Menjelajahi Keindahan dan Keunikan Pantai Goa Cina di Malang - WisataHits
Jawa Tengah

Menjelajahi Keindahan dan Keunikan Pantai Goa Cina di Malang

Kota Malang yang terletak di Jawa Timur dikenal memiliki beragam destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Salah satu destinasi wisata di Malang yang patut diperhatikan adalah pantai Goa Cina.

Sebenarnya Pantai Goa Cina bukanlah nama asli dari objek wisata ini. Fany Putra dalam bukunya yang berjudul “Pengembangan tempat wisata di pantai Goa Cina Kabupaten Malangmenjelaskan, nama asli pantai ini adalah Rowo Indah.

Nama itu berubah sekitar dekade 1990-an karena seorang biksu dari China bernama Hing Hook ditemukan tewas di sebuah gua di tepi pantai. Konon Hing Hook bermeditasi atau bersemedi di gua ini hingga akhir hayatnya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa masyarakat sekitar menyebut pantai ini sebagai Pantai Goa Cina.

Keunikan Pantai Goa China

Pantai Goa China memiliki keindahan alam tersendiri. Kelebihan dari pantai ini adalah pantainya yang masih asri, dengan air laut yang bersih. Pantai ini juga menjadi tempat bertemunya gelombang laut dari barat, selatan dan timur. Dari pertemuan gelombang tersebut timbul gelombang yang unik dan tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Pantai ini bisa menjadi referensi tempat liburan yang harus diperhitungkan. Karena jika suasananya masih asri, wisatawan bisa piknik di pantai sambil menikmati pemandangan laut dan ombak. Ada juga persewaan tikar dan warung makan, sehingga wisatawan tidak perlu membawa tikar dari rumah.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan selain permainan air atau berenang tentunya mengunjungi goa yang merupakan bagian dari pantai ini. Gua tersebut berada di atas bukit karang tak jauh dari pintu masuk.

Panorama pantai Goa China juga diperkaya dengan keberadaan tiga pulau di sekitarnya, yaitu Pulau Bantengan, Pulau Gua China dan Pulau Nyonya yang terletak di tengah pantai Goa China dan dapat memanjakan mata saat memandang ke luar. laut.

Akses menuju pantai ini tidak sulit karena dekat dengan pantai Bajul Mati dan Teluk Asmara. Wisatawan dapat menempuh perjalanan selama 2 jam dari pusat kota Malang untuk sampai ke sini.

Untuk tiket masuk ke pantai Goa China, wisatawan dikenakan biaya Rp 10.000 per orang. Jika wisatawan ingin masuk ke dalam kawasan Goa dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000.

Jika wisatawan datang ke pantai Goa Cina dengan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Keindahan Pantai Goa Cina dapat dinikmati oleh wisatawan sepanjang waktu karena Pantai Goa Cina buka 24 jam. Hingga wisatawan juga bisa menikmati sunrise dan sunset di pantai ini.

Source: katadata.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button