Prakiraan Cuaca BMKG: Badai Tropis 95S Benih, hujan di beberapa wilayah - WisataHits
Jawa Tengah

Prakiraan Cuaca BMKG: Badai Tropis 95S Benih, hujan di beberapa wilayah

TEMPO.CO, jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau keberadaan benih dari Siklon Tropis 95S di Samudera Hindia sebelah barat Banten. Benih siklon membentuk daerah pertemuan dan memperlambat kecepatan angin (konvergensi) di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera Barat-Banten dan menyebabkan terbentuknya jet rendah (angin pada lapisan permukaan > 25 knot). yang membentang dari Samudera Hindia sebelah barat Bengkulu hingga barat daya Banten.

Sirkulasi siklon berada di Kalimantan Barat dan Selat Makassar, yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Laut Cina Selatan, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, di pantai barat Sulawesi dan di Sulawesi bagian tengah. .

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklon dan di sepanjang daerah konvergensi/pertemuan.

Ibukota provinsi yang diperkirakan akan diterjang hujan dan petir pada Rabu 27 Juli 2022 adalah Banda Aceh, Gorontalo, Banjarmasin, Samarinda, Ternate, Manado, dan Palembang.

Curah hujan sedang diperkirakan terjadi di Bandar Lampung, Ambon dan Medan. Hujan ringan kemungkinan terjadi di Palangkaraya, Tanjung Pinang, Manokwari, Pekanbaru dan Mamuju.

Suhu udara berkisar antara 18-34°C dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Semarang.

Peringatan gelombang tinggi

Pola angin di Indonesia bagian utara dominan timur-tenggara dengan kecepatan angin 5–20 knot, sedangkan di Indonesia bagian selatan dominan timur-tenggara dengan kecepatan angin 5–25 knot.

Kecepatan angin tertinggi diamati di perairan utara Sabang, Laut Jawa bagian timur, Selat Makassar bagian selatan, perairan Kepulauan Wakatobi, Laut Banda, dan Laut Arafuru.

Perairan Gelombang Sangat Tinggi (4,0-6,0 m) di Perairan Barat Kepulauan Nias-Kepulauan Mentawai, Perairan Pulau Enggano, Perairan Lampung Bagian Barat, Selat Sunda Bagian Barat, Selat Sunda Bagian Barat-Selatan, perairan selatan Pulau Jawa-Pulau Sumbawa, Selat Bali Selatan-Lombok-Alas dan Jawa-NTB di selatan Samudera Hindia.

Membaca:
Prakiraan cuaca BMKG: Hujan di beberapa daerah dan rob di pantai selatan Jawa

Source: tekno.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button