merupakan tempat yang ramah untuk liburan bersama keluarga atau teman. Kegiatan wisata seperti piknik santai dan makan bersama keluarga cocok dilakukan di sini.

Wisatawan juga dapat menyelenggarakan acara bersama seperti reuni keluarga, arisan atau reuni. Saat liburan panjang seperti malam pergantian tahun, tempat ini menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Berenang

Kejernihan air laut di perairan pulau selalu menarik minat wisatawan. Berenang dan bermain air menjadi kegiatan pilihan untuk menemukan kesegaran air. Wisatawan bisa berenang bebas di sekitar dermaga kayu dan perairan dangkal di sekitar pulau.

Snorkeling di Pulau Lemukutan

Bungaron Spot merupakan titik terbaik untuk menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Lemukutan. Spot ini memiliki panorama bawah laut paling epic dengan keindahan terumbu karangnya. Spot andalan lainnya adalah Pantai Melanau Bay dan Pantai China Bay.

Di tempat ini wisatawan bisa snorkeling untuk menyambut kekayaan laut, deretan terumbu karang dan ratusan ikan warna-warni akan menemani wisatawan snorkeling. Selain itu, wisatawan juga dapat menemukan teripang, bulu babi, dan kerang yang dilindungi.

menyelam

Saat berkunjung ke Pulau Lemukutan, banyak wisatawan yang melakukan aktivitas menyelam. Wisatawan bisa menyelam ke laut sekitar pulau dan menjelajahi kedalaman perairan teritorialnya.

Keindahan pesona bawah laut di sekitar pulau menyimpan surga yang memanjakan wisatawan. Air lautnya yang sangat jernih membuat gugusan karang warna-warni di dasar laut menjadi jernih.

bermain kano

Berkano di perairan sekitar pulauBerkano di perairan sekitar Pulau Lemukutan – Foto: Instagram/yovinta_eti

Selain menikmati keindahan bawah laut, wisatawan juga bisa bermain kano di sini. Selain melatih kekuatan fisik, bermain kano, wisatawan bisa menikmati pemandangan sekitar. Wisatawan akan disuguhi panorama laut yang luar biasa saat berkunjung ke pulau ini.

Bersepeda keliling pulau

Memanfaatkan waktu liburan, wisatawan bisa bersepeda keliling pulau. Dengan mengayuh sepeda di kawasan pantai, wisatawan bisa melihat langsung keadaan alam pulau ini. Apalagi, wisatawan bisa menyaksikan aktivitas sehari-hari warga setempat.

Makan dari Laut Kuliner

Masakan pesisir menjadi ciri khas hidangan yang disajikan di pulau ini. Wisatawan bisa menyantap aneka seafood pilihan di tempat-tempat makan di sekitar pantai. Ikan segar memberikan rasa yang halus pada menu makanan laut merasa lebih baik.

Kunjungan budaya

Pulau Lemukutan juga menyimpan pesona keramahan dan kehangatan sambutan warganya. Begitu memasuki kawasan pulau, wisatawan bisa melihat rumah-rumah penduduk di sana. Bentuk rumahnya sederhana, dilengkapi dengan tanaman, bunga dan juga berbagai jenis pohon.

Wisatawan dapat menikmati kearifan lokal penduduk setempat, seperti penelitian dan memancing. Menjemur ikan asin untuk jalan-jalan keliling desa menjadi daya tarik pantai ini.

Sunset dan sunrise di pulau lemukutan

Keindahan kawasan pulau ini berawal dari penyajian lanskapnya Matahari terbit di pagi hari. Suasana hangat menyambut wisatawan yang menyaksikan indahnya matahari terbit di pagi hari di pulau ini.

Sore hari, wisatawan bisa duduk santai di dermaga sambil membawa matahari kembali beristirahat. Merenungi laut lepas dan langit jingga senja menjadi momen yang ditunggu-tunggu para wisatawan. Ditemani semilir angin dan deburan ombak, wisatawan bisa menikmati romantisme sore hari sambil minum kelapa muda.

Ambil foto dengan pemandangan pulau

Area dermaga menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto. Matahari terbenam adalah latar belakang yang sempurna bagi wisatawan untuk mengabadikan momen liburan. Perbukitan hijau di darat dan di laut lepas juga menjadi setting khas yang dicari wisatawan.

Menginap di homestay

Bermalam di pulau memberikan pengalaman perjalanan dan waktu yang lebih fleksibel bagi wisatawan. Di kawasan wisata ini, hampir semua penduduk memiliki penginapan berupa homestay serta vila. Berbagai tempat penginapan di pulau ini didesain memiliki adat atau budaya khas Kalimantan Barat.

Saat malam tiba, wisatawan bisa duduk-duduk di teras vila sambil mendengarkan suara debur ombak laut. Suasana liburan begitu damai dan tenang. Wisatawan akan diajak menikmati malam dengan membakar ikan di tepi pantai, pengaturan waktu menyalakan api unggun dan bermain musik bersama teman dan keluarga menambah kemeriahan malam.

Wisatawan juga memiliki kesempatan emas untuk berbaur dengan penduduk setempat. Wisatawan bisa merasakan momen makan bersama, bercengkrama dan berbagi cerita dengan warga setempat. Hal ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan.

Meredakan

Meski belum ada hotel dan restoran panas, Pulau Lemukutan memiliki fasilitas wisata yang memadai. Bagi wisatawan yang ingin melakukan snorkling, disarankan untuk mempersiapkan peralatan dari titik awal.

Untuk mempermudah, wisatawan bisa menggunakan jasa tersebut operator tur yang umumnya menawarkan perjalanan terorganisir. Di kawasan pulau juga terdapat kios-kios yang menjual oleh-oleh khas pulau ini.

Lokasi dan Akses Wisata Pulau Lemukutan

Wisata Pulau Lemukutan terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Dari kota Pontianak, tempat ini berjarak sekitar 115 km atau sekitar tiga jam. Jika ditempuh dari Teluk Suak, dibutuhkan waktu sekitar satu jam. Untuk mencapai pulau ini, wisatawan harus menaiki perahu di dermaga Teluk Suak, Karimuntung. Jarak perjalanan laut ini kurang lebih satu jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button