Pesona Keindahan Alam Geopark Ciletuh di Sukabumi - WisataHits
wisatahits

Pesona Keindahan Alam Geopark Ciletuh di Sukabumi

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Girimukti, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Sukabumi merupakan salah satu kota terkecil di Jawa Barat. Meski begitu, kota yang dikenal sebagai penghasil manggis terbesar ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Luasnya keanekaragaman hayati dan pesona alam yang masih alami sangat layak untuk dikunjungi.

Di Kota Sukabumi, Anda bisa melepaskan segala penat dan stres melalui kesibukan sehari-hari. Pengunjung dapat menikmati berbagai destinasi wisata menarik yang bahkan banyak yang belum terjamah teknologi sehingga masih alami dan segar.

Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata. Dari gunung, pantai, laut, bukit, air terjun dan masih banyak lagi. Semua pesona alam yang luar biasa ini bisa Anda nikmati di Geopark Ciletuh Sukabumi. Berikut penjelasan lengkap Geopark Ciletuh di Sukabumi.

Sekilas Tentang Wisata Geopark Ciletuh di Sukabumi

Sekilas Tentang Geopark CiletuhKredit gambar: Twitter Agus Rustiawandi

Berada di lokasi yang strategis membuat tempat wisata ini begitu populer di kalangan wisatawan. Ditambah lagi, sebagian besar destinasi masih sangat alami dan belum terjamah oleh teknologi. Sehingga pengunjung bisa langsung merasakan sensasi alam alam sekitar.

Geopark Ciletuh di Sukabumi bahkan telah diakui oleh Unesco pada tahun 2015 sebagai geopark global. Hal ini tidak terlepas dari warisan geologi yang luar biasa yang juga dipadukan dengan keanekaragaman hayati dan budaya yang tersimpan di sana. Belum lagi keindahan pesona alam yang tersebar luas dan akan menjadi daya tarik bagi setiap pengunjung.

Geopark Ciletuh memiliki luas 128.000 hektar dan mencakup delapan kecamatan di wilayah Sukabumi. Wajar saja, dengan wilayah yang begitu luas, Geopark memiliki tempat wisata yang indah mulai dari pegunungan, perbukitan, berbagai pantai yang sangat indah, air terjun, taman alam dan masih banyak lagi.

Bagi anda yang berada di Sukabumi tentunya jangan sampai melewatkan destinasi wisata Geopark Ciletuh yang satu ini. Dengan banyaknya tempat wisata, rasanya sehari tidak akan cukup untuk mengeksplor keindahan alam yang ada di luar sana. Untuk ini Anda perlu mempersiapkan beberapa hari dan mengundang kerabat atau kolega agar lebih menyenangkan.

Objek Wisata Keindahan Alam Geopark Ciletuh

Objek Wisata Geopark CiletuhKredit gambar: Facebook Wisata Alam Sukabumi

Geopark Ciletuh di Sukabumi memiliki daya tarik yang kuat untuk dikunjungi. Bagaimana tidak, masih banyak tempat wisata alam yang menarik untuk dijelajahi. Pilihan tempat yang variatif tentunya akan membuat Anda lebih betah dan akan membuat Anda merasa tertantang. Selain itu, pesona alam yang ditawarkan selalu tampak alami, bersih dan selalu sangat terawat.

Bagi Anda yang suka menghabiskan waktu di pantai. Geopark Ciletuh di Sukabumi juga memiliki pantai yang indah. Ada beberapa pilihan pantai yang populer seperti Pantai Ujung Genteng dan Muara Cipanaikan. Keduanya memiliki pantai yang luas, pasir putih dan air yang hijau. Bersantai akan membuat Anda merasa seperti berada di pulau dewata.

Jika Anda menyukai tantangan dengan pergi ke hutan atau alam. Geopark Ciletuh di Sukabumi memiliki beberapa puncak atau bukit yang bisa dijelajahi pengunjung. Salah satunya adalah puncak Darma yang berpuncak pada ketinggian 230 meter di atas permukaan laut. Anda harus berjuang untuk sampai ke puncak, namun sesampainya di sana, Anda bisa melihat indahnya pesona alam di sekitar Sukabumi yang begitu menakjubkan.

Saat mengunjungi Geopark Ciletuh di Sukabumi, Anda tidak hanya bisa mengunjungi berbagai pesona wisata yang menakjubkan. Jika ingin mengetahui budaya masyarakat sekitar, bisa dengan mengunjungi kesepuhan Ciptagelar. Di sana, pengunjung akan mengenal budaya dan kearifan lokal yang masih didukung oleh masyarakat setempat.

Fasilitas Geopark Ciletuh di Sukabumi

Fasilitas Geopark CiletuhKredit Gambar: Google Maps Faisal D Purnawarman

Jika Anda berencana untuk menghabiskan waktu luang atau liburan Anda di Geopark Ciletuh, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dan kenyamanan. Keamanan dan kenyamanan pengunjung selalu menjadi prioritas bagi penyelenggara. Untuk menunjang itu semua, bahkan di setiap destinasi telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap mulai dari area parkir kendaraan, mushola dan kamar mandi.

Banyaknya tempat wisata yang bisa dieksplor membuat pihak penyelenggara sadar bahwa Anda bisa berlama-lama menginap di Geopark Ciletuh Sukabumi. Oleh karena itu, beberapa hostel bisa disewakan untuk Anda dan keluarga bermalam di sana. Segala kepenatan berpetualang akan terbayar dengan beristirahat di resort yang super nyaman.

Tidak lengkap rasanya jika menjelajahi suatu daerah tanpa wisata kuliner. Anda tidak perlu panik karena ada berbagai restoran yang menawarkan hidangan lezat yang memanjakan lidah. Beberapa pusat oleh-oleh makanan juga tersedia bagi pengunjung untuk membeli sesuatu untuk rumah.

Petunjuk Menuju Kawasan Wisata Geopark Ciletuh

Rute Geopark CiletuhKredit gambar: Google Maps Aji Aria

Akses menuju Geopark Ciletuh di Sukabumi, Jawa Barat sangat mudah. Semuanya telah dirancang sedemikian rupa sehingga Anda tidak kesulitan untuk sampai ke sana. Pengunjung dapat menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi. Saat bepergian dalam keramaian, akan lebih baik menggunakan kendaraan roda empat agar lebih seru dan kompak.

Jarak yang ditempuh dari pusat kota tidak terlalu jauh mengingat kota Sukabumi sendiri tidak terlalu besar. Bagi Anda yang ingin datang dari ibu kota Jakarta akan memakan waktu 6-7 jam untuk sampai ke tempat wisata tersebut. Namun jalur yang ditempuh sangat mudah untuk diikuti, sehingga pengunjung tidak takut tersesat.

Bagi Anda yang tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi juga tidak perlu khawatir. Beberapa pilihan transportasi juga dapat diakses, seperti bus atau angkutan umum lainnya. Anda hanya perlu langsung menuju tempat tujuan wisata atau berhenti di terminal bus. Selain itu, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menggunakan jasa ojek atau kendaraan sewaan.

Harga Tiket Masuk Geopark Ciletuh

Harga Tiket Geopark CiletuhKredit gambar: Google Maps Ipik Taupik

Jika Anda ingin berlibur di kawasan Geopark Ciletuh di Sukabumi, jangan khawatir soal harga tiket. Karena kawasan wisata populer ini tidak memungut biaya tiket apapun di berbagai tempat. Kalau ada tarif, biasanya hanya sedikit yang terkait dengan parkir kendaraan.

Setidaknya, biaya masing-masing destinasi hanya 3.000-10.000, sudah termasuk parkir kendaraan. Harga yang sangat murah dan tidak sebanding dengan keindahan pesona alam yang luar biasa yang akan bisa anda nikmati.

Anda harus memahami bahwa mungkin ada perubahan harga tiket. Hal ini tentunya tidak terlepas dari perkembangan kawasan wisata. Untuk alasan ini, ada baiknya untuk selalu memantau harga tiket dan akomodasi terbaru jika Anda berencana untuk menginap.

Itulah beberapa informasi yang wajib Anda ketahui tentang pesona keindahan Geopark Ciletuh di Sukabumi. Banyaknya tempat wisata membuat pengunjung betah di sini. Namun pesona alam yang masih asri ini patut untuk dijaga dan dirawat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button