Pulau Semau, Destinasi Wisata Bahari Eksotis Mempesona di Kupang - WisataHits
wisatahits

Pulau Semau, Destinasi Wisata Bahari Eksotis Mempesona di Kupang

Biaya kunjungan: Dari Rp 75.000 Jam operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Onansila, Kec. Semau Sud, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Semau terletak hanya 15 menit dari kota Kupang, dapat diakses dengan perahu. Pulau dengan pantai pasir putih ini menyimpan keindahan alam yang sulit untuk diabaikan. Tidak hanya kekayaan alamnya, tetapi juga keindahan adat dan tradisi yang masih terjaga.

Semau merupakan sebuah pulau yang menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Kupang. Pada tahun 2006, pulau indah ini dimekarkan menjadi dua kecamatan, yaitu kabupaten Semau Utara dan Semau Selatan. Jumlah desa di pulau eksotik ini sebanyak 14 desa, 8 desa di Kabupaten Semau Utara dan 6 desa di Semau Selatan.

Nama asli pulau Semau adalah Nusa Bungtilu yang dalam bahasa setempat berarti “bunga tiga warna”. Tiga warna yang membentuk simbol adalah putih, merah dan hitam.

Daya Tarik Pulau Semau

Obyek wisata Pulau SemauKredit gambar: Google Maps Wishnu EW

1. Memiliki beberapa pantai yang indah

Pulau cantik ini dikenal memiliki pantai-pantai menawan yang mengelilingi pulau. Beberapa pantai yang wajib dikunjungi biasanya memiliki pasir putih. Saat berlibur di Pulau Semau, Kupang, pengunjung bisa puas berwisata ke pantai-pantai yang ada. Setiap pantai memiliki pesona tersendiri, jadi mari kita bicarakan.

2. Pantai Liman Nikmati keindahan pantai dari atas bukit

Pantai pertama yang menjadi daya tarik wisata pulau menawan ini adalah pantai Liman. Pantai yang indah ini bisa dilihat dari atas bukit, melihat pantai dari atas pasti menyenangkan tersendiri, terutama bagi wisatawan petualang. Pantai Liman merupakan pantai yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

3. Minuman Pantai Unian Es Krim Kelapa yang Menyegarkan

Lokasinya berada di desa Unian, sehingga penduduk sekitar pantai ini menamakannya Pantai Unian. Pantai pasir putih ini memiliki banyak pohon kelapa dibandingkan dengan pantai lain di Pulau Semau. Hamparan pasir putih pantai yang disandingkan dengan batu karang yang tertata apik menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.

4. Pantai Onanbalu merupakan tempat para pembudidaya rumput laut

Pantai Onanbalu berada di Teluk Onanbalu. Berbeda dengan Pantai Unian yang memiliki banyak pohon kelapa, di Pantai Onanbalu pengunjung akan banyak menemukan semak belukar.

Lokasi sempurna untuk menghantui milenial. Di Pantai Onanbalu, pengunjung dapat melihat aktivitas petani rumput laut setempat.

5. Pemandangan terbaik Pantai Otan

Jika ditanya pantai mana yang memiliki view terbaik di Pulau Semau, jawabannya adalah Pantai Otan. Pantai ini menjadi tempat terdekat yang bisa dikunjungi pengunjung saat berlibur di pulau eksotik ini. Gradasi memukau air laut bewarna biru muda siap memanjakan mata bersanding dengan pasir pantai putih halus.

6. Pantai Uimake Pesona pantai di pinggir tebing

Ingin mengunjungi pantai yang memiliki tebing tinggi, inilah rekomendasi Pantai Umike.

Sekalipun untuk menuju ke sana harus melintasi tanah yang luas dan gersang, namun semua itu akan terbayar dengan indahnya pantai dengan tebing-tebing yang tinggi. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat kawanan kerbau mencari makan.

7. Pantai Melengkung Pantai Uitiuhtuan

Pantai Uitiuhtuan merupakan pantai pasir putih dengan air laut biru yang indah. Pantai cantik ini memiliki garis pantai yang melengkung. Daya tarik Pantai Uitiuhtuan adalah pengunjung dapat menjumpai sekumpulan kuda poni yang lucu.

8. Pantai Bahansalit

Anda ingin mencari pantai yang jarang dikunjungi orang. Pantai Bahansalit adalah jawabannya. Dari pelabuhan Hansisi, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 10 km untuk sampai ke pantai Bahansalit. Pantai indah ini belum banyak dijamah orang sehingga suasananya selalu sangat asri.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata pulau SemauKredit gambar: Google Maps Marcin Mateusz

Lokasi Pulau Semau Kupang sangat mudah dijangkau, hanya membutuhkan waktu 15 menit menggunakan perahu untuk menuju pulau cantik ini dari pusat kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju pulau eksotis ini, wisatawan hanya bisa menggunakan perahu.

Meski hanya bisa diakses dengan perahu, Anda tidak perlu khawatir karena perahu beroperasi setiap hari. Dari Kota Kupang, wisatawan menempuh perjalanan darat menuju Pelabuhan Tenau menggunakan angkutan umum atau bisa juga menyewa sepeda motor untuk mengantar mereka ke pulau tersebut.

Sesampainya di pelabuhan, wisatawan bisa langsung mencari perahu untuk menuju pelabuhan Hansisi di Pulau Semau. Sesampainya di pelabuhan Hansisi, wisatawan bebas memilih pantai mana yang ada di pulau tersebut.

Setiap pantai memiliki jarak tempuh yang berbeda. Bagi yang belum sewa motor di Kupang bisa memanfaatkan jasa sewa motor warga setempat.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Wisata Pulau SemauKredit gambar: Google Maps Nita Indrayani

Wisatawan harus membayar pajak untuk bisa sampai ke pulau pasir putih ini. Biaya yang dibutuhkan untuk naik perahu sekitar 20.000 per orang. Kapal yang ada hanya akan menyeberang jika penumpang sudah penuh. Jika tidak ingin menunggu terlalu lama, Anda bisa menyewa perahu.

Biaya sewa sekitar 75-100.000 per orang tergantung pada ukuran rombongan. Untuk penumpang yang membawa sepeda motor tarif normalnya adalah 50.000 per orang dengan 1 sepeda motor. Harga tersebut untuk waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Sesampainya di pelabuhan, wisatawan bisa memilih menyewa sepeda motor atau mengambil mobil dari penyedia jasa penduduk setempat.

Di Pulau Semau kondisi jalannya tidak sebaik di Kota Kupang. Masih banyak jalan menuju tempat wisata yang belum diaspal namun masih berbatu dan banyak lubang sehingga saat berkendara harus sangat berhati-hati.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Semau

Kegiatan wisata di Pulau SemauKredit gambar: Google Maps Wishnu EW

1. Jelajahi pulau

Berada di pulau indah nan eksotik yang belum banyak dijelajahi orang tentu menawarkan pengalaman berpetualang tersendiri. Bagi wisatawan yang suka menjelajah tempat-tempat baru tentunya akan senang berada di pulau ini. Wisatawan bisa menyewa sepeda motor untuk berwisata ke beberapa destinasi wisata di pulau tersebut.

2. Berdiri di Bukit Liman

Mengunjungi pantai yang ada di sebelahnya tentu menjadi tujuan utama dari kunjungan ini. Lokasi pantai yang menawarkan keindahan di atas bukit adalah Pantai Liman. Untuk menuju puncak bukit, pengunjung harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki yang cukup menguras tenaga.

Rasa lelah mendaki akan terbayar setelah sampai di puncak dan melihat indahnya pemandangan laut di depan Anda.

3. Ambil foto latar alami

Gambar-gambar indah di Pulau Semau dengan latar belakang alam. Ada banyak pantai yang bisa dikunjungi, pengunjung pasti senang berfoto, berbagai pose bisa dijelajahi dengan gaya yang unik dan menarik.

Setiap pantai memiliki ciri khas dan keindahan tersendiri yang tidak boleh dilewatkan. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas untuk membuat spot foto.

4. Malam di tempat yang damai

Keuntungan utama berwisata ke pulau ini adalah pengunjung tidak akan khawatir dengan hiruk pikuk kepadatan kota. Disini jalanannya selalu sepi, suasananya selalu sepi, damai dan tentunya nyaman.

Aktivitas menarik di pulau cantik ini adalah bisa menginap di hostel yang masih asri. Wisatawan juga bisa tinggal bersama warga jika ingin merasakan sensasi yang berbeda.

5. Lihat kearifan lokal

Pulau Semau menyimpan banyak sekali keindahan, tidak hanya kekayaan alamnya tetapi juga kearifan lokalnya. Di pulau menawan ini, wisatawan akan menemukan penduduk setempat yang ramah dan mudah bergaul. Kearifan lokal yang dapat dilihat adalah proses petani rumput laut, pengrajin kain tenun dan lain-lain.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas wisata Pulau SemauKredit gambar: Google Maps Wishnu EW

Berbagai fasilitas dapat ditemui di Pulau Semau, antara lain fasilitas umum seperti toilet dan area parkir yang disediakan di setiap pantai serta tempat umum seperti pelabuhan. Biaya retribusi parkir kendaraan di setiap pantai berbeda-beda sesuai dengan kebijakan pengelola.

Fasilitas spot foto, banyaknya pantai di pulau yang indah ini menarik banyak pengelola yang kreatif warga sekitar untuk membuat spot foto yang indah dan menarik. Pengunjung bisa menikmati spot foto ini sebagai oleh-oleh. Abadikan setiap momen berharga agar kenangan pulau manis ini abadi selamanya.

Fasilitas akomodasi bermalam juga telah disediakan oleh pihak pengelola pulau. Mulai dari villa, hotel, kampus, resort. Meski bukan resor mewah, pilihan tempat akomodasi membuat wisatawan baik lokal maupun mancanegara semakin nyaman saat ingin berlama-lama di kawasan pulau ini.

Tips saat ingin berlibur ke Pulau Semau Kupang. Pertama, pastikan membawa perbekalan logistik yang cukup seperti minuman dan makanan. Kedua, bawalah tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sengatan matahari. Penekanan ketiga pada kecantikan ada di depan mata bila ada. Keempat, rencanakan perjalanan untuk berapa lama dan pantai mana yang ingin Anda kunjungi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button