Politeknik Negeri Lampung menjalin kerjasama dengan City of Glasgow College Scotland - WisataHits
Jawa Timur

Politeknik Negeri Lampung menjalin kerjasama dengan City of Glasgow College Scotland

Politeknik Negeri Lampung menjalin kerjasama dengan City of Glasgow College Scotland

TEMPO.CO, jakarta – Sekali mendayung, dua atau tiga pulau disilangkan. Mungkin itu ungkapan yang tepat untuk menggambarkan keikutsertaan Meyliana Astriyantika dalam program Certificate of Competency and Certified Internship 2022 di City of Glasgow College, Skotlandia. Selain banyak manfaat dari program tersebut, dosen program studi D3 perjalanan pariwisata Politeknik Negeri Lampung (Polinela) ini juga berhasil menjalin kerjasama luar negeri dengan pihak kampus.

City of Glasgow College Scotland adalah kampus tempat Meyliana berpartisipasi dalam program yang bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam pendidikan kejuruan yang lebih tinggi. Meyliana merupakan salah satu dari 18 dosen profesional yang berhasil lolos seleksi dan dikirim ke sejumlah universitas bergengsi di Inggris dan Amerika Serikat.

Baca juga: Diklat dan Belajar Mandiri Batch 4 Dibuka, Ini Pendaftarannya

Meyliana mengikuti program yang dibiayai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Departemen Keuangan selama kurang lebih empat minggu. “Saya berangkat ke City of Glasgow College Scotland pada 5 November 2022 untuk mengikuti rangkaian kegiatan terkait pengelolaan fasilitas kampus vokasi dengan tema ‘Pengembangan Kompetensi Profesi Fakultas VET’,” ujar Meyliana seperti dikutip dari vokasi. kemdikbud.go.id pada Rabu 4 Januari 2023.

Selama berada di City of Glasgow College di Skotlandia, Meyliana mengaku mendapat banyak ilmu dan wawasan baru terkait pengelolaan kampus, khususnya kampus profesional. Ilmu yang didapat antara lain mengelola alumni, teaching factory, fasilitas kampus, partner industri, dan kerjasama lintas institusi dan lintas negara. Dipercaya juga bahwa beberapa fakultas City of Glasgow College masih terkait dengan program studi di Polinela.

“Saya telah mendekati bagian khusus dari kolaborasi ini sejak awal sedemikian rupa sehingga menjadi hasil nyata bagi Polinela. Juga, saya pikir beberapa fakultas City of Glasgow College masih ada diikat bersama dengan program studi yang ada di Polinela,” ujar Meyliana.

Gayung, draf kerjasama berhasil diselesaikan oleh kedua instansi pada minggu ketiga hingga keempat pelaksanaan program. Hal ini memungkinkan penandatanganan dan pengajuan dokumen kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Polinela dan City of Glasgow College untuk secara simbolis bertepatan dengan upacara penutupan dan wisuda.

Adapun isi kerjasama tersebut antara lain pertukaran mahasiswa, dosen dan staf di bidang penelitian dan joint networking, keikutsertaan dalam seminar dan konferensi ilmiah, serta pertukaran bahan ilmiah dan informasi lain yang disepakati bersama.

“Harapannya, Polinela terus mengembangkan kerjasama aktif dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri agar keterkaitan dan penyesuaian serta pemutakhiran sistem pengajaran dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga: Begini Kegiatan Rektor dan Dosen Unpad di Awal Tahun 2023

Selalu Memperbarui info terbaru. Mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu harusUntuk memasang aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button