Pulau Sanane, pulau cantik dengan keindahan terumbu karang di Pangkep - WisataHits
wisatahits

Pulau Sanane, pulau cantik dengan keindahan terumbu karang di Pangkep

Pulau Sanane, pulau cantik dengan keindahan terumbu karang di Pangkep
Biaya kunjungan: Dari Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Mattaro Adae, Kec. Liukang Tupabbiring, Kab. Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Sanane adalah salah satu pulau dari Kepulauan Spermonde di desa Mattaro Adae, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 58.351 m2. Pulau ini memiliki keindahan yang cukup menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pulau Sanane menjadi daftar yang akan dikunjungi oleh beberapa wisatawan. Selain pulaunya yang cukup kecil dan memiliki pemandangan yang indah dan menarik, beberapa orang bermimpi mengunjungi pulau ini.

Bisa dibilang pulau ini masih belum banyak diketahui orang, sehingga pulau ini belum banyak dikunjungi pengunjung. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa sesak saat mengunjungi pulau ini.

Pulau kecil ini memiliki segudang keindahan dan fasilitas yang menarik minat banyak orang, termasuk para nelayan. Nah disini kami akan membahas wisata yang bisa anda kunjungi di Pulau Sanane.

Daya tarik Pulau Sanane

Daya tarik Pulau SananeKredit gambar: Instagram sanane_island889

Berikut pesona yang dimiliki pulau Sulawesi Selatan yang indah ini dan layak untuk ditelusuri pesonanya.

1. Pasir putih dan daya tahan terjaga

Daya tarik pulau cantik ini adalah memiliki pasir putih, merupakan kawasan dengan ombak yang cukup tenang, serta kelestarian alamnya yang masih sangat terjaga. Sehingga, pulau ini diimpikan untuk dikunjungi para nelayan.

Apalagi sebagian mata pencaharian utama warganya adalah nelayan, sehingga Anda juga bisa menikmati makanan yang disajikan dari hasil tangkapan para nelayan.

2. Budidaya terumbu karang

Selain itu, pulau ini juga memiliki daya tarik tersendiri yaitu hasil budidaya terumbu karang oleh warga yang menjadikan pantai pulau ini memiliki banyak jenis ikan berkelompok yang suka bersembunyi di balik terumbu karang. penduduk.

3. Ombak tidak terlalu kencang

Memiliki pemandangan alam yang indah dengan ombak pantai yang tidak terlalu kuat, pulau ini sangat cocok untuk berlibur. Karena Pulau Sanane tidak terlalu ramai pengunjung setiap bulannya. Sehingga sangat cocok bagi Anda untuk menikmati dan bersantai di pulau ini.

Alamat, lokasi rute, dan biaya tur

Biaya Wisata Pulau SananeKredit Gambar: Google Maps Muh Rahul

Pulau cantik ini terletak di Desa Mattaro Adae, Kec. Liukang Tapabiring, Kab. Kepulauan Pangkajene (Pangkep), Sulawesi Selatan. Untuk menuju pulau ini, Anda harus berangkat dari pelabuhan Paotere. Dari kawasan Makassar Daratan, menuju pulau ini membutuhkan jarak tempuh sekitar 1 hingga 2 jam. Jarak antara pelabuhan dan Pulau Sanane sekitar 25 km. Sehingga jarak waktu untuk menuju pulau ini juga cukup lama.

Satu-satunya kendaraan yang bisa digunakan untuk mencapai pulau eksotis ini adalah perahu. Selain itu tidak ada. Perahu yang digunakan untuk angkutan penumpang adalah perahu yang dikelola sendiri oleh masyarakat setempat.

Saat ini ada 2 kapal yang disediakan ke Pulau Sanane. Sebelum pergi ke pulau ini, Anda perlu pergi ke Barukang Channel untuk naik perahu. Lokasi tersebut digunakan untuk perakitan perahu.

Satu perahu cukup untuk mengangkut beban sekitar 5 ton, sehingga perahu ini dapat mengangkut beberapa orang sekaligus barang bawaan.

Harga tiket liburan di pulau ini sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per orang. Harga tiket ini dapat bervariasi tergantung pada waktu dan hari kunjungan Anda.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Sanane

Aktivitas seru di Pulau SananeKredit Gambar: Instagram Rachmat Azhari R

Berikut beberapa jenis aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Sanane

1. Tempat memancing yang menarik

Pulau Sanane yang terletak di utara dan gosong kecil Panjekang, dengan kondisi lokasi yang strategis dikelilingi oleh sejumlah susunan batuan karang dan juga dekat dengan Pulau Bontosua yang menjadikan tempat ini sebagai tempat budidaya karang laut. Sedemikian rupa sehingga pulau ini memiliki beberapa spot unik yang tersedia bagi wisatawan untuk memancing.

Selain itu, wisatawan juga bisa memancing di tengah laut bersama para pemancing, hal ini juga karena kedalaman laut yang landai dengan kedalaman sekitar 20 meter. Biasanya, zona ini memiliki kedalaman sekitar 40 meter. Kedalaman ini hanya ditemukan pada pertemuan tiga pulau.

Selain itu, Pulau Sanane juga memiliki beberapa jenis ikan yang jumlahnya melebihi ikan yang ada di perairan Bontosua. Hal ini disebabkan banyaknya budidaya terumbu karang di sekitar pulau, sehingga memudahkan para pemancing untuk memancing di kawasan pulau.

Jenis ikan yang dapat dilihat dan dijumpai di pulau ini termasuk dalam kelompok ikan seperti ikan Katombo, ikan Rumah-rumah atau ikan Banyara besar, ikan Bui-bui, ikan Sipi-sipiili, ikan Como Como, ikan Talang-talang . , dan beberapa spesies ikan kawanan lainnya.

2. Tempat menarik bagi penggemar snorkeling

Selain memiliki spot tersendiri untuk memancing, Pulau Sanane juga memiliki spot yang menarik bagi para penggemar snorkeling. Dijelaskan, penduduk pulau ini membudidayakan terumbu karang, sehingga ikan yang datang ke pulau tersebut beragam jenisnya.

Karena itu, pulau ini juga memiliki spot-spot unik dengan berbagai jenis ikan yang berenang di kawasan terumbu karang. Sehingga Anda akan merasa puas saat bermain air di pulau cantik ini. Anda bisa melihat jenis ikan berkelompok yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Jika Anda tertarik menjelajahi pulau ini dengan berenang, Anda bisa langsung mengunjungi pulau ini bersama keluarga atau bersama pasangan dan teman-teman Anda. Pulau ini juga direkomendasikan untuk wisatawan yang suka snorkeling. Jadi Anda juga bisa mencobanya.

3. Main air di pantai

Pulau ini memiliki kedalaman pantai yang cukup pendek ditambah dengan berbagai terumbu karang, sehingga kedalaman pantainya terkesan pendek. Airnya yang jernih akan menambah keseruan permainan air di pantai.

Apalagi karena pulau ini belum banyak pengunjungnya, kamu dan teman-teman bisa leluasa berburu ikan di pinggir pantai.

4. Carilah ikan yang jaringnya kecil

Seperti yang sudah dijelaskan, pantai ini memiliki kedalaman yang tidak cukup dalam. Dengan beragam terumbu karang di sekitar pantai, akan memudahkan Anda menemukan berbagai jenis ikan di balik terumbu karang.

Terumbu karang akan memudahkan Anda menjelajahi zona pesisir. Anda tidak perlu khawatir tentang ombak yang menerjang karena sebelumnya ombaknya tenang.

5. Berkemah di dekat pantai

Aktivitas selanjutnya yang bisa kamu lakukan di Pulau Sanane adalah berkemah. Kegiatan ini sangat cocok untuk kegiatan ini. Memang pantai ini sangat luas dan juga terdapat fasilitas umum yang bisa anda gunakan seperti toilet.

Hamparan pasir putih yang cukup luas membuat Anda dapat dengan mudah menentukan area camping di pantai.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Memasang Pulau SananeKredit gambar: Google Maps

Beberapa fasilitas yang disediakan pulau ini antara lain toilet. Ada banyak toilet untuk digunakan. Selain itu, di Pulau Sanane juga terdapat restoran yang bisa Anda gunakan untuk mengisi perut setelah bermain atau setelah menikmati perjalanan perahu dari pelabuhan Paotere.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berlibur ke pulau tersebut? Jika ya, kegiatan apa yang akan Anda lakukan di sana? Sepertinya pulau ini sangat cocok untuk berlibur bersama pasangan, bersama teman atau bersama keluarga besar.

Itulah beberapa penjelasan dan detail aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan selama liburan di Pulau Sanane.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button