Pasca konflik internal, Wisata Keraton Solo dibuka kembali - WisataHits
Jawa Tengah

Pasca konflik internal, Wisata Keraton Solo dibuka kembali

Rabu, 28 Desember 2022 – 12:05 WIB

VIVA Nasional – Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta-Kasunanan membuka kembali akses wisata ke salah satu keraton Dinasti Mataram Islam setelah ditutup menyusul konflik internal di keraton. Kini wisatawan yang berkunjung ke keraton bahkan tidak perlu membeli tiket alias gratis.

pemantauan VIVA, barisan pengunjung tampak terbentang di depan pintu Kori Kamandungan yang merupakan pintu masuk utama menuju pelataran Sasana Sewaka Keraton Kasunanan Surakarta. Tak hanya datang dari Solo, mereka juga datang ke luar kota untuk mengisi liburan akhir tahun Solo.

Keraton Kasunanan Surakarta atau Wisata Keraton Solo baru dibuka untuk umum sejak Selasa 27 Desember 2022 kemarin. Sedianya, wisata keraton ditutup selama hampir dua minggu karena konflik internal yang memanas antara kubu Hangabehi Sinuhun Paku Buwono XIII dengan Lembaga Dewan Adat.

Kebijakan pembukaan wisata Keraton Solo dilakukan oleh Lembaga Dewan Adat Keraton Solo yang dipimpin oleh GKR Wandansari Koes Moertiyah atau lebih terkenal Gusti Moeng. Bahkan, Gusti Moeng dan suaminya, KP Eddy Wirabhumi, tiba di kompleks keraton sekitar pukul 09.00 WIB.

istana tunggal.

Selain itu, Gusti Moeng mengumpulkan sejumlah guide atau pemandu keraton untuk mencerahkan diri sebelum membuka pintu Kori Kamandungan yang menjadi pintu masuk bagi wisatawan. Setelah itu, hingga 25 pengunjung per kelompok diizinkan memasuki pekarangan istana.

Halaman selanjutnya

“Dibuka karena bertepatan dengan liburan Natal dan Tahun Baru. Saya melihat banyak turis yang frustrasi tidak dapat mengunjungi istana. Sebenarnya Sinuhun tidak perlu ditutup untuk kunjungan wisatawan,” kata Gusti Moeng dalam pertemuan di Keraton Kasunanan Surakarta di Srabu pada 28 Desember 2022.

img_title

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button