Wisata Kuliner Yogyakarta, Mangut Lele Mbah Marto, Rekomendasi Kuliner Legendaris Untuk Wisatawan, Ini Tempatnya - WisataHits
Yogyakarta

Wisata Kuliner Yogyakarta, Mangut Lele Mbah Marto, Rekomendasi Kuliner Legendaris Untuk Wisatawan, Ini Tempatnya

Koranmemo.com – Berbicara tentang wisata kuliner di Yogyakarta, ada berbagai rekomendasi salah satunya kuliner legendaris Mangut Lele Mbah Marto di Bantul.

Mangut Lele Mbah Marto ini terbilang melegenda karena sudah ada sejak tahun 1960-an. Menu khusus ini benar-benar tradisional.

Seperti dilansir @jogjaaja.com, semua olahan mangut Lele Mbah Marto dimasak dengan kayu bakar. Ikan lelenya diasap, bukan digoreng. Tujuannya agar lele bertahan lebih lama dan tidak tengik.

Baca Juga: Peluang Kerja di PT Pupuk Kaltim, Ikuti Program Magang Magang Pupuk Kaltim Batch-VII 2022 Program Magang

Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri dan jahe. Dihancurkan dalam mortar batu. Rempah-rempah yang dihaluskan dengan proses penumbukan tentu menghilangkan minyak alami dari bahan bakunya, sehingga membuat bumbu lebih beraroma.

Selain itu bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya digoreng dengan gula merah, cabai merah besar, daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas.

Bila sudah harum, ditambahkan santan bersama dengan ikan lele asap. Dengan terus memanaskan luweng, tunggu hingga kuahnya mengental. Proses ini memastikan bahwa wort diserap sepenuhnya oleh ikan lele.

Baca juga: Ingin Bekerja di Bank BNI? Ikut program BINA BNI BATCH 18, berikut region, syarat dan ketentuannya

Cukup rumit untuk memasak menu lele. Kesabaran diperlukan untuk rasa yang sempurna.

Mbah Marto Welsmangut yang legendaris memiliki cita rasa yang sangat enak. Perpaduan rasa pedas dan gurih berpadu dengan manisnya gudeg dan gurihnya opor, serta pedasnya sayur tempe krecek menambah kenikmatan mangut lele buatan Mbah Marto.

Source: www.koranmemo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button