Pertumbuhan konsumsi listrik di wilayah Bandung Barat menjadi basis - WisataHits
Jawa Barat

Pertumbuhan konsumsi listrik di wilayah Bandung Barat menjadi basis

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Selain semakin mendesaknya penggunaan energi listrik pada arus utama masyarakat, pertumbuhannya di suatu daerah juga menjadi bukti kemajuan suatu daerah, baik dari segi ekonomi maupun pertumbuhan penduduk.

Tak terkecuali wilayah Kabupaten Bandung Barat yang baru saja menerima pemekaran daerah dan diresmikan pada 2 Januari 2007 lalu. Setidaknya 1,7 juta orang saat ini tinggal dan menetap di daerah tersebut.

PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cimahi yang mengelola distribusi tenaga listrik di wilayah tersebut, tumbuh positif di wilayah kerjanya di wilayah Kabupaten Bandung Barat, yang meliputi Unit Layanan Pelanggan (ULP) Rajamanandala, Cililin, Padalarang dan Lembang. milik.

Manajer Departemen Pemasaran dan Layanan Pelanggan PLN UP3 Cimahi Taufan Prihayandi mengungkapkan PLN UP3 Cimahi sangat mengandalkan pengembangan wilayah di Kabupaten Bandung Barat, khususnya di wilayah Cililin dan Padalarang, untuk pertumbuhan pelanggan.

“Pada semester I 2022 saja, kedua wilayah tersebut menambah sekitar 5.800 pelanggan,” ujarnya.

BACA JUGA: Semangat luar biasa, The Script mengumumkan konser tambahan di Bandung pada 2 Oktober 2022, tiket resmi hanya di Tiket.com

Secara umum, seiring dengan peningkatan konektivitas dan infrastruktur di wilayah tersebut, juga memberikan kontribusi terhadap efek domino pembangunan wilayah, yang secara langsung berdampak pada pertumbuhan pelanggan dan daya listrik di wilayah tersebut.

Di Padalarang, misalnya, keberadaan kota mandiri seperti Kota Baru Parahyangan dan akses mudah melalui jalan tol serta infrastruktur transportasi yang lebih baik telah membuka kawasan industri dan pemukiman baru di daerah tersebut.

“Belum lagi pembangunan kereta ekspres yang sedang dibangun juga akan berdampak pada peningkatan ini. Secara teknis, kami terus mempersiapkan investasi pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk mengikuti perkembangan di wilayah Bandung Barat,” tambah Taufan.

Dibandingkan dengan wilayah layanan lainnya di PLN UP3 Cimahi, pelanggan baru pada tahun 2022 dari sisi volume sebenarnya akan didominasi oleh penambahan pelanggan di wilayah Padalarang dan Cililin.

Khususnya di daerah Cililin sedang berkembangnya kawasan pemukiman dengan banyak pengembang Pembukaan kompleks perumahan baru baik di dalam maupun di sekitar kawasan Cililin turut berkontribusi terhadap peningkatan pelanggan dan konsumsi listrik di kawasan tersebut.

“Untuk kawasan Lembang yang didukung oleh sektor pariwisata, kita harapkan bisa terus meningkat hingga akhir tahun 2022. Pasalnya, sektor pariwisata di kawasan tersebut sebelumnya sempat terhambat akibat pandemi Covid-19. Sementara untuk kawasan Rachamandala, kami tetap berharap industri pengolahan dan de-diesel dapat lebih meningkatkan penjualan listrik di kawasan ini,” kata Taufan.

Source: bandung.pojoksatu.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button