Prakiraan cuaca BMKG: hujan, gelombang ekstrim, banjir, alarm di 6 provinsi - WisataHits
Jawa Timur

Prakiraan cuaca BMKG: hujan, gelombang ekstrim, banjir, alarm di 6 provinsi

Prakiraan cuaca BMKG: hujan, gelombang ekstrim, banjir, alarm di 6 provinsi

TEMPO.CO, jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca Rabu, 25 Januari 2023, diperkirakan akan terjadi hujan, gelombang ekstrem, banjir pesisir, atau banjir rob yang melanda sebagian wilayah Indonesia, serta peringatan dampak curah hujan.

Badai petir diperkirakan terjadi di Surabaya, Banjarmasin, Tarakan, Tanjung Pinang dan Kupang. Hujan intensitas tinggi kemungkinan terjadi di Bandar Lampung dan Mamuju.

Hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Bengkulu, Yogyakarta, Pontianak, Samarinda dan Palembang. Hujan ringan diperkirakan terjadi di Denpasar, Serang, Gorontalo, Jambi, Bandung, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Ambon, Mataram, Manokwari, Pekanbaru, Kendari dan Manado.

BMKG memantau adanya pusat tekanan rendah di Laut Timor dan Samudera Hindia di selatan Jawa Tengah, membentuk daerah konvergensi yang membentang dari Laut Banda hingga Laut Arafuru dan di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah-Jawa Timur .

Sirkulasi siklon terpantau di utara pulau Kalimantan dan di Laut Halmahera yang membentuk kawasan konvergensi yang membentang dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah dan Timur, serta di Samudra Pasifik utara Papua hingga utara Maluku.

Daerah konvergensi juga terpantau, terbentang dari Samudera Hindia sebelah barat Bengkulu hingga Lampung, Samudera Hindia barat daya Banten, Jawa Barat sampai Jawa Timur, Laut Jawa Timur, Selat Makassar sampai Sulawesi Selatan.

Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan tinggi gelombang di sekitar pusat depresi, sirkulasi, dan sepanjang daerah konvergensi.

Suhu udara berkisar 20-33 derajat Celcius dengan suhu terendah di Bandung. Suhu tertinggi terjadi di Gorontalo, Surabaya dan Mataram.

Prakiraan berdasarkan dampak hujan lebat dengan status waspada di Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

Gelombang ekstrem

Pola angin dominan di Indonesia bagian utara adalah barat laut hingga timur laut dengan kecepatan angin antara 5 sampai 30 knot, sedangkan di Indonesia bagian selatan pergerakan dominan dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan angin antara 5 sampai -25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna bagian utara dan perairan Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna.

Gelombang sangat tinggi dengan kisaran 4,0-6,0 meter berpeluang terjadi di perairan utara Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna. Di Laut Natuna Utara, gelombang ekstrem dengan kisaran lebih dari 6,0 meter kemungkinan akan terjadi.

pasang surut pantai

Banjir pesisir masih terjadi di wilayah berikut:

– Pesisir Aceh (Pesisir Sabang, Meulaboh) mulai tanggal 19 sd 26 Januari 2023.

– Pesisir Sumatera Utara (pantai Belawan dan sekitarnya) mulai tanggal 19 sd 26 Januari 2023.

– Pesisir Lampung 21-25 Januari 2023.

– Pesisir Kepulauan Riau (Pantai Karimun) mulai tanggal 17 s/d 29 Januari 2023.

– Pesisir Kepulauan Riau (Dabo) mulai 18 Januari hingga 28 Januari 2023.

– Kepulauan Pesisir Riau (Batu Ampar) mulai 19 Januari s/d 29 Januari 2023.

– Pesisir Kepulauan Riau (Pesisir Tanjung Uban) 21-26 Januari 2023.

– Pesisir Bangka Belitung dari tanggal 20 hingga 28 Januari 2023.

– Pesisir Utara Jawa Tengah 21-28 Januari 2023.

– Pesisir Selatan Jawa Tengah 21-25 Januari 2023.

– Pesisir Timur Jawa mulai 18-25 Januari 2023.

– Pantai Selatan Bali dari tanggal 21 hingga 25 Januari 2023.

– Pesisir Kalimantan Barat (Pontianak dan sekitarnya) mulai tanggal 20 s/d 26 Januari 2023.

– Pesisir Kalimantan Tengah (Kotawaringin Barat) mulai tanggal 22 sd 25 Januari 2023.

– Pesisir Selatan Papua (Kabupaten Waan, Tabonji, Kimaam, Tubang, Okaba, Malind, Semangga, Merauke dan Naukenjerai) 19-25 Januari 2023.

Membaca:
Prakiraan cuaca BMKG: Siklon Tropis 93S, banjir rob, gelombang 6 meter, hujan

Selalu Memperbarui info terbaru. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu harusUntuk memasang aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button