Pulau Ayer Jakarta – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Ayer Jakarta – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp390.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.KH Samanhudi No.47-49, Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Cek lokasi

Pulau Ayer merupakan salah satu pulau di kawasan Kepulauan Seribu. Banyak cerita sejarah yang berkaitan dengan pulau ini. Anda bisa menjadikan pulau ini sebagai tujuan wisata saat musim liburan tiba. Lantas apa saja daya tarik dari pulau Ayer ini? Mari kita lihat gambaran atraksi, fasilitas, serta berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pulau ini di sini.

Atraksi Pulau Ayer

Atraksi Pulau AyerKredit Gambar: Google Maps Mohammed Hussain

Daya tarik utama Pulau Ayer adalah konsep pondok terapungnya. Hal ini pula yang membuat Pulau Ayer menarik banyak wisatawan untuk datang dan berkunjung. Berada di pondok terapung, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah di atas air laut, luas pulaunya sendiri sekitar 10 hektar dengan berbagai hal yang menarik.

Pondok terapung sendiri bukan lagi hal baru di Indonesia. Hal ini juga terkait erat dengan budaya negara ini. Masih banyak daerah di Indonesia yang masih memiliki konsep serupa dari segi bentuk dan letak bangunan ini. Sedangkan jika berkunjung ke Pulau Ayer, Anda akan disuguhi cottage terapung yang telah disulap menjadi bentuk modern dengan tetap mempertahankan budaya yang ada.

Selama Anda tinggal di pulau ini, Anda juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti memancing sambil berkeliling pulau. Ada juga sumber air tawar di pulau ini. Diketahui pula bahwa pulau Ayer disebut sebagai mutiara nusantara dengan alasan tersendiri di baliknya.

Rute menuju lokasi Pulau Ayer Pulau

Itinerary ke Pulau AyerKredit gambar: Google Maps Rudyanto A. Wibisono

Terlihat juga bahwa Pulau Ayer sedikit berbeda dengan pulau-pulau lain di kawasan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jika dikategorikan, Pulau Ayer lebih tepat disebut pulau resor. Salah satu alasannya adalah karena di pulau tersebut hanya ada staf dan karyawan yang melakukan berbagai bidang pekerjaan di pulau yang indah ini.

Menuju ke Pulau Ayer sendiri bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam jika berangkat dari kawasan Pantai Marina Ancol. Jarak antara pulau dan kota Jakarta sekitar 15 km. Dari sini dapat digambarkan bahwa Pulau Ayer merupakan salah satu pulau yang paling dekat dengan kota Jakarta dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu.

Untuk memudahkan Anda mencapai tujuan, Anda juga bisa menggunakan travel agent untuk menuju pulau dengan konsep yang menakjubkan ini. Konsep yang diusung destinasi wisata mirip pulau ini sendiri adalah modern dengan sentuhan budaya khas Papua Barat. Hal ini terlihat jelas pada nama pantai di sekitar pulau dan juga pada bentuk bangunan di pulau tersebut.

Biaya perjalanan ke Pulau Ayer

Biaya perjalanan di pulau AyerKredit gambar: Saluran Google Maps Sudy cheung

Harga tiket masuk dari Pulau Ayer biasanya sudah digabungkan dengan kebutuhan lain dalam sebuah perjalanan yang terorganisir. Biasanya harga ini juga digabung dengan tiket kapal yang Anda gunakan untuk mengunjungi salah satu pulau Kepulauan Seribu. Menggunakan biro perjalanan tentunya juga akan memberikan Anda banyak kenyamanan karena tidak perlu lagi mencari akomodasi dan minuman yang dibutuhkan.

Biasanya harga juga akan berbanding lurus dengan waktu yang Anda habiskan di pulau tersebut. Karena ada jenis paket yang menawarkan wisata sehari dan jenis wisata lainnya. Anda dapat menyesuaikan ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa mencari berbagai promosi untuk mendapatkan harga terbaik untuk mengunjungi pulau sejuta pesona ini. Tertarik untuk mengunjungi pulau ini saat musim liburan mendatang?

Kegiatan menarik di pulau Ayer

Aktivitas di Pulau AyerKredit Gambar: Google Maps Mohammed Hussain

Sama seperti di tempat wisata lainnya, di Pulau Ayer sendiri terdapat berbagai jenis aktivitas yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah berkeliling pulau dengan berbagai cara. Anda bisa menggunakan sepeda dan jogging santai sambil menikmati pemandangan pulau. Dengan ini, Anda juga bisa menjadikan kegiatan liburan Anda menjadi waktu berolahraga.

Selain itu, hal lain yang bisa Anda lakukan adalah mencari kuliner. Di pulau Ayer sendiri terdapat restoran terapung yang menawarkan berbagai olahan lezat. Bersama keluarga dan teman-teman berlibur, Anda bisa menikmati berbagai persiapan dari restoran. Anda juga bisa merasakan sensasi lain saat mencicipi makanan di perairan ini.

Tidak hanya itu, karena di pulau populer ini terdapat banyak area khusus untuk pengunjung, yang membuat Pulau Ayer sangat cocok sebagai tempat wisata anak-anak. Misalnya, ruang berupa taman bermain untuk balita Anda bermain. Ada juga area untuk kegiatan keluar yang dapat menampung banyak pengunjung. Namun, di Pulau Anyer Anda tidak bisa snorkeling atau menyelam.

Bagi pecinta kegiatan memancing, Pulau Ayer juga merupakan tujuan wisata yang sangat baik untuk dikunjungi. Karena di sana, Anda bisa merasakan sensasi memancing dari atas chalet terapung yang ada. Pada malam hari, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman memancing di tempat ini. Tentunya pengalaman ini akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Akomodasi di Pulau Ayer

Akomodasi di Pulau AyerKredit gambar: Google Maps Nico

Sebelumnya diketahui ada banyak cottage terapung di pulau Ayer. Cottage inilah yang bisa Anda lakukan sebagai pilihan tempat menginap. Meski berada di atas laut, fasilitasnya seperti hotel berbintang. Seperti fasilitas berupa mini bar, TV, AC, kulkas dan juga shower air panas dan dingin.

Anda juga akan memiliki pemandangan yang indah saat berada di pondok terapung. Di area akomodasi yang sama, Anda juga bisa menemukan restoran terapung bagi Anda yang ingin berburu sajian kuliner. Karakter unik dari pondok terapung ini juga terlihat pada bahan konstruksi yang digunakan. Karena pondok terapung ini terbuat dari kayu, sehingga memiliki ciri khas yang terlihat begitu artistik.

Setidaknya ada puluhan cottage terapung yang bisa Anda pilih. Setiap chalet terapung juga memiliki balkon atau teras di bagian belakang. Berada di balkon Anda bisa menikmati pemandangan alam yang mengelilinginya. Spot foto menarik bisa Anda dapatkan saat berkunjung dan menginap di floating chalet.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Ayer

Fasilitas Pulau AyerKredit gambar: Google Maps Fadhila Hasna Athaya

Ada berbagai fasilitas yang bisa Anda temukan di Pulau Ayer. Dari fasilitas berupa tempat untuk keluar dan juga tempat yang didesain khusus untuk anak-anak bermain. Anda juga dapat menemukan berbagai tempat yang menyewakan wahana olahraga air. Misalnya wahana berupa banana boat, jet ski dan juga sepeda surfing. Tidak hanya itu, masih banyak fasilitas modern lainnya yang bisa Anda temukan di Pulau Ayer.

Fasilitas modern yang dibahas di sini adalah kolam renang, lapangan voli pantai, lapangan basket, toko suvenir, serta dermaga yang dirancang khusus untuk kegiatan memancing. Mengenai fasilitas berupa akomodasi, dapat dikatakan bahwa di pulau Ayer terdapat pilihan yang berbeda dalam hal ini. Misalnya akomodasi dengan konsep floating cottage yang juga menjadi daya tarik pulau ini.

Di kawasan pulau juga telah direncanakan sebuah taman yang ditata sedemikian rupa untuk para pengunjung yang datang. Ada patung-patung dengan ciri khas budaya Asmat di taman tersebut. Dengan banyaknya fasilitas yang ditawarkan di salah satu Kepulauan Seribu, kami berharap liburan Anda akan lebih menyenangkan dan berkesan.

Ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan saat bepergian ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu. Mulai dari mengunjungi pondok-pondok terapung Nusantara yang kaya akan budaya hingga berburu makanan lezat di restoran terapung di sana. Fasilitas modern pulau ini juga menjadi daya tarik pulau ini. Dari ulasan ini tentunya dapat dikatakan bahwa Pulau Ayer layak untuk dijadikan tujuan wisata utama di Jakarta.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button