PMM objek wisata, mahasiswa UMM gali informasi sejarah Sirra - WisataHits
Jawa Timur

PMM objek wisata, mahasiswa UMM gali informasi sejarah Sirra

Kabupaten Malang, spiritnews.co.id Meski pandemi Covid-19 telah dinyatakan berakhir, masyarakat tetap disarankan untuk mengutamakan protokol kesehatan sesuai anjuran WHO (World Health Organization).

Hal ini diterapkan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang melakukan pengabdian masyarakat mahasiswa (PMM) di salah satu destinasi wisata Sumber Sira di Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Rombongan 20 mahasiswa Gelombang 11 bersama Pembimbing Lapangan (DPL) Mohamad Irkham Mamungkas, ST., MT mengajak masyarakat khususnya pengunjung objek wisata ini untuk menjaga kesehatan.

“Kami membantu melengkapi fasilitas dengan membagikan sabun cair di setiap wastafel di sekitar Wisata Sumber Sira dan memperjelas rambu-rambu yang mengarah ke tempat wisata,” kata Caesaruddin Bima, salah satu mahasiswa, dalam siaran pers tertulis yang dikirim ke penerbit. dari spiritnews.co.id, Jumat (28/10/2022).

Selain itu, mereka juga mencari informasi dari pengelola Sumber Sira. Menurut informasi, dulu ada seorang pengembara dari Demak Bintoro bernama Mbah Sirajudin, ia adalah seorang punggawa dari Kesultanan Demak dan berlatih meditasi di balik pohon besar di tengah Sumber Sira.

Masyarakat setempat juga meyakini bahwa makam Mbah Sirajudin berada di balik pohon besar yang kini kemungkinan tertutup akar besar dan tenggelam di Sumber Sira.

Sementara itu, Sumber Sira dimaknai dari dua perspektif yang berbeda. Pertama oleh seorang pertapa bernama Mbah Sirajudin (nama depan Sira). Kedua, Sira diartikan sebagai kepala dalam bahasa Jawa, yang merupakan gambaran seorang sumber menjadi sumber yang memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.(rls/merah/pak)

Penerbit: Lassarus Samosir, SE

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button