Pulau Bidadari, pulau indah yang kaya akan sejarah di Jakarta - WisataHits
wisatahits

Pulau Bidadari, pulau indah yang kaya akan sejarah di Jakarta

Cantik alami Pulau Bidadari di Kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan saat musim liburan tiba. Ada beberapa tampilan eksotisme yang ditawarkan pulau ini kecil di Jakarta.

Biaya perjalanan : Mulai dari Rp30.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: daerah. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Cek lokasi

Jakarta, adalah ibu kota Indonesia yang terkenal dengan bangunan kokohnya yang bernama Monas. Namun, kota Jakarta juga memiliki pesona alamnya yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan. Di Jakarta, Anda bisa memanjakan mata dengan panorama alam yang tentunya sangat indah.

Beberapa tempat wisata alam di kota Jakarta memiliki sejuta pesona yang menyegarkan dan menyenangkan untuk dinikmati. Dengan demikian, tempat-tempat ini akan sangat cocok untuk dikunjungi jika Anda ingin rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari, terutama saat harus bekerja. Pulau Bidadari adalah salah satu tempat yang bisa Anda pilih untuk liburan.

Pulau Bidadari merupakan salah satu dari sekian banyak pulau di Kepulauan Seribu dan paling dekat dengan Jakarta. Mungkin jika dimaknai jaraknya hanya sekitar 15 km, jadi walaupun tidak berlibur panjang, Pulau Bidadari tetap bisa dikunjungi.

Sekilas Tentang Pulau Bidadari di Jakarta

Sekilas Tentang Pulau Bidadari di JakartaKredit gambar: Google Maps Ririn Ambar

Ketika mendengar nama Pulau Bidadari, hal pertama yang terlintas di benak Anda adalah tempat yang indah seperti bidadari. Namun, ketika Anda mulai mendatanginya, Anda akan langsung menyadari satu hal bahwa gelar ini bukan sekadar opini.

Sebab, nyatanya pulau ini tidak pernah mengecewakan para wisatawan yang mengunjunginya. Sekilas Informasi Terkait Pulau Bidadari Dari letak geografisnya, ternyata memang sangat dekat dengan beberapa pulau lainnya. seperti Pulau Ayer, Pulau Kelor, Pulau Onrust dan Pulau Khayangan.

Artinya kelima pulau tersebut masih dalam satu wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu Selatan. Pulau cantik ini dulunya punya nama lain, yaitu Pulau Sakit atau Pulau Pumered. Pasalnya, sekitar abad ke-17, pulau ini memang pernah digunakan sebagai rumah sakit penderita kusta.

Nah, setelah kemerdekaan Indonesia, Pulau Bidadari mulai ditinggalkan dan ditelantarkan selama bertahun-tahun. Hingga akhirnya sekitar tahun 1970 pembangunan pulau ini mulai dilakukan, sehingga menjadi tempat terindah dengan berbagai fasilitas bagi para pengunjungnya.

Keistimewaan yang ditawarkan oleh Pulau Bidadari

Keistimewaan Pulau BidadariKredit gambar: Google Maps TJ H2/6

Berkunjung ke Pulau Bidadari tidak akan mengecewakan Anda sekaligus menyerah untuk kembali ke sana. Karena ada keistimewaan pulau ini yang akan menjadi momen paling berkesan bagi Anda.

Pertama, abadikan momen terbaik di pohon perjodohan. Di Pulau Bidadari yang terkenal dengan eksotismenya ternyata memiliki mitos yang sangat unik dan berkembang di semua kalangan pengunjung. Mitos ini berbicara tentang keberadaan pohon kepuh yang telah tumbuh selama ratusan tahun di pulau Bidadari.

Pohon kepuh ini konon sudah ada sejak Indonesia dijajah oleh Belanda. Hal inilah yang kemudian memicu munculnya mitos yang mengatakan bahwa siapa pun yang mengabadikan momen di pohon ini bersama pasangannya, maka hubungan tersebut akan terus berfungsi hingga ke jenjang pernikahan.

Kedua, Island Hopping dengan tema cerita. Island Hopping di pulau lain biasanya hanya menampilkan pesona keindahan alam bawah lautnya. Namun, Pulau Bidadari sangat istimewa, dimana Island Hopping mengambil tema sejarah.

Selain dapat menikmati pemandangan alam beberapa pulau kecil di sekitarnya, Anda juga dapat menemukan situs sejarah kuno tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Tidak hanya itu, di Pulau Bidadari juga terdapat Benteng Martello yang dijadikan sebagai benteng pertahanan.

Ketiga, nikmati pengalaman olahraga air. Dengan berkunjung ke sini, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman olahraga air yang sangat menakjubkan. Karena di pulau ini kamu bisa merasakan sensasi banana boat dan kano. Namun, Anda harus memastikan terlebih dahulu mengenai paket liburan yang dipilih.

Sudahkah Anda memilih perjalanan terorganisir ke Pulau Bidadari dengan penyewaan peralatan olahraga air atau tidak. Namun jika belum, jangan sedih karena takut tidak bisa merasakan wahana yang disediakan untuk olahraga air tersebut. Sebab, Anda bisa menyewanya langsung dengan harga yang sangat terjangkau.

Sayangnya, Anda tidak bisa snorkeling atau menyelam di Pulau Bidadari. Pasalnya, letak pulau itu sendiri sangat dekat dengan ibu kota Jakarta. Oleh karena itu dikhawatirkan perairan laut di sekitar pulau tersebut terkena pencemaran di sekitar Jakarta, karena akan sangat berbahaya.

Fasilitas di Pulau Bidadari

Fasilitas Pulau BidadariKredit gambar: Google Maps Faishal Eko

Sejak pembangunannya dilakukan pada tahun 1970, Pulau Bidadari semakin memperoleh berbagai fasilitas. Misalnya kolam renang anak dengan desain yang menarik, infrastruktur olahraga pantai yang dapat digunakan untuk beberapa permainan, beberapa fasilitas untuk mengadakan acara organisasi atau perusahaan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang infrastruktur olahraga, Anda tidak hanya dapat menikmati satu permainan, tetapi ada beberapa. Yaitu bola voli, biliar, sepeda, tenis meja bahkan sepak bola.

Sedangkan untuk infrastruktur lain yang juga turut serta di Pulau Bidadari meliputi beberapa hal. Misalnya perahu tradisional digunakan sebagai alat transportasi untuk pergi dari pulau ke pulau, kemudian ada tempat untuk mencicipi masakan dengan berbagai menu seafood, mini bar dan mushola.

Nah, semua fasilitas tersebut bisa kamu nikmati jika sudah berkunjung ke Pulau Bidadari. Fasilitas yang lengkap akan sangat menyenangkan bagi pengunjung. Mengingat tempat ini sering digunakan untuk menyejukkan diri bersama pasangan atau keluarga tercinta.

Harga Paket Wisata Pulau Bidadari

Harga Paket Pulau BidadariKredit gambar: Google Maps TJ H2/6

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Pulau Bidadari, Anda harus memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebab, untuk bisa melihat panorama keindahan Pulau Bidadari dan bisa merasakan segala fasilitasnya, ada beberapa jenis paket yang bisa diambil, seperti berikut ini.

Pertama-tama, day pass dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu untuk anak-anak di atas 2 tahun dan untuk orang dewasa. Harganya pun cukup bersahabat, yaitu sekitar Rp 400.000. Dengan beberapa jenis fasilitas yang bisa didapatkan.

Seperti makan siang, banana boat, asuransi perjalanan, welcome drink, tiket kapal pulang pergi (Pulau Bidadari – Marina), sewa sepeda, wisata keliling tiga pulau (Kayangan, Kelor dan Ondrust, serta layanan 21%. Namun, paket yang satu ini) hanya satu hari tanpa tinggal di pulau ini.

Kedua, paket liburan menginap di Pulau Bidadari. Paket ini juga memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Itu semua tergantung pada lama Anda tinggal di pulau ini. Harga mulai dari Rp 865.000 hingga harga tertinggi di Rp 3.780.000.

Rincian harga paket juga disesuaikan dengan hari dan jenis chalet. Fasilitas yang didapat hampir sama dengan paket di atas, hanya yang membedakan adalah jumlah makan dan pelayanan akomodasi.

Transportasi dan rute ke Pulau Bidadari

Transportasi Pulau BidadariKredit gambar: Google Maps Yudha Hanottama

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Pulau Bidadari, jalan di depan sangat mudah. Sebab, ada beberapa sarana transportasi yang bisa digunakan untuk mengantar Anda ke pulau tersebut. Pertama, dengan menggunakan perahu tradisional yang sering digunakan masyarakat lokal untuk menuju pulau tersebut.

Harganya juga cukup murah, hanya Rp 30.000 per orang. Keberangkatan dimulai dari Muara Angke dan memulai perjalanan pada pukul 07:00. Kedua, menggunakan rute Dermaga Marina Ancol.

Bagi Anda yang ingin menggunakan jalur dermaga Marina Ancol, ada beberapa kapal yang sudah menunggu pengunjung. Biasanya wisatawan bisa naik kapal sekitar pukul 11.00, namun jika ingin naik, Anda harus memesan tiket minimal 3 hari sebelum keberangkatan.

Terakhir, melalui jalan pelabuhan Kali Adem dengan angkutan kerapu dan KM Dolphin. Anda juga bisa menggunakan jasa transportasi ini, hanya saja Kerapu hanya tersedia pada pukul 07:00 dan 13:00, sedangkan KM Lumba-lumba pada pukul 07:00. Semua perjalanan hanya berlangsung 30 menit.

Demikian penjelasan mengenai keindahan Pulau Bidadari beserta beberapa hal menarik lainnya. Jika Anda ingin mencobanya, silakan pesan tiket Anda jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Karena Pulau Bidadari selalu menjadi destinasi wisata Jakarta yang setiap tahunnya ramai dikunjungi pengunjung. Apalagi jika akhir tahun atau musim liburan akan datang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button