Pemenang Penghargaan Desa Wisata Indonesia 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Pemenang Penghargaan Desa Wisata Indonesia 2022

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI telah mencapai puncak program Penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Malam penghargaan digelar pada Minggu (30/10) dan diberikan kepada 10 desa pemenang ADWI 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi dan selamat kepada 50 desa wisata terpilih. Mereka adalah desa liburan terbaik dari sekitar 3.000 desa lain yang ikut tahun ini.

“Saya sangat mengapresiasi 3.419 desa wisata dari 34 provinsi yang turut serta berhasil menciptakan peluang usaha, memajukan UMKM daerah dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di daerahnya. Selamat kepada desa-desa yang menjadi juara,” kata Sandiaga, dikutip dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI.

Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Indonesia sebelumnya telah mengevaluasi desa wisata di bawah tujuh aspek dengan empat kategori tambahan. Ketujuh aspek tersebut adalah desa liburan terbaik dalam kategori kelembagaan desa, daya tarik pengunjung, CHSE, souvenir, digital dan kreatif, homestay dan toilet umum.

Baca juga:

Desa Nglanggeran dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia Tahun 2021

Desa wisata disebut-sebut sebagai motor penggerak revitalisasi pariwisata nasional. (Foto: Kemenparekraf RI)

Selain itu, ada tiga kategori tambahan yaitu Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang dan Desa Wisata Maju. Terakhir, desa dengan kategori Desa Terfavorit ditentukan dengan mengumpulkan suara terbanyak dari warga dengan perolehan likes di YouTube Kemenparekraf pada 24-28 Oktober 2022.

Berikut daftar para pemenang Anugerah Desa Wisata 2022:

Desa Wisata Terpopuler ADWI 2022

Desa Wisata Buluh Duri di Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Dipilih karena keunggulannya atas Wisata Aliran Sungai Bahbolon.

Desa percontohan ADWI 2022

Desa Wisata Sembungan di Wonosobo, Jawa Tengah. Dipilih karena kelebihannya sebagai desa tertinggi di pulau Jawa.

Desa Wisata Pengembangan ADWI 2022

Desa wisata Paringan di Tanah Datar, Sumatera Barat. Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Indonesia memutuskan untuk memilih desa tersebut sebagai desa pertanian pertama di Minang.

Desa Wisata Maju ADWI 2022

Desa Wisata Semen di Blitar, Jawa Timur. Keunggulan desa yang satu ini adalah wisata alam dan edukasi tentang membatik.

Kategori Kelembagaan Desa Wisata ADWI 2022

Desa Wisata Dayun di Siak, Riau. Desa ini terkenal dengan rawa gambut di Danau Zamrudnya yang unik.

Baca juga:

5 Desa Wisata Prima Donna di Yogyakarta

Hanya 50 dari 3.419 desa yang terdaftar yang terpilih. (Foto: Kemenparekraf RI)

Kategori atraksi pengunjung ADWI 2022

Desa Wisata Keris di Sumenep, Jawa Timur. Jika Anda berkunjung ke desa yang satu ini, Anda wajib membawa pulang oleh-oleh keris.

Kategori CHSE ADWI 2022

Desa wisata Barania di Sinjai, Sulawesi Selatan. Jika Anda berkunjung ke desa Barania, Anda tidak perlu khawatir dengan kebersihannya karena ada aspeknya kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan.

Kategori souvenir ADWI 2022

Desa Wisata Tanah Loang Balog di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Selain oleh-oleh yang unik dan kreatif, Desa Taman Loang Baloq juga memiliki pantai yang wajib dikunjungi, wisata sejarah dan wisata religi.

Kategori Digital Kreatif ADWI 2022

Desa wisata Budo di Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Saat Anda berkunjung ke Desa Budo, pastikan untuk menikmati pemandangan indah di Pegunungan Dapi Dapi.

Kategori homestay ADWI 2022

Desa Wisata Negeri Hila di Maluku Tengah, Maluku. Anda bisa tetap nyaman keluarga angkat terbaik di Hila Country Village, kemudian nikmati serunya wisata budaya, bahari dan kuliner di Hila Country Village. (Omongan)

Baca juga:

Kemenparekraf perkuat destinasi desa wisata

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button