Pulau Lemukutan Bengkayang, destinasi favorit para pecinta snorkeling - WisataHits
wisatahits

Pulau Lemukutan Bengkayang, destinasi favorit para pecinta snorkeling

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 229.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Lemukutan, Kec. Kepulauan Sungai Raya, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat; Kasus: Cek lokasi

Pulau Lemukutan dikenal sebagai pulau yang di dalamnya terdapat desa wisata. Terletak di Desa Lemukutan, Kabupaten Bengkayang, menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan, terumbu karang yang sangat indah, dan ikan yang berwarna-warni seolah menambah eksotisme bawah laut. Sehingga para wisatawan yang datang bisa melakukan salah satu aktivitas snorkeling atau diving.

Maka tak heran, ketika banyak pecinta rekreasi diving mengunjungi destinasi pulau eksotis ini. Pemandangan biota laut yang eksotis memang mempesona dan membuat takjub orang yang melihatnya. Tentunya dapat memanjakan setiap pengunjung yang datang mengunjunginya. Tidak hanya keindahan bawah laut, objek ini juga menyediakan tempat memancing bagi wisatawan.

Pengunjung merasa tertarik untuk memancing, karena pemberian hewan laut berupa ikan-ikan besar seperti, dll. Semua ini merupakan salah satu daya tarik Pulau Lemukutan yang wajib Anda ketahui. Selain itu, destinasi ini juga menawarkan infrastruktur yang aman dan mudah digunakan, serta menawarkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap.

Daya Tarik Pulau Lemukutan

Atraksi Pulau LemukutanKredit Gambar: Google Maps Lucky Prisandy

Destinasi pulau ini memiliki luas sekitar 1453 hektar dan dihuni oleh masyarakat yang mata pencahariannya adalah memancing. Pulau yang menawarkan beragam terumbu karang yang indah dan ombak yang lembut menjadi daya tarik utama dari objek wisata ini. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan laut lepas dan pemandangan bawah lautnya yang eksotis.

1. Pemandangan bawah laut

Pulau Lemukutan menawarkan destinasi wisata bawah laut yang begitu indah dan mempesona. Ada terumbu karang yang indah dari berbagai jenis, dan ikan berwarna-warni dapat memanjakan mata orang yang melihatnya. Segala keindahannya seakan menambah eksotisme bawah laut

Pemandangan bawah laut yang indah, megah dan eksotis menjadi salah satu daya tarik dari daya tarik wisata pulau ini. Sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk menyelam melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang sangat menakjubkan.

2. Orang pulau yang ramah

Pulau ini dihuni oleh orang-orang yang hidup dari memancing. Penduduk setempat memiliki sikap ramah, mudah tersenyum dan baik hati. Melalui kepribadiannya, masyarakat pulau menerapkannya dengan selalu bersikap ramah, selalu tersenyum dan baik kepada para pengunjung yang datang ke sini.

Dari sikapnya dapat membuat wisatawan yang datang merasa senang untuk mengunjungi dan menikmatinya. Ini bisa menjadi salah satu daya tarik destinasi pulau ini.

3. Memiliki panorama yang indah

Tidak hanya terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang indah, Pulau Lemukutan juga menawarkan panorama berupa suasana yang alami dan asri berkat beberapa pepohonan yang rindang di sekitar tempat tersebut. Pemandangan alam menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata di Lemukutan.

Sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk mengabadikan momen dengan berfoto. Latar belakang suasana alam semakin menambah hasil foto yang diambil menjadi lebih indah.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau LemukutanKredit gambar: Google Maps Eugenia Mulian Lim

Pulau Lemukutan adalah salah satu pulau yang ada di Provinsi Kalimantan Barat atau lebih tepatnya Kota Bengkayang. Objek wisata ini merupakan salah satu destinasi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Lokasinya kurang lebih 130 km dari kota Pontianak dengan waktu tempuh dua setengah jam.

Akses menuju lokasi pulau sangat mudah untuk dicapai karena sudah disediakan perahu dari dermaga yang akan membawa anda ke area pulau. Rute menuju destinasi wisata ini dari Teluk Suak menuju destinasi wisata ditempuh dengan jarak tempuh 1,5 hingga 2 jam. Di Teluk Suak, 2 perahu disewa per hari.

Estimasi Biaya Perjalanan ke Pulau Lemukutan

Biaya untuk Pulau LemukutanKredit Gambar: Wisata Pulau Lemukutan di Instagram

Bagi anda yang ingin memasuki destinasi wisata Pulau Lemukutan akan dikenakan biaya penyeberangan ke pulau tersebut. Anda hanya akan dikenakan biaya transportasi ke tempat-tempat wisata di pulau tersebut. Harga perjalanan ditentukan oleh jumlah yang disepakati antara pemilik kapal dan pengunjung.

Jadi bagi anda yang ingin menyewa bisa bernegosiasi terlebih dahulu. Jadi, pengunjung selalu bisa berwisata atau berlibur sesuai budget Anda.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan pengunjung

Aktivitas Seru di Pulau LemukutanKredit gambar: Google Maps Rahadi Rahadi

1. Aktivitas Snorkeling

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama berada di destinasi wisata Pulau Lemukutan adalah snorkeling. Objek ini menyajikan ikan yang sangat indah dan mempesona bagi para penyelam yang melihatnya. Warna-warni ikan semakin menambah keindahan kawasan tersebut. Jadi bukan khayalan, banyak orang yang ingin melihat keindahan ini.

2. Kegiatan menyelam

Menyelam merupakan salah satu aktivitas yang dapat dinikmati wisatawan di destinasi wisata pulau ini. Under the Sea menyuguhkan pemandangan yang begitu eksotis dan indah. Terdapat terumbu karang yang sangat indah dilengkapi dengan berbagai jenis ikan, semakin memperindah keindahan bawah laut,

3. Kegiatan memancing

Objek wisata pulau ini terkenal dengan ikannya yang agak besar dan ikannya yang beraneka ragam. Pada umumnya wisatawan yang datang bisa memancing di sana, sambil menikmati keindahan alamnya. Maka jangan heran, ketika aktivitas tersebut menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat.

4. Mengunjungi Pulau Lemukutan

Aktivitas di Pulau LemukutanKredit Gambar: Instagram tripwithkora

Pulau ini menawarkan berbagai pesona yang luar biasa, tentunya Anda bisa berkeliling objek wisata ini untuk menyaksikan keindahannya. Sehingga banyak wisatawan yang datang ingin berkeliling melihat destinasi dari pulau ini. Maka tak heran, jika kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sana.

5. Ambil gambar

Aktivitas yang wajib dilakukan saat mengunjungi objek wisata ini adalah berfoto. Di sana Anda bisa mengabadikan momen Anda dengan berfoto sambil menyelam. Tentunya hasil foto-foto tersebut dapat memberikan kesan dan mengingatkan Anda bahwa Anda pernah mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut di masa lalu.

Tidak hanya berfoto dengan keindahan bawah laut, Anda juga bisa mengabadikan momen dengan pemandangan laut lepas dari pulau ini. Latar belakang yang eksotis dapat menambah objek foto yang diambil menjadi lebih bagus dan menarik.

Jadi sayang sekali jika Anda tidak mengabadikannya, dan tidak memiliki kenangan berharga tentang tempat yang ia kunjungi. Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkannya untuk bertemu dan berfoto saat berada di tempat wisata di pulau tersebut.

Penginapan murah di sekitar pulau

Akomodasi di sekitar Pulau LemukutanKredit gambar: Booking.com

1. Dede homestay

Akomodasi Dede Home Stay menawarkan akomodasi dengan kamar yang luas dan nyaman. Sehingga pengunjung dapat menikmatinya dengan lebih menyenangkan. harga yang ditawarkan untuk hostel ini cukup terjangkau. Lokasinya yang berada di sekitar pulau membuat tempat ini menjadi salah satu rekomendasi bagi Anda yang ingin bermalam.

2. Pondok Kelapa Homestay

Tempat penginapan kedua yang bisa Anda gunakan untuk bermalam adalah Pondok Kelapa Homestay. Lokasi ini sama dengan Dede Home Stay, ada kamar yang begitu luas dan nyaman, hanya saja Pondok Kelapa Homestay memiliki suasana dengan pemandangan yang indah, jadi rekomendasi.

3. Tanjung Jati Bang Tutu

Tempat penginapan terakhir ini bernama Tanjung Jati Bang Tutu. Seperti hostel lainnya, hostel ini juga menawarkan fasilitas berupa kamar yang luas dan nyaman. Namun ada kelebihan yang hanya dimiliki Tanjung Jati Bang Tutu, kamarnya begitu luas atau bisa dipakai berdua dengan kenyamanan dan kebersihan.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di area pulauKredit gambar: Google Maps Soni Batubara

Sebagai salah satu pulau yang terkenal di wilayah Kalimantan Barat, keberadaan fasilitas umum tentu sangat penting dan diperlukan. Oleh karena itu, pengelola objek wisata ini menawarkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pengunjung.

Semua fasilitas ini dirawat dan dipelihara dengan baik oleh para pejabat pariwisata di Pulau Lemukutan. Fasilitas pendukung yang ditawarkan antara lain persewaan alat selam, persewaan perahu dan masih banyak lagi. Semua fasilitas tersedia, disediakan dengan aman dan baik. Sehingga pengunjung dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk beraktivitas di pulau tersebut.

Oleh karena itu wisatawan tidak perlu khawatir jika akan terjadi kerusakan pada fasilitas penunjang yang diperlukan. Fasilitas penunjang yang bisa Anda gunakan selama berada di sana seperti tempat parkir, tempat ibadah, tempat makan, sarana transportasi air untuk mengantar wisatawan berkeliling destinasi pulau ini atau untuk pergi menyelam.

Ada juga tempat penginapan yang bisa dengan mudah ditemukan di kawasan wisata ini. Membuat pengunjung menikmati mengunjungi kawasan ini lebih nyaman.

Ini adalah beberapa atraksi, fasilitas dan rute menuju kawasan wisata Pulau Lemukutan. Sarana dan prasarana objek wisata ini tentunya sudah tersedia dan aman untuk digunakan. Sehingga para wisatawan yang datang ke sana dapat berlibur atau berwisata dan menikmati pulau dengan lebih menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button