Pulau Burung, pulau indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Jakarta - WisataHits
wisatahits

Pulau Burung, pulau indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Jakarta

Pulau Burung, pulau indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Jakarta
Biaya kunjungan: Dari Rp 100.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Pari, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Burung adalah salah satu pulau kecil di Kepulauan Seribu, Jakarta, selain beberapa pulau utama yang lebih besar seperti Pulau Pari dan Pulau Pramuka. Meski pulau ini tidak sepopuler pulau-pulau besar utama, namun jangan remehkan keindahan alam yang ditawarkannya.

Karena pulau kecil ini tidak sepopuler pulau besar lainnya, wisatawan bisa menikmati kedamaian dan ketenangan yang ada di sini. Oleh karena itu, pulau yang terkenal dengan banyak burungnya ini bisa menjadi tujuan wisata yang cocok untuk mengisi ulang tenaga Anda.

Obyek wisata Kepulauan Seribu ini paling banyak dikunjungi wisatawan saat masa liburan panjang. Namun pada hari biasa juga terdapat beberapa wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal yang ingin menghabiskan liburannya di tempat wisata ini.

Daya tarik yang dimiliki Pulau Burung

Objek wisata Pulau Burung di JakartaKredit gambar: Google Maps Ririn Ambar

Pulau Burung memiliki beragam daya tarik yang membuatnya sangat digemari wisatawan, mulai dari pemandangan alamnya yang indah, laut biru yang jernih, dan masih banyak lagi. Wisatawan bisa menghabiskan waktu hingga seharian berkeliling pulau dan menikmati berbagai keindahan yang tersaji di sana.

1. Pemandangan alam yang indah

Daya tarik utama yang ditawarkan Pulau Burung kepada wisatawan adalah pemandangan alamnya yang indah dan menakjubkan. Pepohonan yang tumbuh di daratan pulau ini sangat lebat bahkan menutupi hampir seluruh pulau jika dilihat dari atas.

Hamparan pasir putih di pantai yang mengelilingi pulau dan birunya laut memberikan pemandangan pemandangan yang sebening kristal. Birunya laut yang jernih membuat warna-warni terumbu karang terlihat bahkan dari permukaan air.

2. Konservasi burung

Pulau Burung merupakan kawasan konservasi berbagai jenis hewan, terutama jenis burung. Elang Bondol merupakan salah satu jenis burung unik yang hidup di pulau ini. Selain Elang Bondol, masih banyak spesies burung cantik dan fantastis yang hidup di pulau ini dan tetap terjaga keindahannya.

Beragamnya jenis burung yang hidup di pulau ini menjadikannya daya tarik tersendiri bagi para pecinta binatang.

3. Lautan Jernih

Pemandangan laut yang menawan adalah salah satu daya tarik utama Pulau Burung. Pecinta alam bawah laut pasti akan senang jika berkunjung ke pulau ini karena akan disambut oleh air laut yang biru jernih.

Laut di sekitar pulau merupakan habitat yang sangat baik bagi berbagai jenis ikan dan juga bagi terumbu karang. Ditemukan sedikitnya 48 spesies ikan dari 16 famili di laut sekitar pulau.

Wisatawan bisa langsung melihat berbagai jenis ikan berwarna-warni yang hidup di lautan, seperti ikan kakatua, ikan kerapu, ikan lepus, ikan baronang dan masih banyak lagi lainnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Burung JakartaKredit gambar: Facebook Indra Febriansyah

Pulau Burung merupakan salah satu pulau dari gugusan Kepulauan Seribu. Dibandingkan dengan pulau lain yang sudah dikenal, yang satu ini relatif lebih kecil.

Pulau yang didominasi burung ini terletak di Desa Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu Selatan, DKI Jakarta. Secara letak, pulau ini terpisah dari daratan Jakarta, sehingga untuk mengunjunginya perlu menggunakan jalur laut dari beberapa pelabuhan terdekat.

Jika wisatawan sudah berada di Pulau Pari, waktu tempuh menuju pulau cantik ini hanya sekitar 15 menit menggunakan speedboat.

Sedangkan jika berangkat dari Jakarta, wisatawan bisa menempuh rute melalui Pelabuhan Pantai Marina Ancol. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 45 menit dengan menggunakan perahu.

Biaya perjalanan ke Pulau Burung

Tidak ada tiket masuk khusus bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Burung. Siapapun bisa berwisata ke pulau kecil ini tanpa membayar biaya masuk. Biaya yang harus dibayar pengunjung adalah tarif sewa kapal atau speedboat untuk menuju lokasi wisata.

Sayangnya, karena pulau ini tidak berpenghuni, tidak ada kapal reguler yang datang ke pulau ini.

Oleh karena itu, wisatawan perlu menyewa perahu khusus seperti perahu nelayan untuk dapat mengunjungi pulau tersebut. Biayanya sendiri bervariasi, misalnya dari Rp 100.000 hingga Rp 200.000 sewa per perahu.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Pulau Burung

Kegiatan Pulau Burung JakartaKredit gambar: Google Maps Linardy Journey

Pulau Burung menawarkan berbagai atraksi khusus yang membuat wisatawan betah berada di pulau ini. Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan, antara lain olahraga air, berfoto, dll, sehingga cocok untuk liburan keluarga.

1. Wisata Olahraga Air Snorkeling

Salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Burung bagi pecinta olahraga air bawah laut adalah snorkeling. Laut di sekitar pulau wisata satu-satunya ini sangat asri dan indah sehingga menyuguhkan panorama laut yang masih alami dan cocok untuk snorkeling.

Belum lagi sifat ombaknya yang relatif tenang sehingga sangat nyaman digunakan untuk snorkeling. Di bawah lautnya terdapat gugusan terumbu karang yang menjadi habitat penangkaran berbagai jenis ikan.

Ada lebih dari 40 jenis ikan seperti lepu, kerapu, baronang, ikan kakatua yang hidup dan berkembang biak di gugusan terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya. Ada fasilitas foto bawah air untuk mengabadikan pengalaman snorkeling di bawah air.

2. Berenang di dekat pantai

Kegiatan olahraga air berikutnya yang bisa dipilih adalah berenang di tepi pantai. Pilihan mandi di tepi laut cocok untuk keluarga dengan anak kecil saat liburan. Ombak lautnya cukup tenang sehingga berenang bersama anak-anak pun aman tanpa takut tersapu ombak.

Apalagi air laut di pantai ini juga cukup dangkal sehingga terlihat seperti kolam renang alami. Berenang di pantai cocok dilakukan pada pagi dan sore hari agar tidak terlalu panas.

3. Berjalan-jalan santai di sekitar Pulau Burung

Tidak hanya bermain air, aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di pulau ini adalah berjalan-jalan santai di sekitar pulau. Wisatawan dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai menikmati hamparan pasir putih yang lembut dan hamparan samudra biru yang luas.

Keuntungan mengunjungi pulau tak berpenghuni adalah pulau eksotik ini selalu bersih dan bebas sampah. Menjelajahi pulau di tepi pantai hanya membutuhkan waktu sekitar satu hari.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi Pulau Burung JakartaKredit gambar: Google Maps Ririn Ambar

Pulau Burung merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan bukan tujuan wisata utama di Kepulauan Seribu. Akibatnya, pulau ini belum memiliki fasilitas umum yang berkualitas atau memadai.

Wisatawan harus bersiap dengan ketiadaan listrik, toilet umum, sumber air minum, warung makan, dll. Wisatawan disarankan untuk membawa perbekalan sendiri jika ingin berkunjung ke pulau ini.

pulau burung termasuk dalam deretan pulau-pulau kecil di Kepulauan Seribu, lebih tepatnya termasuk dalam gugusan Kepulauan Pari. Pulau ini dijadikan sebagai tempat penangkaran hewan terutama berbagai jenis burung. Oleh karena itu, wisatawan memilih untuk berkunjung pada pagi atau sore hari.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button