Polres Sragen Gandeng Uniba Solo Ukur Kualitas Pelayanan Publik - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Polres Sragen Gandeng Uniba Solo Ukur Kualitas Pelayanan Publik – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama menandatangani MOU pada Kamis (20/10/2022) didampingi Rektor Uniba Solo Amir Junaidi di Aula Satya Haprabu Polres Sragen. (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Polres Sragen bekerja sama dengan Universitas Islam Batik (Uniba) Solo untuk mengukur kualitas pelayanan publik bagi aparat penegak hukum. Ini juga merupakan upaya polisi untuk mendapatkan predikat Kawasan Bebas Korupsi (WBK).

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pengukuran dan penelitian online governance index (ITK-O) oleh Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama dengan Rektor Uniba Solo Amir Junaidi, Kamis (20 Oktober 2022) di markas polisi. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari sejumlah instansi pemerintah dan masyarakat, antara lain Kejari, PN dan BPBD Karanganyar.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Kapolres mengungkapkan pengukuran dan penelitian ITK-O Ini merupakan kegiatan tahunan untuk mengecek kualitas pelayanan publik. Ia berterima kasih kepada Uniba Solo yang telah bekerja sama dengannya untuk melihat pelayanan publik di Polsek Sargen.

“Wajah pelayanan publik Polres Sragen adalah bagaimana masyarakat memandangnya. Ada yang puas, tidak puas, atau tidak puas. Kami menganggap komunitas sebagai pelanggan atau pelanggan sektor publik. Dalam konteks perusahaan besar, komunitas ini adalah pelanggan yang menjadi inti dari pelayanan,” jelas Piter.

Baca Juga: Usia Produktif Pengendara dan Sepeda Dominasi Kecelakaan di Sragen

Pelayanan publik yang diberikan oleh Polres Sragen antara lain penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), Pelayanan Reserse Kriminal, Surat Keterangan Izin Polisi (SKCK) dan lain-lain.

“Pengukuran dan investigasi ITK-O oleh Uniba diperlukan untuk menciptakan keamanan dalam layanan. Penilaian kinerja pelayanan publik harus objektif eksternal, jadi kami meminta Uniba untuk mengambil foto. Kami meminta penilaian kepada Polres Sragen apakah telah menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan keadilan,” ujarnya.

Rektor Uniba Solo Amir Junaidi mengatakan, apa yang akan mereka lakukan dengan Polres Sragen bukan kali pertama Uniba melakukan kerjasama serupa dengan Polres Wonogiri dan Polres Solo.

Baca Juga: Polres Sragen Aktifkan Bantuan Sosial Bagi Masyarakat Yang Terkena Dampak BBM Melalui Jumat Berkah

“Penelitian yang dilakukan di Polres Sragen ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengukuran dan penelitian dilakukan dengan menanyakan pendapat masyarakat tentang pelayanan publik di Polres Sragen. Semoga hasil penilaian ini dapat memberikan hasil yang memuaskan,” ujarnya.

Survei eksternal dan survei internal digunakan dalam mengukur dan meneliti ITK-O.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button