Pulau Siberut Mentawai, pulau eksotis nan mempesona yang kaya akan keanekaragaman hayati - WisataHits
wisatahits

Pulau Siberut Mentawai, pulau eksotis nan mempesona yang kaya akan keanekaragaman hayati

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp95.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Daerah. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Pulau Siberut adalah salah satu pulau di utara Pulau Mentawai dan berjarak 150 km dari bagian barat Pulau Sumatera. Tempat ini dihuni oleh sejumlah penduduk yang memiliki budaya yang cukup kuat, yang disebut dengan Suku Mentawai. Wisatawan yang datang ke pulau ini bisa mengenal dan merasakan budaya di sana.

Destinasi pulau yang cukup terkenal di kalangan masyarakat dari berbagai daerah bahkan mancanegara. Tidak hanya menyuguhkan budaya yang sangat kental, pulau ini juga memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Maka tidak heran jika Pulau Siberut ditetapkan sebagai salah satu Taman Nasional Siberut dengan luas sekitar 1.905 km pada tahun 1993.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sana, sangat disarankan untuk menikmati keanekaragaman hayati yang begitu banyak dan lengkap dengan bentuknya yang begitu mempesona dan indah dipandang. Wisatawan bisa mengenal dan merasakan keanekaragaman Pulau Sirebut. Jadi, buat kamu yang masih penasaran dengan pulau ini, bisa langsung ke sana.

Atraksi Pulau Siberut

Daya Tarik Pulau SiberutKredit gambar: Piknik Facebook Yuk

Siberut adalah salah satu pulau yang terletak di provinsi Sumatera Barat. Biasanya dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah dan luar negeri. Pulau ini dekat dengan beberapa destinasi wisata favorit di pulau lain. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan keanekaragaman hayati yang begitu eksotis dan mempesona.

1. Keanekaragaman Hayati

Pulau Siberut terkenal dengan keanekaragaman hayatinya yang kaya. Ada sekitar 900 spesies tumbuhan berpembuluh dan 31 spesies mamalia. Terdiri dari 65% mamalia dan 15% hewan endemik. Selain itu, juga memiliki 134 jenis burung.

Dengan keanekaragaman hayati yang bervariasi, pulau ini memiliki daya tarik. Sehingga banyak pengunjung yang datang memanfaatkannya untuk belajar tentang keragaman ini. Tak heran, jika tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat dari berbagai daerah maupun dari luar negeri.

2. Lingkungan Pulau Siberut

Daya tarik kedua adalah lingkungan sekitar pulau yang dikenal dengan Alun-alun Nasional Siberut. Pulau ini dibuat pada tahun 1993 dengan luas 1.905 km. Sekitar 70% hutan berada di luar cagar alam. Situs ini digunakan sebagai konsesi kehutanan.

Pada tahun 2001, UNESCO memberikan penekanan pada perlindungan ekosistem di wilayah pulau. Program ini melibatkan berbagai kelompok perlindungan, kemitraan dan pemerintah daerah, serta pendekatan serupa masyarakat. Dari luasnya lingkungan pulau, juga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin datang.

3. Budaya pulau

Pulau Siberut dihuni oleh penduduk yang cukup besar yaitu sekitar 30.000 hingga 35.000 jiwa, dengan tentunya budaya yang sangat kental. Penghuni pertama pulau ini adalah etnis Batak. Namun, saat ini pulau tersebut menjadi tempat penting bagi penduduk lokal yang memiliki suku bernama Suku Mentawai.

Dengan budaya Mentawai yang kental, tempat ini memiliki ciri khas tersendiri. Sehingga dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat di berbagai daerah bahkan dunia. Selain menjadi tempat favorit untuk merasakan budaya Indonesia.

4. Pemandangan bawah laut

Pulau ini juga terkenal dengan terumbu karangnya yang begitu indah dan mempesona. Ada berbagai jenis terumbu karang yang indah dan membuat mata indah dan mempesona untuk dilihat. Ikan-ikannya berwarna-warni dengan berbagai jenis spesies yang juga dapat menambah eksotisme bawah laut.

Pemandangan bawah laut yang indah, megah dan eksotik menjadi salah satu daya tarik destinasi pulau ini. Sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk menyelam melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang sangat menakjubkan.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau SiberutKredit gambar: Twitter Pulau Beau Indonesia

Pulau siberut adalah salah satu pulau di provinsi sumatera barat. Tepatnya berada di sebelah utara Pulau Mentawai, dan 150 km dari bagian barat Pulau Sumatera. Akses menuju lokasi pulau ini sangat mudah untuk dicapai karena ada penyediaan perahu dari dermaga dan kemudian membawa Anda ke pulau.

Rute menuju tujuan dapat ditempuh dengan menggunakan berbagai jenis transportasi air seperti kapal laut, speedboat, kapal antar pulau, dll. Dengan waktu tempuh yang berbeda tergantung dari jenis kapal yang digunakan.

Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan dari dermaga ke Siberut dengan kapal lagi. Bagi anda yang ingin kesana namun takut dengan fasilitas yang mereka gunakan, kini anda tidak perlu takut karena semua sarana yang digunakan untuk mengantar wisatawan ke destinasi tersebut memiliki keamanan dan kekuatan untuk melawan gelombang air laut.

Saat anda memasuki suatu destinasi wisata tentunya anda akan dikenakan biaya tiket masuk, namun berbeda dengan pulau ini karena di Siberut anda tidak membayar tiket masuk. Sehingga Anda bebas menikmati keanekaragaman hayati, dan budaya, serta keindahan pulau yang begitu indah dan mempesona tanpa harus membayar tiket masuk.

Anda hanya membayar sewa perahu untuk sampai ke destinasi ini atau menikmati keindahan bawah lautnya. Harga ditetapkan sesuai dengan kebijakan pengelola Siberut.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Siberut

Aktivitas Seru di Pulau SiberutKredit Gambar: Facebook Wonderful Indonesia

1. Bermain snorkeling atau menyelam

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama menginap adalah snorkeling atau diving. Lokasi pulau yang menyuguhkan panorama indah ini kaya akan terumbu karang dan ikan berbagai jenis.

Tak terbayangkan, banyak pecinta hobi menyelam memanfaatkan masa tinggal mereka di sini untuk mengagumi keindahan bawah laut. Anda bisa melakukan aktivitas menarik di pulau ini bersama keluarga atau bahkan teman-teman Anda.

2. Ambil gambar

Aktivitas yang wajib dilakukan saat mengunjungi Pulau Siberut adalah berfoto. Di sana Anda dapat mengabadikan momen Anda dengan berfoto di dalam air dengan latar belakang pemandangan bawah laut yang indah dan mempesona. Dihiasi dengan terumbu karang yang indah dan berbagai jenis ikan.

Latar belakang yang eksotis menambah objek foto yang diambil menjadi lebih bagus dan terlihat menarik. Jadi sayang sekali jika Anda tidak mengabadikannya, dan tidak memiliki kenangan berharga tentang tempat yang ia kunjungi.

3. Belajar tentang budaya dan keanekaragaman hayati di Indonesia

Pulau Siberut yang begitu kental dengan budaya tradisionalnya membuat para wisatawan yang datang ke sini penasaran, sampai takjub. Sehingga membuat banyak orang ingin memanfaatkannya untuk mengenal lebih jauh salah satu budaya yang ada di Indonesia. Tidak hanya budayanya yang kuat, pulau ini juga memiliki banyak keanekaragaman hayati.

Pulau yang begitu luas, luasnya sekitar 1905 km, memiliki sekitar 900 spesies tumbuhan berpembuluh dan 31 spesies mamalia. Terdiri dari 65% mamalia dan 15% hewan endemik. Selain itu, juga memiliki 134 jenis burung. Semua keanekaragaman hayati yang ada di pulau ini dimanfaatkan oleh wisatawan untuk mempelajari keanekaragamannya.

Akomodasi murah terdekat

Kamp Selancar MentawaiKredit gambar: Google Maps Mentawai Surf Camp

1. Kamp Selancar Mentawai

Akomodasi Surf Camp Mentawai ini merupakan salah satu akomodasi terdekat di sekitar Siberut. Hostel ini memiliki desain unik dan khas yang ditawarkannya. Apalagi tempat ini juga menawarkan pelayanan yang cukup ramah, kamar yang begitu luas dan nyaman, serta berbagai fasilitas yang lengkap, aman dan bersih untuk digunakan.

2. Rumah Liburan Mentawai

Seperti halnya hostel Mentawai Surf Camp, hostel ini juga memiliki desain yang unik dan khas yang ditawarkannya. Hanya saja hostel ini cukup sederhana namun nyaman digunakan bagi wisatawan yang melintas. Recomended buat kamu yang terbatas biaya karena harga yang ditawarkan hostel ini cukup terjangkau di kantong.

3. Taman Bermain Resor Selancar

Tempat menginap terakhir bernama Playground Surf Resort, hostel ini menawarkan berbagai jenis fasilitas. Apalagi tempat ini memiliki pemandangan yang begitu mempesona dan indah. Sekaligus menjadi tempat akomodasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Siberut Mentawai

Fasilitas Pulau Siberut MentawaiKredit Gambar: Facebook Jelajahi Indonesia

Sebagai salah satu pulau yang terkenal di Kepulauan Mentawai, keberadaan fasilitas tentu sangat penting dan diperlukan. Oleh karena itu, pengelola pulau siberut menawarkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan dapat digunakan oleh pengunjung.

Fasilitas pendukung yang ditawarkan antara lain persewaan alat selam, persewaan perahu dan masih banyak lagi. Semua fasilitas tersedia, disediakan dengan aman dan baik. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan.

Fasilitas tambahan, tempat ibadah, tempat makan, sarana transportasi sungai untuk mengantar wisatawan, tempat penginapan mudah dikenali di kawasan wisata ini. Membuat pengunjung menikmati mengunjungi kawasan ini lebih nyaman.

Ini adalah beberapa atraksi, fasilitas dan rute menuju kawasan wisata Pulau Siberut. Sarana dan prasarana objek wisata ini tentunya sangat lengkap sehingga wisatawan dapat menghabiskan liburan dan menikmati pulau dengan cara yang lebih menyenangkan dan menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button