Prakiraan cuaca BMKG: Hujan di beberapa daerah dan rob di pantai selatan Jawa - WisataHits
Jawa Barat

Prakiraan cuaca BMKG: Hujan di beberapa daerah dan rob di pantai selatan Jawa

TEMPO.CO, jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca Selasa, 26 Juli 2022, dengan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia dan risiko perampokan atau banjir pesisir di pesisir selatan Jawa.

Ibukota provinsi yang diperkirakan akan diguyur hujan dan petir pada Selasa adalah Banjarmasin. Hujan sedang diperkirakan terjadi di Mamuju, Kendari dan Medan. Dan hujan ringan di Banda Aceh, Bengkulu, Gorontalo, Bandung, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Manokwari, Pekanbaru, Makassar, dan Palembang.

BMKG memantau adanya sirkulasi siklon di Selat Makassar yang membentuk titik temu dan memperlambat kecepatan angin (konvergensi) di Selat Makassar.

Daerah konvergensi lainnya terpantau membentang di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera dan barat daya Banten, Laut Cina Selatan, dari Kalimantan Barat hingga Laut Cina Selatan. Kemudian dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dari Laut Banda hingga Sulawesi bagian tengah, Filipina bagian selatan, Laut Maluku, Maluku, Papua Barat, Papua, perairan utara Papua dan Pasifik Utara, Maluku Utara- Papua.

Terpantau pula daerah pertemuan di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Danau Sulawesi, Laut Sulu, Maluku Utara dan Pasifik Utara Papua Barat. Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklon dan di sepanjang daerah konvergensi/pertemuan.

Suhu udara berkisar antara 20 hingga 34°C, dengan suhu terendah di Bandung dan Kupang, sedangkan suhu tertinggi terjadi di Semarang.

Potensi banjir pantai (rob)

Fenomena fase bulan baru dan peningkatan kecepatan angin yang stabil hingga 46 km/jam di pantai selatan Jawa menghasilkan gelombang tinggi 4,0 hingga 6,0 meter yang dapat berdampak pada potensi banjir pesisir di wilayah tersebut.

Berdasarkan analisis pasang surut dan prakiraan serta potensi angin kencang dan gelombang tinggi, kondisi banjir pantai ini dapat terjadi pada 26-27 Juli 2022 di pantai selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tingkat banjir pesisir berbeda-beda di setiap wilayah. Namun, kondisi ini secara umum dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari masyarakat di sekitar pelabuhan dan pantai, seperti: B. Kegiatan bongkar muat di pelabuhan, kegiatan di pemukiman pesisir serta budidaya garam dan perikanan darat.

Membaca:
Prakiraan cuaca BMKG: Hujan di beberapa daerah, gelombang 6 meter

Source: tekno.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button