Bangkitkan Pariwisata, PLN Perkuat Ekowisata di Sungai Mudal Yogyakarta - WisataHits
Jawa Tengah

Bangkitkan Pariwisata, PLN Perkuat Ekowisata di Sungai Mudal Yogyakarta

jakarta

PT PLN (Persero) turut memperkuat perekonomian masyarakat, diantaranya melalui Ekowisata Sungai Mudal di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemberdayaan tersebut merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Diketahui, Ekowisata Sungai Mudal yang telah menjadi mitra PLN Peduli selama enam tahun, kini semakin berkembang dan menarik minat pengunjung. Destinasi wisata ini juga telah berhasil menampung hingga 60 pekerja lokal sebagai pengelola dan pengelola perjalanan.

“Dukungan dari PLN ini membantu dalam pelaksanaan program pemerintah yaitu pengentasan kemiskinan, penyerapan tenaga kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar,” kata pengelola Ekowisata Sungai Mudal Rudi Hastaryo dalam keterangan tertulis, Jumat (16/9 2022). .

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Dia mengatakan jumlah pengunjung Sungai Mudal terus meningkat selama tiga tahun terakhir. Sejak Januari 2022 hingga Agustus 2022, pengunjung Ekowisata Sungai Mudal telah mencapai 38.000 orang. Jumlah itu naik 52% dari tahun 2021.

Dalam penguatan Sungai Mudal sebagai ekowisata, PLN telah memberikan bantuan berupa pembangunan fasilitas penunjang seperti camping ground, tempat duduk, pendopo, pendopo, mushola, toilet dan kolam pemandian.

Untuk memastikan keberlanjutan program TJSL, Komisaris PLN Eko Sulistyo didampingi General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY M. Irwansyah Putra melakukan kunjungan pada Selasa (13 ).

Dalam kunjungannya, Eko berpesan kepada masyarakat setempat untuk terus merawat dan mengelola lokasi ekowisata dengan baik agar warga dapat merasakan manfaatnya secara maksimal. .

“Ekowisata milik warga sekitar, coba lestarikan agar ekowisata tetap berbasis masyarakat, sehingga nilai tambah lingkungan alam dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Eko optimistis wisata alam akan semakin diminati wisatawan, terutama pasca pandemi.

“Kalau orang bosan di rumah biasanya mencari wisata alam yang tidak hanya menyejukkan tapi juga terjangkau,” pungkasnya.

(ncm/ega)

Source: news.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button