Polisi sedang menyiapkan rencana untuk mengatasi refluks puncak pada 1 Januari 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Polisi sedang menyiapkan rencana untuk mengatasi refluks puncak pada 1 Januari 2023

TEMPO.CO, jakarta – Polisi disebut telah menyiapkan beberapa rencana rekayasa lalu lintas untuk arus balik Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Langkah ini diambil untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono. Dia memperkirakan 1 Januari 2023 akan menjadi puncak liburan akhir tahun atau Nataru.

“Puncaknya pada Minggu, 1 Januari 2023,” kata Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono seperti diberitakan tempo.co dari situs berita Di antara hari ini, Sabtu, 31 Desember 2022.

Lebih lanjut Gatot mengatakan tingkat lalu lintas kendaraan masih normal hingga Jumat, 30 Desember 2022. Saat itu lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek masih kurang dari 3.000 kendaraan per jam.

Menurut laporan Di antara, Padatnya kendaraan mulai terlihat di pintu tol Cikampek Utama pada Jumat malam. Beberapa mobil dikabarkan mulai memasuki kawasan Jakarta dari arah Transjawa.

Di sisi lain, Dirjen Korlantas Polri, Brigjen Pol. Yusri Yunus mengatakan, Korlantas Polri menyiapkan rencana aksi rekayasa lalu lintas selama arus balik liburan Nataru.

Ia memperkirakan lalu lintas kendaraan di kawasan itu rata-rata di bawah 3.000 unit per jam. Polisi baru akan menerapkan rekayasa lalu lintas ketika rata-rata kendaraan mencapai 5.500 unit per jam.

Dalam hal ini, petugas kepolisian menerapkan sistem arus balik untuk satu jalur. Ketika volume kendaraan melebihi 8.500 unit per jam, pihak berwenang akan menerapkan sistem satu arah.

Serangkaian upaya mengatasi kemacetan kendaraan selama hari raya Nataru merupakan bagian dari Operasi Lilin 2022. Dalam operasi tersebut, polisi mengerahkan 166.791 personel gabungan yang tersebar di 188 posko, 776 posko pelayanan, dan 70 posko terpadu.

Baca Juga: Motor Listrik Gesits Diekspor Ke Nepal Berapa Unit?

DI ANTARA

Apakah Anda ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram GoOto

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button